Sukses


Jenis Gangguan Mental yang Paling Umum Terjadi dan Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Gangguan mental atau gangguan jiwa adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku pengidapnya. Gangguan mental juga bisa memengaruhi kesehatan fisik pengidapnya.

Seseorang yang mengidap gangguan mental tidak bisa menjalani harinya secara normal. Pengidap akan kesulitan beraktivitas seperti bekerja hingga berinteraksi dengan orang lain.

Penyebab seseorang mengidap gangguan jiwa hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, ada banyak faktor yang bisa memicu seseorang mengidap gangguan mental, seperti menderita penyakit tertentu sampai mengalami stres akibat peristiwa traumatis, seperti ditinggal mati orang yang disayang, kehilangan pekerjaan, atau terisolasi untuk waktu yang lama.

Gangguan mental bisa terjadi pada siapa saja. Ada banyak jenis gangguan mental yang perlu dicermati dan diwaspadai.

Untuk mengenalnya lebih jauh, kamu bisa menyimak pembahasannya pada artikel ini.

Berikut ini jenis gangguan mental yang paling umum terjadi, disadur dari Merdeka, Senin (10/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jenis Gangguan Mental

1. Anxiety Disorder

Jenis gangguan mental yang pertama ini lebih dikenal dengan istilah gangguan kecemasan. Pengidap gangguan kecemasan akan merasa cemas, takut, gelisah pada hal-hal kecil yang menjadi faktor penyebabnya.

Secara umumnya, gangguan kecemasan ini disertai adanya gangguan fisik, seperti meningkatnya detak jantung, keringat dingin, mual, muntah, sesak dada, dan lain sebagainya.

2. Eating Disorder

Eating disorder adalah penyakit serius dan sering kali fatal akibat gangguan parah pada perilaku makan seseorang.

Gangguan paling umum adalah anoreksia (menganggap diri kelebihan berat badan padahal tidak), bulimia nervosa (makan dalam jumlah besar yang kemudian dikeluarkan secara paksa misalnya muntah), dan binge-eating (makan berlebihan dan sulit dihentikan).

3 dari 5 halaman

Jenis Gangguan Mental

3. Mood Disorder

Jenis gangguan mental berikutnya adalah gangguan perasaan yang tidak stabil atau lebih dikenal dengan istilah bipolar. Pengidap gangguan mental ini biasanya akan merasa bahagia atau sedih secara berlebihan.

4. Personality Disorder

Personality disorder adalah gangguan terhadap kepribadian seseorang dan membuatnya memiliki pola pikir, perasaan, atau perilaku yang sangat berbeda dengan kebanyakan orang.

Jenis gangguan kepribadian antara lain borderline personality disorder, yaitu perubahan suasana hati yang intens, ketakutan akan ditinggalkan, perilaku impulsif dan tidak stabil.

4 dari 5 halaman

Jenis Gangguan Mental

5. Obsessive Compulsive Disorder

Pengidap jenis gangguan mental ini selalu memiliki obsesi hingga ketakutan berlebih terhadap sesuatu kondisi atau barang tertentu. Jenis gangguan mental ini menyebabkan pengidap akan selalu bertindak untuk melakukan sesuatu sesuai obsesi dari pemikirannya.

Pada umumnya, pengidap akan melakukan rutinitas tertentu untuk memuaskan pemikiran dan obsesinya. Apabila hal ini tidak dilakukan, akan terjadi ketakutan yang luar biasa.

6. Post Traumatic Stress Disorder

Pengidap post traumatic stress disorder (PTSD) memiliki kaitan erat dengan pengalaman masa lalu yang membuatnya menjadi kurang peka hingga mati rasa secara emosional.

Beberapa pengalaman yang menjadi penyebab gangguan mental PTSD ini biasanya cukup menakutkan hingga dramatis bagi pengidapnya.

5 dari 5 halaman

Jenis Gangguan Mental

7. Psychotic Disorder

Pada umumnya gangguan mental satu ini akan menyebabkan pengidapnya mengalami halusinasi terhadap suatu kondisi atau peristiwa yang tidak nyata terjadi. Sebab, psychotic disorder melibatkan pemikiran yang terdistorsi sejak lama dalam pikiran pengidap. Contoh gangguan mental ini yaitu skizofrenia.

8. Sexual And Gender Disorder

Sexual and gender disorder melibatkan keinginan dan hasrat seksual sehingga hal ini akan memengaruhi perilaku dan sikapnya. Beberapa kondisi yang termasuk gangguan mental ini, yakni meliputi paraphilias, disfungsi seksual, dan gangguan identitas gender.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 28/5/2020)

Dapatkan artikel kesehatan mental dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer