Sukses


4 Contoh Teks Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H Bertema Olahraga

Bola.com, Jakarta - Teks berita berisi mengenai segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat luas saat itu.

Ada juga yang mendefinisikan teks berita adalah teks yang berisi informasi kepada masyarakat mengenai suatu peristiwa atau kejadian aktual dan faktual.

Dikatakan faktual karena teks berita ditulis berdasarkan kenyataan. Sementara itu, aktual merupakan informasi yang baru saja terjadi.

Penyampaian informasi teks berita dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti siaran radio, artikel di website, media cetak dalam bentuk koran, atau dibacakan pada berita televisi.

Sebagai informasi, teks berita biasanya ditulis oleh seorang jurnalis atau wartawan. Dalam menyusun teks berita harus mengandung unsur 5W+1H. Unsur 5W+1H merupakan singkatan dari kata tanya dalam bahasa Inggris yaitu What, Who, When, Why, Where, dan How.

Dalam bahasa Indonesia unsur tersebut sering disebut dengan istilah "ADIKSIMBA", yakni singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Hal ini penting agar sebuah informasi yang disampaikan dapat dimengerti dan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas.

Berikut ini beberapa contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W+1H bertema olahraga, dikutip dari laman Titikdua dan Sahabatnesia, Jumat (16/9/2022).

2 dari 5 halaman

Indonesia Vs Vietnam di ASEAN Games

Skuat Garuda Muda atau Timnas U-23 akan berhadapan dengan Vietnam di ajang sepak bola putra SEA Games 2019. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan pada Hari Minggu, 1 Desember 2019, di Rizal Memorial Stadium pada pukul 19.00 WIB. Ada dua stasiun TV yang akan menyiarkan pertandingan tersebut secara langsung, yaitu RCTI dan TVRI.

Selama ini pertandingan Indonesia melawan Vietnam selalu berlangsung secara sengit. Namun, Garuda Muda masih unggul tipis dalam 11 pertandingan head to head. Untuk dua pertandingan selesai dengan imbang sedangkan Vietnam memenangkan pertandingan sebanyak empat kali dan Indonesia sebanyak lima kali.

Indonesia bertemu dengan Vietnam untuk kali pertama di SEA Games 1991 dengan skor 1-0 dimenangkan oleh Tim Merah Putih. Sedangkan pada SEA Games yang dilaksanakan dua tahun lalu berakhir dengan skor 0-0.

Indonesia dan Vietnam saat ini berada di Group B dengan urutan pertama dan kedua klasemen dengan perolehan nilai enam poin. Namun, Vietnam unggul selisih gol dibandingkan dengan Indonesia karena telah mencetak sebanyak 12 gol. Meski begitu, tim Indonesia asuhan Indra Sjafri ini juga memiliki keunggulan, yaitu tidak pernah kebobolan dan memegang kemenangan atas Singapura dan Thailand.

3 dari 5 halaman

Geluti Balap Sepeda, M.Fadli Tetap Instruktur Balap Motor

Jakarta-Muhammad Fadli adalah atlet yang akan mewakili Indonesia di ajang Asian Paracycling Championship. Meski akan mewakili Indonesia di cabang olahraga balap sepeda, M.Fadli tetap mengakui bahwa dirinya tetap seorang instruktur balap motor. Ini adalah kejuaraan level Asia pertama Fadli semenjak dirinya banting setir dari dunia balap motor.

Fadli akan berpartisipasi dalam kejuaraan Asia Para-Cyling yang diselenggarakan di Bahrain pada 24 Februari hingga 3 maret mendatang. Ia akan mewakili Indonesia pada nomor individual time trial kategori C4. Partisipasi Fadli di ajang ini banyak mendapat dukungan positif dari berbagai pihak, di antaranya Senior Manager Safety Riding Motosport PT Astra Honda Motor, Anggono Iriawan.

Anggono menaruh harapan agar Muhammad Fadli dapat mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaraan Para-Cyling Asia yang berlangsung di Bahrain tersebut. Anggono juga menyampaikan bahwa sebelum terjun ke balap sepeda, Fadli adalah seorang pembalap motor di kelas 600 cc. Seperti diketahui, sebuah kecelakaan membuatn Fadli mundur dari dunia balap motor.

4 dari 5 halaman

Manchester City Catatkan Rekor Kemenangan Terbanyak di Liga Inggris

Manchester City makin menunjukkan keperkasaannya dalam persaingan perebutan gelar juara Liga Inggris usai berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Newcastle dengan empat gol tanpa balas pada akhir pekan lalu (19/12/21).

Dalam laga yang digelar di St James Park tersebut, City berpesta gol ke gawang Newcastle melalui aksi Ruben Dias pada menit ke-5, Joao Cancelo pada menit ke-27, Riyad Mahrez (63'), dan Raheem Sterling yang berhasil menutup pesta gol timnya di menit ke-82.

Kemenangan tersebut makin mengukuhkan The Citizens, julukan Manchester City, di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 44 poin, unggul tiga angka dari Liverpool yang tertahan 2-2 di markas Tottenham Hotspur pada hari yang sama.

Hasil tersebut juga turut memecahkan rekor baru kemenangan terbanyak dalam sejarah Liga Inggris. The Citizens telah mencatatkan 34 kemenangan dari 42 pertandingannya di Liga Inggris pada 2021, City mampu unggul dari Liverpool yang pernah menorehkannya dengan 33 kemenangan pada 1982.

Selain itu, Manchester City juga sukses mencatatkan 106 gol di liga pada 2021. The Citizens menjadi tim yang paling produktif dalam setahun kalender, sekaligus merupakan rekor baru Liga Inggris sejak 1992.

5 dari 5 halaman

Hamilton Siap Jaga Rekor di F1 Prancis

Hamilton bertekad untuk terus menang secara konsisten serta menjaga rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir. Pekan ini Hamilton akan berusaha untuk menjuarai kembali Grand Prix di Perancis, demi rekornya tersebut.

Kendati demikian, jalan tersebut tidak akan mudah, sebab pembalap lain seperti Ferrari akan mati-matian untuk merebut posisi puncak.

Hal ini seperti yang terjadi di balapan terakhir di mana Hamilton menjuarainya, tetapi hal ini lebih karena keberuntungan, sebab pembalap Ferrari terkena penalti.

Hamilton dan Mercedes memiliki ambisi untuk meraih kemenangan 11 kali berturut-turut seperti halnya yang dilakukan McLaren pada 1998.

 

Sumber: Titikdua, Sahabatnesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer