Sukses


Penyebab Perut Tetap Buncit meski Sudah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sering dilakukan banyak orang agar memiliki tubuh sehat dan bugar. Olahraga juga bisa membuat postur tubuh jadi ideal.

Bagi sebagian orang, memiliki badan gemuk dan perut buncit akan sangat mengganggu. Perut buncit sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Sebaliknya, memiliki bentuk tubuh seksi dan ideal dengan perut six pack atau kotak-kotak adalah sebuah impian. Tidak hanya bagi kaum pria, tetapi juga para wanita.

Selain enak dilihat, memiliki bentuk perut seksi menjadi tanda bahwa dalam tubuh tidak ada lemak membahayakan yang bisa menjadi sumber penyakit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut, seperti dengan olahraga. Hanya, ada orang yang tetap memiliki perut buncit, meski sudah olahraga.

Ada beberapa penyebab mengapa perut tetap buncit, meski sudah olahraga dengan rutin dan maksimal. Apa saja penyebabnya?

Berikut ini beberapa penyebab perut tetap buncit, meski sudah olahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (26/9/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Perut Tetap Buncit meski Sudah Olahraga

1. Usia

Makin bertambahnya usia Anda, metabolisme tubuh akan menurun. Karena itu, kemampuan tubuh dalam membakar kalori pun ikut menurun. Alhasil, berat badan jadi sulit turun.

Pada wanita yang sudah menopause, produksi hormon progesteron dan estrogen akan menurun. Hal yang sama terjadi pada produksi hormon testosteron pria. Hal inilah yang juga membuat perut mudah buncit.

2. Olahraga yang Salah

Sudah olahraga perut tetap buncit? Penyebabnya mungkin adalah intensitas olahraga Anda.

Menurut sebuah studi, pada orang yang intensitas olahraganya tinggi, lemak perutnya pun akan berkurang. Jadi, tingkatkan intensitas olahraga Anda.

3 dari 4 halaman

Penyebab Perut Tetap Buncit meski Sudah Olahraga

3. Stres

Beban pekerjaan, masalah finansial, atau masalah dalam hubungan merupakan sumber stres. Stres inilah yang dapat mengakibatkan perut tetap buncit, walau sudah olahraga.

Mengapa demikian? Ketika seseorang stres, tubuhnya akan menghasilkan hormon kortisol. Hal ini bisa memicu penumpukan lemak berlebih terutama di area perut.

4. Kurang Tidur

Seseorang yang kurang tidur berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan, ketimbang seseorang yang tidurnya cukup. Hal ini dibuktikan lewat penelitian terhadap ribuan wanita.

Jadi, usahakan untuk cukup tidur (7-8 jam setiap malamnya) jika tidak ingin berat badan naik dan perut membuncit.

5. Penyakit Tertentu

Perut tetap buncit walau sudah olahraga bisa dipicu oleh penyakit tertentu. Satu di antara penyakit yang dapat menjadi penyebab perut buncit adalah polycystic ovary syndrome (PCOS).

PCOS merupakan gangguan hormon dengan gejala berupa adanya sejumlah kista pada indung telur. PCOS dapat meningkatkan berat badan sekaligus kadar hormon androgen.

4 dari 4 halaman

Penyebab Perut Tetap Buncit meski Sudah Olahraga

6. Pola Makan Tidak Teratur

Walau olahraga sudah rutin, bila tidak diimbangi dengan pola makan yang baik maka kalori di tubuh pun akan sulit dibakar. Apalagi dengan kebiasaan ngemil tinggi karbohidrat dan gula.

Itulah mengapa beberapa orang sudah olahraga perut tetap buncit. Jadi, perhatikan pola makan Anda sehari-hari.

7. Sering Konsumsi Alkohol

Sudah olahraga perut tetap buncit bisa jadi karena sering mengonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol berisiko menaikkan berat badan karena kandungan kalori dalam minuman beralkohol biasanya cukup tinggi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/1/2021) 

Video Populer

Foto Populer