Sukses


Bacaan Doa agar Terhindar dari Bencana Banjir, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Banjir merupakan satu di antara bencana yang sering terjadi saat musim hujan. Pada saat hujan, kita dianjurkan membaca doa agar terhindar dari banjir.

Banjir terjadi akibat volume air yang melimpah, tetapi tidak diimbangi tingkat resapan yang bagus dan tempat untuk menampung air. Akibatnya, kelebihan air tersebut akan menggenangi wilayah di sekitarnya dan terjadi banjir.

Pada dasarnya, banjir dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Bahkan, hujan yang tidak terlalu deras juga dapat menyebabkan banjir bila terus terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Di Indonesia, banjir termasuk satu di antara bencana alam yang mudah dan sering terjadi. Hal ini karena Indonesia terletak di daerah tropis yang memungkinkan curah hujan yang tinggi setiap tahunnya.

Saat hujan deras, ada rasa takut jika berubah menjadi banjir. Kebanyakan orang tentu berharap tidak terjadi banjir saat hujan.

Dalam ajaran Islam, umat muslim dianjurkan membaca doa agar terhindar dari musibah banjir. Bagaimana doanya?

Berikut ini bacaan doa agar terhindar dari banjir saat musim hujan, disadur dari Dream, Senin (10/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa ketika Hujan dan Angin Kencang

Sebelum membaca doa agar terhindar dari banjir, kita juga harus berdoa ketika hujan dan angin kencang. Berikut ini doanya:

Doa ketika hujan

Doa yang paling umum dibaca ketika turun hujan.

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an.Artinya,

Artinya: "Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat.

Doa saat hujan dengan angin kencang

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

3 dari 3 halaman

Doa agar Terhindar dari Banjir

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِوَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal akaami wal jibaali waddhiroobi wa buthuunil audiyati wa manaabitis syajari.

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami dan tidak di atas kami. Ya Allah turunkan hujan di bukit-bukit, pegunungan, dataran tinggi, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan. Tiba-tiba berhenti. Kami keluar masjid di bawah terik matahari. (HR Bukhori Muslim)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Maulana Kautsar. Published: 20/2/2017).

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer