Sukses


Manfaat Mendengarkan Musik saat Olahraga, Bantu Tingkatkan Suasana Hati

Bola.com, Jakarta - Mendengarkan musik merupakan suatu kegiatan yang banyak disukai orang. Mendengarkan musik bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain, seperti saat olahraga.

Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik melalui earphone saat sedang olahraga merupakan hal yang lumrah dilakukan. Alasannya cukup sederhana, yakni musik dapat membuat mereka lebih bersemangat berolahraga.

Selain itu, musik juga sering dianggap bisa mengalihkan perhatian dari rasa capek. Jadi, saat mendengarkan musik seseorang bisa berolahraga lebih lama.

Musik tidak hanya sebagai sumber semangat dalam berolahraga, tetapi banyak manfaat yang didapatkan saat mendengarkannya. Namun, untuk mendapatkan beragam manfaat harus mendengarkan genre musik yang disukai.

Bagi Anda yang sering berolahraga sambil mendengarkan musik tentu perlu mengetahui manfaatnya. Apa saja manfaat mendengarkan musik sambil olahraga?

Berikut ini beberapa manfaat mendengarkan musik saat olahraga yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (15/9/2022).

2 dari 5 halaman

Musik Adalah Pengalih Perhatian yang Baik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat berolahraga dapat membuat pengalihan.

Anda yang sedang berolahraga pun akan kurang menyadari akan pengerahan tenaga dan rasa sakit yang dialami saat bergerak.

Distraksi semacam ini dapat menguntungkan daya gerak Anda hingga 15 persen, seperti dilaporkan The Guardian.

3 dari 5 halaman

Musik Meningkatkan Usaha Anda

Sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa orang yang berolahraga dengan sepeda statis bekerja lebih keras ketika mendengarkan musik yang cepat dibandingkan dengan musik bertempo lambat.

Namun, musik yang terlalu cepat juga tidak baik. Pilih lagu yang setidaknya memiliki 120-140 ketukan per menit (bpm) untuk olahraga sedang.

4 dari 5 halaman

Musik Meningkatkan Suasana Hati

Sebuah penelitian yang dilakukan pada Agustus 2013 menemukan bahwa orang sering mendengarkan musik sebagai cara untuk mengubah suasana hati dan kesadaran diri.

Peserta studi mengatakan, mendengarkan musik memungkinkan mereka untuk memikirkan diri sendiri, siapa yang mereka inginkan, dan memberikan mereka "pelarian" dari masa kini.

Tidak peduli apa yang terjadi satu jam yang lalu, dengan lagu, Anda dapat melepaskan diri dari hal-hal negatif. Hal ini akan memberikan Anda kekuatan lebih saat sedang berolahraga.

5 dari 5 halaman

Musikmembuat Anda Ingin Terus Bergerak

Para peneliti menemukan bahwa ketika musik memiliki tempo cepat, otak menjadi bersemangat. Akibatnya, Anda akan terdorong untuk terus bergerak ketika sedang berolahraga.

Hal tersebut tentu bagus untuk membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Selain itu, memilih lagu bertempo cepat dan riang bisa membuat Anda makin bersemangat dalam olahraga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/6/2019)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer