Sukses


Penyebab Asam Urat Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Munculnya penyakit asam urat tidak hanya disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu, tetapi ada faktor lain yang bisa membuat asam urat menjadi lebih parah.

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Semua sendi yang ada pada tubuh manusia berpotensi terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Asam urat dapat menyerang siapa saja, tidak peduli kalangan muda maupun tua. Akan tetapi, rentan usia 40‒50 tahunan, menjadi kelompok yang paling sering terkena asam urat.

Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan asam urat tinggi yang patut untuk kita waspadai?

Berikut penyebab asam urat tinggi yang perlu Anda waspadai, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (15/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Perlu Diwaspadai

1. Gangguan Metabolisme

Purin adalah senyawa yang juga diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. 

Pada kondisi normal, produksi purin berlebih akan diserap kembali oleh tubuh atau dikeluarkan bersama dengan tinja ataupun urine.

Namun, pada orang dengan kondisi gangguan metabolisme, purin tidak terolah dengan baik sehingga terus menumpuk. Hal inilah yang menjadi cikal bakal penyakit asam urat.

2. Obat-obatan

Penyakit asam urat tinggi juga bisa terjadi akibat konsumsi obat-obatan jenis tertentu. Beberapa obat yang dapat menyebabkan peningkatan asam urat, misalnya golongan diuretik dan aspirin.

3. Kelebihan Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat sehingga kadarnya dapat melonjak. 

Kondisi tersebut akan membuat ginjal kesulitan membuang asam urat dari dalam tubuh. Alhasil, asam urat malah menumpuk dan menyebabkan peradangan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Perlu Diwaspadai

4. Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan berhubungan dengan kadar asam urat yang tinggi. 

Konsumsi alkohol bisa mengganggu proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Alhasil, senyawa tersebut malah menumpuk dan menyebabkan penyakit gout.

5. Riwayat Keluarga

Penyakit asam urat dapat diwariskan dalam keluarga. Anak dengan orang tua yang megidap asam urat cederung punya risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya. 

Hal ini berarti, risiko Anda mengalami penyakit tersebut bisa meningkat apabila memiliki orang tua atau anggota keluarga dengan kondisi asam urat tinggi.

6. Minuman Kaya Fruktosa

Minuman kaya fruktosa, seperti soft drink juga dapat meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh. 

Selain itu, senyawa tersebut turut menurunkan fungsi tubuh untuk mengeluarkan asam urat. Senyawa ini pun akhirnya menumpuk sehingga mencetuskan penyakit asam urat tinggi.

4 dari 4 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Perlu Diwaspadai

7. Kelaparan

Kelaparan dapat membuat tubuh melakukan metabolisme dengan menggunakan jaringan yang kaya purin. Hal tersebut dapat berdampak pada peningkatan konversi purin menjadi asam urat.

8. Kondisi Medis

Ada beberapa kondisi medis yang berhubungan dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Beberapa contoh keadaan medis tersebut, misalnya penyakit ginjal dan keganasan (kanker).

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/6/2022)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer