Sukses


Contoh-Contoh Hak yang Dimiliki oleh Setiap Warga Negara

Bola.com, Jakarta - Hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan atau diterima secara penuh tanggung jawab. Setiap manusia memiliki hak dasar yang melekat pada dirinya sejak lahir.

Hak warga negara juga bisa diartikan sebagai semua hal yang diperoleh atau didapatkan seorang warga negara baik dalam bentuk kewenangan maupun kekuasaan.

Jadi, hak pada dasarnya adalah segala hal yang seharusnya bisa diterima atau nikmati oleh setiap orang. Hal itu berarti kita berhak menerima segala sesuatu yang sudah menjadi hak kita dan tidak boleh melanggar hak orang lain.

Ada banyak hak yang dimiliki oleh setiap warga negara. Apa saja hak yang dimiliki sebagai warga negara di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, maupun masyarakat?

Berikut ini kumpulan contoh hak yang dimiliki sebagai warga negara, dilansir dari Emodul.kemdikbud.go.id, Senin (26/9/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Hak yang Dimiliki sebagai Warga Negara

Mendapatkan Kasih Sayang

Kasih sayang dari keluarga adalah kebutuhan batin karena tanpa kasih sayang dari mereka, kita akan merasa sendiri dalam hidup.

Kasih sayang sesama anggota keluarga juga termasuk kebutuhan kita. Setiap anak berhak untuk tumbuh, dan berkembang, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan, dan diperlakukan secara adil.

Mendapatkan Sandang, Pangan, dan Papan

Makanan (pangan) menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi karena tanpa makanan manusia tidak punya energi untuk beraktivitas.

Begitu juga pakaian (sandang) yang berfungsi sangat penting dalam kehidupan, antara lain untuk menutup aurat, dan sebagai pelindung tubuh. Tempat tinggal (papan) juga merupakan sarana utama sebagai tempat berlindung dari ancaman luar.

Berteman

Warga belajar memiliki hak untuk berteman dengan siapa saja tanpa melihat perbedaan. Berteman dapat menjadikan kita saling berbagi, meningkatkan kemampuan komunikasi, menumbuhkan empati, mengendalikan emosi dan menumbuhkan jiwa sosial.

Berteman juga mengajarkan kita beradaptasi dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menanamkan rasa hormat antar sesama.

3 dari 5 halaman

Contoh Hak yang Dimiliki sebagai Warga Negara

Mendapatkan Kesempatan untuk Berkreasi

Setiap warga belajar mendapatkan hak yang sama untuk memperoleh pengetahuan serta mengembangkan diri menjadi lebih baik. Kita diberikan kesempatan untuk berkreasi membuat beragam karya.

Memperoleh Pendidikan

Pendidikan diperoleh setiap orang sejak lahir. Keluarga merupakan tempat seseorang memperoleh pendidikan pertama kali.

Selain mendapatkan kasih sayang dari orang tua, anak memiliki hak mendapatkan pendidikan. Pendidikan budi pekerti yang diajarkan oleh orang tua di rumah dan di lingkungan sekitar disebut pendidikan informal.

Pendidikan dari orang tua kepada anak di rumah penting karena awal pembentukan karakter dan kepribadian anak. Selanjutnya pendidikan juga berlangsung di satuan pendidikan baik formal (sekolah) maupun non formal.

Hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 pasal 31 ayat (1) yang menyatakan, "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan".

Untuk memenuhi hak warga negara tersebut, pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional.

4 dari 5 halaman

Contoh Hak yang Dimiliki sebagai Warga Negara

Memperoleh Penghidupan yang Layak

Warga negara Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Hal tersebut tercantum dalam UUD RI Tahun 1945 Pasal 27 ayat (2) yang berbunyi, "Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan".

Pemerintah berusaha menyediakan berbagai lapangan pekerjaan bagi warga negara, sedangkan warga negara wajib untuk berusaha dengan bekerja sebagai bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri. 

Mendapatkan Pelayanan Masyarakat

Warga negara atau warga masyarakat juga memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan dalam bidang administrasi dari pemerintah, seperti mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, akta kelahiran, sertifikat pemilikan tanah, rumah, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. 

5 dari 5 halaman

Contoh Hak yang Dimiliki sebagai Warga Negara

Mendapatkan Perlindungan Hukum

Perlindungan hukum adalah tindakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi atau mengayomi warga masyarakat dari perbuatan orang lain yang tidak sesuai dengan aturan hukum. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum dari pemerintah.

Perlindungan hukum memberikan rasa aman, tenteram, dan bebas dari ancaman pihak manapun baik secara fisik maupun pikiran.

Ketentuan ini diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 pasal 27 ayat (1) yang menyatakan, "Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya".

Mendapatkan Pasokan Listrik dari Pemerintah

Listrik merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dan penting dalam kehidupan. Jika listrik tidak pernah ditemukan maka kondisi kehidupan kita tidak seperti sekarang.

Perkembangan teknologi akan menjadi terhambat sehingga manusia sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada tiga sumber tenaga pembangkit listrik yang sangat membantu manusia di Indonesia sampai sekarang ini, yaitu tenaga air, diesel, dan gas.

Pasal 33 ayat 3 UUD Negara RI Tahun 1945 menyatakan bahwa "Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesarbesar kemakmuran rakyat".

Warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pasokan listrik dari pemerintah. Di dalam hak tersebut melekat kewajiban untuk menghemat penggunaan listrik.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer