Sukses


Contoh-Contoh Perilaku Percaya Diri di Lingkungan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Percaya diri menjadi satu di antara sifat yang perlu dimiliki setiap orang. Seseorang yang percaya diri dapat melakukan segala sesuatunya dengan baik dan tanpa keraguan.

Orang yang memiliki percaya diri akan terlihat dari luar sebagai pribadi yang penuh optimisme, pantang menyerah.

Rasa percaya diri penting untuk dimiliki, terutama bagi orang-orang yang ingin sukses dalam hal apa pun. Percaya diri bisa dibilang merupakan bekal dasar menuju keberhasilan.

Maka itu, bagi yang ingin sukses dalam berbagai hal, perlu memiliki rasa percaya diri tinggi. Ada banyak cara untuk melatih anak agar memiliki sikap percaya diri.

Bagi yang bingung bagaimana menanamkan rasa percaya diri di lingkungan masyarakat, ada beberapa contoh yang bisa dipraktikkan.

Berikut ini beberapa contoh perilaku percaya diri yang bisa diterapkan di lingkungan masyarakat, dilansir dari pkk.uma.ac.id, Kamis (6/10/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Percaya Diri di Lingkungan Masyarakat

1. Bergaul dengan Baik

Bergaul dengan tetangga dekat ataupun yang jauh adalah wujud kecil dari rasa percaya diri karena kita merasa setara, tidak merasa lebih rendah atau tidak merasa lebih tinggi dari orang lain.

2. Tidak Menyerah

Ada saatnya kita dipaksa menyerah dalam lingkungan masyarakat, seperti saat di PHK, dinyinyirin atau digosipin negatif oleh orang lain.

Orang yang percaya diri tidak memikirkan hal tersebut sebagai hinaan, tetapi kritikan agar mereka bisa lebih baik lagi nantinya.

3. Bekerja

Bekerja memerlukan kepercayaan diri karena seseorang harus melakukan sesuatu yang mereka bisa dan mampu.

Tak perduli jika seseorang tersebut punya gaji besar ataupun kecil, kerja keras ataupun ringan. Setiap orang yang bekerja termasuk orang yang percaya diri.

3 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Percaya Diri di Lingkungan Masyarakat

4. Menyampaikan Pendapat

Dalam lingkungan masyarakat, menyampaikan pendapat adalah hal wajib bagi setiap orang. Menyampaikan pendapat merupakan satu di antara hak dasar dari Hak Asasi Manusia (HAM).

Baik ketika kita diperlakukan tidak sesuai hukum oleh tetangga ataupun orang lain, harus dilaporkan dan diselesaikan secara hukum.

5. Bersemangat dalam Setiap Aktivitas

Sikap percaya diri ditandai dengan semangat. Maka dalam aktivitas apa pun, seperti bekerja, berolahraga, mencapai mimpi. Semua harus dilaksanakan dengan keyakinan dan semangat.

Sikap percaya diri, mungkin sulit tumbuh jika kita membiasakan diri pada sikap-sikap malas, mengeluh.

 

4 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Percaya Diri di Lingkungan Masyarakat

6. Yakin dengan Tujuan Hidup

Contoh sikap percaya diri yang bisa diterapkan di lingkungan masyarakat ialah memiliki keyakinan akan tujuan dalam hidup. Dengan tujuan hidup yang jelas serta rasa percaya diri tinggi akan jadi lebih mudah menggapainya.

7. Tidak Ragu Mengambil Risiko

Sikap rasa percaya diri yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari juga membuat seseorang tidak ragu dalam mengambil risiko. Berani mengambil risiko juga penting karena seseorang akan menemukan hasil yang terbaik.

 

Sumber: pkk.uma.ac.id

Silakan klik tautan ini untuk artikel dari berbagai tema lain. 

Mengintip Markas Latihan Mbappe, dkk di Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer