Sukses


Manfaat Sehat Jogging Setiap Hari, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Jogging merupakan satu di antara olahraga ringan yang mudah dilakukan. Jogging tidak membutuhkan biaya mahal dan macam-macam.

Jogging termasuk olahraga aerobik karena kombinasi antara jalan santai dan lari dengan kecepatan di bawah 14 km/jam.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan jogging adalah pagi hari. Saat pagi hari, tubuh kita akan mendapatkan kualitas udara serta oksigen yang baik untuk sistem pernapasan.

Apabila Anda belum terbiasa jogging di pagi hari, lakukan saja secara perlahan dengan frekuensi yang tetap.

Jika Anda sudah terbiasa jogging, kebugaran dan kondisi tubuh akan terus meningkat.

Berikut manfaat sehat dari jogging setiap hari, disadur dari Klikdokter, Senin (3/10/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Jogging Setiap Hari

1. Menurunkan Berat Badan

Jogging secara teratur merupakan cara mudah untuk mencegah terjadinya kelebihan berat badan. Jogging selama setengah jam mampu membakar sekitar 300 kalori. 

Tidak cuma membuat lemak terbakar, jogging secara rutin juga akan menjaga berat badan Anda tetap ideal.  

2. Memperkuat Sistem Imunitas

Kebaikan dari jogging setiap hari adalah menguatkan respons tubuh terhadap penyakit. Anda pun akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.  

Selain itu, aktivitas ini merangsang sirkulasi makrofag sehingga dapat menghalau infeksi, baik itu infeksi bakteri maupun infeksi virus. Maka itu, jogging secara konsisten akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan tidak mudah sakit. 

3. Baik untuk Jantung

Olahraga jogging bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk mencegah penyakit jantung karena saat Anda jogging, jantung benar-benar terpompa. Hal ini membantu memperkuat jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa pelari 45 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung daripada non-pelari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Jogging Setiap Hari

4. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Tidak hanya bagus untuk jantung, olahraga jogging memiliki manfaat bagi organ paru-paru.  Dengan melakukan jogging, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot Anda. Alhasil, hal tersebut membantu paru-paru Anda menjadi lebih kuat.

Dibandingkan dengan seseorang yang jarang berolahraga, mereka yang rajin olahraga biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengekstrak oksigen dari paru-paru dan darah.

5. Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh Anda tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol kadar glukosa.

Para peneliti menemukan bahwa jogging secara teratur dapat membantu menurunkan resistensi insulin. Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh mungkin menjadi pemicu dari turunnya resistensi insulin.

6. Bantu Lindungi Anda dari Dampak Buruk Stres

Stres berlebihan atau jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, satu di antaranya dapat mengubah fungsi otak. 

Sebuah studi menemukan, berolahraga secara rutin dapat mencegah Anda mengalami efek merugikan dari stres. 

Studi terbaru dari Brigham Young University memperlihatkan bahwa tikus yang mengalami stres dan secara teratur berlari di atas roda memiliki performa serta memori yang lebih baik.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Jogging Setiap Hari

7. Membantu Mengatasi Depresi

Olahraga telah lama diketahui dapat membantu mengatasi gejala depresi. Sebuah studi tahun 2018 meneliti kadar kortisol pada orang yang mencari pengobatan untuk depresi. 

Setelah 12 minggu berolahraga, mereka mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres. 

Orang yang sedang mengalami depresi dianjurkan untuk melakukan olahraga yang disukai. Jogging dapat menjadi satu di antara pilihan. 

8. Membuat Tulang Belakang Fleksibel Seiring Bertambah Usia

Di antara tulang belakang, terdapat bantalan pelindung yang dinamakan diskus. Bagian ini dapat menjadi susut ketika kita bertambah umur.

Kebiasaan duduk terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada diskus seiring waktu. Sebaliknya, rutin bergerak atau beraktivitas fisik akan membuat diskus tersebut tetap fleksibel.  

Sebuah studi menemukan bahwa seorang pelari memiliki hidrasi diskus yang cenderung lebih baik. 

9. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Dengan melakukan kegiatan ini, tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan dengan memperkuat tulang dan mencegah cedera. 

Ketebalan tulang pun akan bertambah dan mencegah terjadinya masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Jogging Setiap Hari

10. Memperkuat Otot

Manfaat jogging lainnya ialah membantu tubuh menjadi lebih kencang. Sebab, kegiatan ini melibatkan otot-otot besar seperti otot paha belakang, betis, bokong, dan lain-lain.

Perlu diketahui juga bahwa setiap kali tubuh Anda bekerja lebih keras dari biasanya, misalnya saat olahraga, otot-otot tubuh akan mengalami stres fisik. Hal ini akan memengaruhi jaringan di otot dan membuat tubuh Anda lebih kuat.

11. Anti-Penuaan

Olahraga jogging bermanfaat bagi kecantikan kulit. Dengan jogging secara rutin, akan membuat kulit tampak lebih segar dan awet muda. Hal ini dikarenakan kulit mendapat lebih banyak oksigen dan pasokan darah.

Agar manfaat ini lebih terasa, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat Anda jogging di luar. Tabir surya akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. 

12. Memperpanjang Umur

Gaya hidup sedenter dapat meningkatkan risiko kematian dini. Dengan jogging secara teratur, dapat membantu Anda lebih panjang umur.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jogging secara teratur meningkatkan harapan hidup pria sebesar 6,2 tahun, dan wanita sebesar 5,6 tahun.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/4/2022)

Yuk, baca artikel olahraga lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer