Sukses


Cara Memulihkan Tubuh setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang melelahkan dan menguras banyak tenaga. Meski begitu, olahraga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Perlu diingat, berolahraga terlalu keras dengan intensitas tinggi bisa membuat tubuh merasa lelah.

Selain itu, terlalu banyak melakukan latihan intensitas tinggi tanpa cukup istirahat bisa mengakibatkan peradangan dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan.

Dalam kondisi tersebut, sangat diperlukan pemulihan. Perlu diketahui, pemulihan merupakan bagian penting dalam olahraga.

Istirahat setelah berolahraga dengan intensitas tinggi bisa berdampak positif terhadap kondisi fisik dan psikis seseorang.

Maka itu, alokasikan waktu untuk memulihkan diri setelah berolahraga, agar aktivitas fisik yang Anda lakukan akan semakin maksimal hasilnya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan tubuh setelah olahraga, disadur dari Klikdokter, Jumat (29/9/2022)

 

 

 

2 dari 4 halaman

Cara Memulihkan Tubuh setelah Olahraga

Penuhi kebutuhan cairan

Selama berolahraga, Anda akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Anda harus menggantinya dengan minum cukup air setelahnya.

Air akan mendukung setiap fungsi metabolisme dan transfer nutrisi, sehingga minum cukup air akan meningkatkan setiap fungsi tubuh.

Makan makanan sehat

Setelah energi habis karena berolahraga, Anda perlu mengisi tubuh dengan makanan sehat agar cepat pulih dan siap menghadapi tantangan berikutnya.

Idealnya, Anda harus mengonsumsi makanan sehat 60 menit setelah olahraga. Pastikan pula untuk memasukkan beberapa protein berkualitas tinggi serta karbohidrat kompleks.

3 dari 4 halaman

Cara Memulihkan Tubuh setelah Olahraga

Bersantai sejenak

Ambillah waktu untuk rileks sejenak setelah latihan fisik yang keras. Hal ini akan memungkinkan jaringan tubuh yang rusak karena olahraga untuk kembali ke sedia kala.

Peregangan

Setelah olahraga keras, coba lakukan peregangan ringan. Ini merupakan cara yang simpel dan cepat untuk membantu memulihkan otot-otot.

Tidur

Bagi Anda yang rutin berolahraga, memiliki tidur yang berkualitas sangatlah penting. Saat tidur, tubuh menghasilkan Growth Hormone (GH) yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

4 dari 4 halaman

Cara Memulihkan Tubuh setelah Olahraga

Pijat

Tak hanya terasa nyaman, pijat juga dapat memperbaiki sirkulasi darah sekaligus memungkinkan Anda untuk benar-benar rileks.

Anda dapat mencoba pijat sendiri dengan foam roller exercise untuk mengurangi otot-otot yang sakit.

Cegah overtraining

Salah satu cara sederhana untuk pemulihan lebih cepat adalah dengan merancang program olahraga yang baik dan bijak.

Latihan fisik yang berlebihan atau kurangnya waktu istirahat malah akan mengurangi manfaat olahraga yang sebelumnya Anda lakukan.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 14/11/2018).

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer