Sukses


Sirkuit Mandalika Siap Gelar World Superbike (WSBK) 2022

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, siap menggelar World Superbike (WSBK) pada 11-13 November 2022. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Dinukil dari Antaranews, Selasa (11/10/2022), Sandiaga Uno menyatakan bahwa persiapan WSBK 2022 berjalan dengan mulus. Pihaknya bekerja sama dengan Dorna Sports, MGPA, ITDC, hingga Pemprov NTB.

"Saya mengapresiasi persiapan yang terus dilakukan dengan baik, termasuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama pemerintah daerah, para stakeholder, industri pariwisata di NTB, dan banyak pihak dalam mempersiapkan event ini," kata Sandiaga Uno.

"Tiga minggu yang lalu kita sudah melakukan penandatanganan dengan Dorna untuk penyelenggaraan WSBK ini dan mereka sangat mengapresiasi bagaimana koordinasi yang baik dengan ITDC, MGPA, dan Kemenparekraf," sambung Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani.

 

2 dari 5 halaman

Penyempurnaan Trek

Dorna Sports dan Federasi Olahraga Sepeda Motor International menyoroti tentang penyempurnaan lintasan atau trek di Sirkuit Mandalika. Hal ini diantisipasi dengan penambahan run off pada beberapa tikungan yakni 10, 11, dan 12, serta perubahan kerb pada beberapa tikungan dari kerb biasa menjadi Misano Kerb guna meningkatkan standar keamanan.

"Mereka sangat antusias untuk penyelenggaraan di Indonesia dan dengan sirkuit yang juga terus diperbaiki, ditingkatkan mereka sudah happy dan menilai sudah sesuai dengan standar."

"Setelah berkembangnya MotoGP dan WSBK ini tentunya para penggemar motor-motor akan makin banyak di Indonesia," kata Rizki Handayani menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Antisipasi Macet

Pada gelaran MotoGP 2022 Mandalika, ada isu kemacetan parah yang terjadi saat penonton berbondong-bondong meninggalkan venue. Hal ini diantisipasi dengan menyediakan lahan parkir yang representatif.

Saat ini, ITDC dan MGPA telah menyiapkan 9.116 kantong-kantong parkir untuk mengakomodir kendaraan penonton agar bisa diparkir lebih dekat dengan sirkuit.

"Di WSBK kami berusaha mendekatkan lahan parkir tersebut. Jadi kami telah membuat cukup banyak kantong-kantong parkir yang dapat menampung lebih banyak kendaraan," katanya.

4 dari 5 halaman

Cetak 45 Ribu Tiket

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan manajemen MGPA optimistis menyambut World Superbike Championship (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika pada November tahun ini. Mereka juga telah menargetkan jumlah penonton yang hadir nanti.

Komandan Lapangan WSBK Mandalika, Jamaludin Maladi, pada Senin 19 September 2022 lalu menjelaskan ajang kali ini sedikit berbeda dari edisi sebelumnya, yang mana penonton hadir mencapai 35 ribu orang.

"Target dari MGPA secara keseluruhan mencapai 45 ribu penonton. Mudah-mudahan dengan konsisi COVID-19 sudah menurun, bisa lebih meriah," kata Maladi.

5 dari 5 halaman

Rincian Tiket

Untuk harga tiket, panitia memberikan diskon spesial. Kategori festival misalnya, hanya dijual sebesar Rp 75ribu. Dengan catatan, hanya berlaku untuk warga lokal.

Sementara untuk warga umum yang datang dari luar provinsi NTB, harganya mulai dari Rp 110ribu hingga yang termahal mencapai Rp15 juta.

Video Populer

Foto Populer