Sukses


Cara Ampuh Berhenti Menjadi Pribadi Egois

Bola.com, Jakarta - Tidak akan ada yang tahan bergaul dan berteman dengan orang yang egois. Orang egois biasanya keras kepala, menganggap dirinya paling benar dan tidak pernah peduli pada perasaan orang lain.

Egoistis tidak hanya merusak diri sendiri, tetapi juga bisa merusak lingkungan di mana ia berada.

Pasalnya, orang egois berpotensi memecah persatuan dan kekeluargaan, serta membuat suasana yang awalnya tenang dan damai menjadi kacau atau canggung.

Egois adalah sifat selalu memprioritaskan keinginan dan kebutuhan sendiri di atas kebutuhan dan keinginan orang lain.

Orang yang egois sulit berempati karena itulah mereka biasanya dijauhi dalam pergaulan. Itulah mengapa, sifat egoistis tidak seharusnya tidak dipelihara.

Agar orang lain bersedia membantu Anda, Anda juga harus tulus membantu mereka, menghargai serta menghormati mereka.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar menjadi pribadi yang tidak egois, satu di antaranya menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain.

Berikut cara ampuh untuk berhenti menjadi pribadi yang egois, seperti dikutip dari Inspiringtips dan Medium, Rabu (28/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Berhenti Menjadi Pribadi yang Egois

1. Tumbuhkan Rasa Empati

Penyebab egoistis bisa disebabkan karena kurangnya rasa empati yang dimiliki seseorang. Jika seperti itu, Anda harus mulai menumbuhkan rasa empati dalam diri Anda.

Mulai bersedia memedulikan keinginan orang lain dan dengarkan pendapat mereka. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk menumbuhkan empati dalam diri Anda. Empati akan membuat Anda dapat bersikap lebih tenang dan dewasa. 

2. Merenungkan Tindakan

Makin banyak Anda merenung, makin Anda akan mengidentifikasi hal-hal egoistis yang mungkin pernah Anda lakukan, baik disengaja atau tidak.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memantau tindakan Anda dengan hati-hati di masa depan, dan membantu Anda mengurangi melakukan tindakan egoistis yang sama lagi.

3. Bantu Seseorang

Cara yang bagus untuk menghilangkan egoistis adalah dengan melakukan tindakan tanpa pamrih, seperti membantu teman atau orang asing.

Jika teman Anda mengalami masalah dengan pekerjaan atau studinya, coba untuk membantu tanpa menuntut atau mengharapkan balasan apa pun. 

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Berhenti Menjadi Pribadi yang Egois

4. Belajar Mendengarkan

Orang egois ingin didengarkan, tetapi jarang mendengarkan orang lain. Mereka ingin percakapan hanya berputar di sekitar mereka atau minat mereka.

Dalam kebanyakan interaksi, ingat bahwa Anda seharusnya memberi sebanyak yang Anda terima, jadi belajarlah untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan. Beri mereka kesempatan yang sama seperti yang mereka berikan saat Anda berbicara. 

5. Mulai Berbagi dengan Orang Lain

Anda harus belajar untuk berbagi dengan orang lain sebagai cara menghilangkan sifat egois. Coba sisihkan waktu dan sediakan tempat untuk orang lain dalam hidup Anda.

Cara ini dapat mempererat hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda, khususnya orang terkasih yang mungkin selama ini merasa diabaikan.

6. Berbagi Peran dan Tempat

Jika Anda tidak ingin egoistis lagi, Anda harus rela berbagi sorotan dari waktu ke waktu. Biarkan orang lain berbicara dan memimpin. Beri mereka rasa hormat yang pantas mereka dapatkan saat mereka melakukannya.

Hal ini terbilang sulit dan perlu dibiasakan, tetapi dengan latihan yang cukup, Anda akan belajar untuk memperhatikan dan bahkan menyemangati orang lain.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Berhenti Menjadi Pribadi yang Egois

7. Tahan Emosi

Emosi bukan hal yang baik untuk disimpan di dalam hati. Orang-orang egois, sering kali tidak bisa menahan emosi yang terpendam dalam dirinya saat mereka merasakan tidak nyaman dengan sesuatu.

Emosi itu akan membuat hubungan Anda dan teman-teman Anda mulai merenggang. Untuk itu, sebisa mungkin tahan emosi Anda, meski dalam kondisi buruk sekali pun. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan emosi tidak akan pernah berhasil.

8. Cari Anutan

Lebih mudah untuk berubah menjadi lebih baik jika Anda memiliki anutan. Temukan seseorang yang Anda kenal, seorang filsuf, atau bahkan seorang tokoh yang memiliki sifat tidak egoistis dan Anda kagumi. Kemudian, jadikan dia anutan Anda dan tiru tindakannya yang tidak mementingkan diri sendiri. 

9. Belajar Mengalah

Mengalah menjadi satu di antara cara ampuh untuk menghilangkan egoistis yang Anda miliki. Anda mungkin ingin selalu merasa benar dan kerap kali berdebat dengan orang lain untuk mempertahankan pendapat Anda.

Maka itu, tidak ada salahnya sesekali mencoba mengalah dan mengabaikan orang yang tidak sopan atau kasar. Mulai untuk tidak menghiraukan hal-hal yang dapat menyebabkan drama dan kekesalan, serta lebih memprioritaskan kedamaian.

 

Sumber: Medium, Inspringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya denga mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer