Sukses


Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tetap Sehat dan Bugar

Bola.com, Jakarta - Memiliki daya tahan tubuh yang prima bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal ini berarti tubuh Anda akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat, Anda bisa menjalani kebiasaan sederhana yang menyehatkan.

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi, Anda juga bisa menjalani gaya hidup sehat dengan mengatur kebiasaan sehari-hari.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan menerapakan pola hidup sehat. Berbagai langkah sederhana bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar sistem kekebalan tetap terjaga kesehatannya.

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Daya tahan tubuh menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh.

Jadi, tubuh yang tak punya daya tahan bagus akan lebih rentan terkena penyakit. Makin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan makin kecil.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar tentu penting untuk mengetahuinya.

Berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, dilansir dari Web Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta, Rabu (5/10/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Rutin Berolahraga dan Aktifitas Fisik

Ada baiknya Anda dapat berolahraga selama 30 menit setiap hari. Dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Selain berolahraga, ada aktivitas lain yang mudah untuk dilakukan yaitu berjalan kaki. Anda perlu berjalan kaki sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari.

Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa jalan 10.000 langkah sehari akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

2. Cukupi Kebutuhan Waktu Tidur

Kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh dan berisiko mudah terserang penyakit. Penting untuk mencukupi kebutuhan kecukupan waktu tidur.

Anjuran dari Kemenkes RI, orang dewasa sebaiknya mencukupi waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur, bisa memperkuat imunitas tubuh atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Maka itu, untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

4. Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sudah banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut.

Konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Dipercaya beberapa suplemen yang mengandung Echinacea, Morinda citrifolia, Phylantus, vitamin (B6, C dan E) dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Bahaya merokok sering kali dikaitkan dengan kesehatan paru-paru dan berisiko menimbulkan kanker. Selain itu, merokok menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

Parlu diketahui, daya tahan tubuh merupakan "tentara" yang bertempur melawan bakteri, virus, maupun penyebab penyakit lain yang masuk ke tubuh. Jika sistem pertahanan tubuh ini rusak, Anda akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan makin besar.

6. Menghindari stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh. Pengobatan modern sudah mempelajari hubungan kesehatan fisik dengan kondisi kejiwaan seseorang.

Berbagai macam penyakit, termasuk sakit perut, gatal-gatal, dan bahkan penyakit jantung, terkait dengan efek stres emosional.

 

Sumber: Web Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer