Sukses


Arti Antioksidan, Ketahui Pula Jenis dan Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Antioksidan adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Senyawa ini membantu melindungi sel dari kerusakan. Antioksidan bisa ditemukan dalam makanan dan minuman.

Sayur dan buah merupakan sumber antioksidan tinggi. Selain dalam bentuk makanan, antioksidan bisa dinikmati dalam bentuk minuman. Ada banyak minuman antioksidan yang bisa dicoba.

Minuman kaya antioksidan ini bisa dibuat dan didapatkan dengan mudah. Minuman kaya antioksidan berasal dari jus buah, sayur, dan minuman alami lainnya.

Rutin minum minuman kaya antioksidan bisa membantu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh.

Agar lebih paham tentang antioksidan, berikut rangkuman fungsi dan jenisnya, disadur dari Merdeka, Rabu (5/10/2022).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Antioksidan

Antioksidan dibagi menjadi dua jenis, yakni antioksidan alami dan antioksidan sintesis. Lebih jelasnya seperti berikut:

Antioksidan Alami

Antioksidan alami merupakan jenis antioksidan yang diperoleh secara alami atau sudah ada di dalam bahan pangan. Biasanya, antioksidan ini terbentuk dari reaksi-reaksi selama proses pengolahan maupun dari bahan tambahan makanan.

Beberapa contoh antioksidan alami di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan asam ellagic.

Antioksidan Sintesis

Antioksidan sintesis adalah antioksidan yang diperoleh dari hasil sintesis reaksi kimia dan diproduksi dengan tujuan komersial.

Adapun beberapa contoh dari antioksidan sintesis ini seperti Propil Galat, Butil Hidroksi Anisol (BHA), dan Tokoferol.

3 dari 3 halaman

Fungsi Antioksidan

Radikal bebas dapat merusak susunan DNA sel dan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, radikal bebas bisa menyebabkan peradangan serta membuat lemah daya tahan tubuh. Maka itu, tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal efek dari radikal bebas tersebut.

Antioksidan berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Beberapa fungsi antioksidan bagi tubuh manusia di antaranya sebagai berikut:

Mencegah Penyakit Jantung

Satu di antara fungsi antioksidan yang paling terkenal adalah bisa mencegah penyakit jantung. Beberapa makanan yang memiliki efek antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran berfungsi efektif untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, sarapan kaya antioksidan seperti teh hijau dan kopi dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, berisiko terserang berbagai macam penyakit. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti sayur dan buah-buahan.

Rutin mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat virus dan bakteri.

Menjaga Kesehatan Mata

Fungsi antioksidan berikutnya yaitu mampu menjaga kesehatan mata, khususnya para lansia. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan berperan penting untuk menurunkan risiko kebutaan dan beragam penyakit mata.

Selain itu, fungsi antioksidan bisa mencegah gangguan saraf seperti autisme dan skizofrenia.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 2/10/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer