Sukses


32 Kata-Kata Bijak Nasihat Islami, Pembawa Berkah dan Rahmat

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak nasihat Islami seputar kebaikan di dunia bisa kamu jadikan sebagai dorongan serta masukan untuk mendapat berkah serta rahmat dari Allah Swt.

Untuk memiliki kehidupan bahagia di dunia dan akhirat, kita perlu mengikuti perintah Allah, satu di antaranya berbuat serta menyebarkan kebaikan.

Kehidupan di dunia memang penuh dinamika. Adakalanya kamu di atas, terkadang kamu berada di bawah. Ada saatnya merasa senang dan adakalanya kita menghadapi suatu cobaan.

Sebagai umat Muslim yang dirahmati Allah, kamu harus mampu menghadapi segala permasalahan yang datang dengan bijak.

Serahkan segalanya kepada Allah Swt., berdoalah setiap saat hanya kepada-Nya dan jangan pernah berharap kepada zat yang lainnya.

Kata-kata bijak nasihat Islami juga bisa menjadi bentuk kebaikan yang kamu lakukan, jika dengan ikhlas membagikannya kepada sesama.

Berikut 32 kata-kata bijak nasihat Islami, pembawa berkah dan rahmat, seperti dikutip dari Medium dan Mvslim, Jumat (23/9/2022).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Nasihat Islami

1. "Salat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." - Ibnu Athaillah

2. "Khusyu' adalah menghadapkan hati di hadapan Rabb azza wa jalla dengan sikap tunduk dan rendah diri." - Ibnu Qayyim

3. "Bagaimana kamu bisa merasa tidak berharga ketika kamu merahmatimu dengan Islam."

4. "Urusan kalian yang terpenting menurutku adalah salat. Barang siapa menjaganya, berarti dia telah menjaga agamanya. Barang siapa mengabaikannya, maka dia lebih acuh lagi terhadap urusan lain." - Umar bin Khattab

5. "Ujian terbesar dari iman adalah ketika kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi kamu masih bisa mengatakan, 'Alhamdulillah'."

6. "Sebaik-baik waktumu adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu." - Ibnu Athaillah

7. "Malu untuk berbuat dosa di depan umum. Jangan malu untuk menunjukkan imanmu."

8. "Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." - Ibnu Abbas

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Nasihat Islami

9. "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang, tetapi orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

10. "Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

11. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." - Hasan al Bashri.

12. "Bahkan jika dosamu tidak terhitung, rahmat Allah tidak terbatas. Sungguh, Allah mengampuni segala dosa."

13. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib.

14. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat maka yang lain akan menjadi ringan." - 'Amr ibn Abdullah.

15. "Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menjauhkan diriku dari apa yang menjauhkanku darimu."

16. "Berdoa untuk hidup dan mati hanya dengan nama Allah Swt."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Nasihat Islami

17. "Kita bisa menyelamatkan diri kita dari api neraka hanya jika kita meminta pengampunan setiap hari dari-Nya sehingga dosa dan kesalahan kita dapat diampuni."

18. "Kegembiraan dan kemewahan dunia ini hanya sementara. Sukacita abadi hanya ada di kehidupan akhirat."

19. "Di antara keindahan Islam adalah kamu mendoakan saudara-saudari sesama muslim tanpa mengenal mereka dan sebagai gantinya, malaikat turut memanjatkan doa untukmu." - Dr. Bilal Philips

20. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

21. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."

22. "Allah tidak membebani jiwa lebih dari yang dapat ditanggungnya."

23. "Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

24. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Nasihat Islami

25. "Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."

26. "Waspadalah bila ditemukan di tempat yang dilarang Allah, dan waspadalah terhadap ketakhadiran dari tempat yang Allah perintahkan kepadamu."

27. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

28. "Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."

29. "Sedekah tidak sama dengan matematika bisa ditambah, dikurang, dibagi dan dikali karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali lipat kembali kepada kita."

30. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai berkat yang sudah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup."

31. "Ketika kamu berdoa kepada Allah, lakukanlah dengan sepenuh hati, dengan keyakinan bahwa apa yang kamu minta kepada-Nya akan dikabulkan. Berdoalah dengan penuh tawakal kepada Allah maka kamu akan menemukan dirimu berada di sisi lain."

32. "Saat berpikir tidak mampu memecahkan masalah, ingatlah bahwa doa yang tulus ikhlas mampu mengatasinya."

 

Sumber: Medium, Mvslim

Yuk, baca juga artikel kata-kata nasihat bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer