Sukses


Bacaan Doa Memohon Selamat Dunia Akhirat, Bisa Dilafalkan setelah Salat Fardu

Bola.com, Jakarta Setiap umat muslim tentu ingin mendapatkan keselamatan di dunia maupun akhirat. Selain dengan cara menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah, Anda juga bisa memanjatkan doa.

Melafalkan bacaan doa selamat dunia akhirat bisa jadi amalan yang bisa dikerjakan setiap hari demi meminta perlindungan dari Allah swt.

Seperti yang kita ketahui, kehidupan dan kesenangan di dunia hanya sementara saja. Kehidupan yang sesungguhnya akan dialami setelah kematian terjadi.

Namun, tidak ada salahnya mencari dan berharap kenikmatan duniawi, dengan catatan selalu ingat kehidupan di akhirat yang kekal.

Sering disebutkan bahwa siksa di akhirat jauh lebih pedih dibanding dengan di dunia. Apa lagi jika tidak membawa perbekalan berupa amal baik.

Dengan demikian, lakukan perbuatan baik sepanjang waktu, serta panjatkan doa kepada Allah Swt. agar kita selalu diberi keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Berikut bacaan doa memohon selamat dunia akhirat yang bisa dilafalkan setelah salat fardu, disadur dari Dream, Rabu (28/9/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Memohon Selamat Dunia Akhirat

Banyak bacaan doa selamat dunia akhirat yang bisa dibaca setelah salat fardu. Sebab, tidak ada doa selamat yang baku. Berikut ini satu di antara bacaan doa selamat dunia akhirat setelah salat fardu:

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka."

Selain doa di atas, masih ada lagi doa selamat dunia akhirat setelah salat fardu yang biasa dibaca. Doa ini sudah diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Berikut bacaan doanya yang perlu diketahui:

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa 'afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir-rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti, allahummaa hawwin 'alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar.

Artinya:

"Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta tobat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Memohon Selamat Dunia Akhirat

Doa selamat dunia akhirat setelah salat fardu sebaiknya dipanjatkan setiap hari. Hal ini dilakukan agar Allah selalu memberikan keselamatan kepada kita dan keluarga tercinta.

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya:

"Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Jika tak mendapat balasan di dunia, kaum muslim percaya Allah akan membalas setiap perbuatannya di akhirat.

Allah akan membalas setiap amal yang kita kerjakan, kebaikan akan dibalas dengan kebaikan lebih besar. Demikian halnya dengan keburukan. Malah bisa dibalas dengan keburukan yang lebih berat.

Agar kita selamat saat hari perhitungan nanti, dianjurkan untuk membaca doa selamat dunia akhirat berikut ini:

Rabbanaghfirli wa li walidayya wal mukminina yauma yaqumul khisab.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 16/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer