Sukses


7 Penyebab Hasil Olahraga Tidak Maksimal yang Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dengan berolahraga, tubuh menjadi sehat dan bugar.

Selain itu, berolahraga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga memengaruhi penampilan seseorang. Olahraga juga turut membantu seseorang lebih fokus dalam bekerja dan meraih tujuan hidupnya.

Namun, ada beberapa hal yang bisa membuat olahraga yang dilakukan tidak memberi hasil yang diharapkan. Anda sudah melakukan olahraga secara rutin, tetapi hasilnya belum maksimal.

Bahkan perkembangannya tidak terlalu banyak dari awal mula melakukan olahraga. Bagi Anda yang merasakan hal tersebut perlu mengetahui perkembangannya.

Ada beberapa penyebab yang membuat hasil olahraga tidak maksimal. Apa saja penyebabnya?

Berikut ini beberapa penyebab hasil olahraga tidak maksimal, disadur dari Klikdokter, Senin (3/10/2022).

2 dari 5 halaman

Penyebab Hasil Olahraga Tidak Maksimal

1. Perhatikan Durasi dan Frekuensi Berolahraga

Apakah Anda sudah memulai berolahraga? Satu kali seminggu atau mungkin dua minggu sekali? Sebaiknya Anda memperhatikan durasi dan frekuensi saat berolahraga.

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal, lakukan latihan fisik 3-5 kali dalam seminggu dengan total waktu 150 menit.

Kurang dari itu tentunya hasil tidak akan semaksimal yang diharapkan. Hal ini berarti berlebihan atau kekurangan durasi akan membuat hasil olahraga tidak maksimal.

2. Tidak Konsisten Berolahraga

Olahraga rutin jika dibandingkan dengan olahraga sesekali saat sempat tentu akan berbeda hasilnya. Olahraga seberat dan sekeras apa pun tidak dapat memberikan manfaat olahraga yang optimal jika Anda tidak melakukannya dengan konsisten.

Kuncinya, selipkan olahraga dalam rutinitas harian Anda, bisa setiap pagi hari sebelum memulai aktivitas atau sore hari saat selesai beraktivitas.

Walau masih kurang dari target, tetap lakukan secara rutin agar tubuh terbiasa untuk bergerak. Hal itu penting dilakukan karena rutinitas yang tidak konsisten bisa menjadi penyebab olahraga tidak berhasil.

3 dari 5 halaman

Penyebab Hasil Olahraga Tidak Maksimal

3. Tidak Memperhatikan Makanan

Hindari mengonsumsi makanan dengan porsi besar dan banyak sebelum Anda berolahraga. Mengonsumsi makanan terlalu banyak sebelum berolahraga akan menyedot energi ke perut, bukan ke otot-otot yang akan dilatih ketika berolahraga.

Anda dapat mengonsumsi makanan ringan yang dapat mengenyangkan lebih lama seperti apel, pisang, atau havermut, 15-30 menit sebelum berolahraga.

4. Pakaian yang Kurang Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman, cukup longgar, dan tidak terlalu ketat. Misalnya pada wanita, gunakan bra khusus olahraga agar nyaman.

Pakaian olahraga yang terlalu ketat dapat membatasi pergerakan dan menghambat aliran darah dan oksigen ke otot-otot yang membutuhkan.

Selain itu, memilih pakaian olahraga yang Anda suka dan nyaman akan menambah semangat ketika berolahraga.

4 dari 5 halaman

Penyebab Hasil Olahraga Tidak Maksimal

5. Tidak Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Selalu ingat untuk melakukan pemanasan sebelum Anda memulai olahraga. Anda akan mendapatkan manfaat olahraga yang lebih optimal dan terhindar dari cedera dengan melakukan pemanasan.

Usai olahraga, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Berdasarkan American Council of Exercise, pendinginan usai berolahraga penting untuk mencegah cedera.

Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah satu atau dua hari berolahraga.

Jangan sampai karena melupakan pemasanasan dan pendinginan, hasil olahraga tidak maksimal.

6. Memaksakan Diri

Memaksakan tubuh untuk berolahraga juga tidak baik, Anda bisa mengalami cedera, kelelahan ekstrem, hingga pingsan.

Lansia dan orang dengan penyakit jantung juga perlu memperhatikan kemampuan tubuh mereka dalam beraktivitas.

Jika sudah merasa lelah dan nyeri pada otot, jangan paksakan diri untuk tetap berolahraga. Beristirahatlah sejenak atau hentikan olahraga. Tingkatkan kapasitas olahraga Anda secara bertahap, jangan mendadak.

Bila Anda memaksakan diri, bukan tidak mungkin hal itu justru menjadi penyebab olahraga tidak maksimal memberi manfaat.

5 dari 5 halaman

Penyebab Hasil Olahraga Tidak Maksimal

7. Kekurangan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan saat berolahraga sangat penting. Cairan dapat membantu Anda menjaga keseimbangan suhu tubuh, sebagai pelumas sendi, membantu pembuangan racun dari dalam tubuh melalui berkemih serta berkeringat.

Asupan cairan yang cukup juga mencegah dehidrasi, membantu pergerakan saluran usus, menjaga kesehatan saraf tulang belakang, dan jaringan lunak tubuh lainnya.

Jangan lupa untuk mengganti cairan yang hilang dari keringat selama Anda berolahraga dengan minum cukup air.

Anda mungkin butuh minum lebih banyak, khususnya jika sedang berolahraga di luar ruangan yang memiliki cuaca panas.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (26/4/2022).

Baca artikel seputar penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer