Sukses


Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Penyakit asam urat kalau sedang kambuh bisa mengakibatkan ketaknyamanan dan sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari pengidapnya.

Penyakit asam urat atau dikenal juga gout, merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Persendian yang berpotensi paling sering terserang asam urat adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Munculnya penyakit ini terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian.

Satu di antara pemicu kristal asam urat bisa menumpuk karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan purin tinggi.

Lantas, apa saja makanan yang menjadi pantangan pengidap asam urat?

Berikut ini daftar makanan pantangan pengidap asam urat yang penting diketahui, dikutip dari laman Mayoclinic dan Healthline, Selasa (18/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat

1. Jeroan

Pantangan makanan bagi pengidap asam urat yang paling populer adalah jeroan, seperti otak, usus, limpa, paru-paru, hati, lidah, dan bagian lainnya. Jeroan mengandung purin yang tinggi sehingga harus dihindari oleh pengidap asam urat.

Sebagai contoh, hati ayam per 100 gram mengandung 312,2 mg purin dan dikategorikan sebagai makanan dengan kadar purin yang sangat tinggi. Sementara itu, dalam 100 gram hati sapi sebesar 219,8 mg purin.

2. Minuman Manis dan Permen

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dan fruktosa dapat memperburuk penyakit asam urat. Jika kamu mengidap asam urat, sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman manis tersebut.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat

3. Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut, seperti kerang udang dan teri merupakan penyebab asam urat karena memiliki kadar purin yang tinggi. Demikian juga ikan sarden, mackerel, dan herring.

Dari semua jenis tersebut, ikan teri kering mengandung purin yang paling tinggi, yang mencapai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg purin.

Maka itu, makanan laut merupakan satu di antara pantangan yang perlu dihindari oleh pengidap penyakit asam urat. Meski begitu, tidak semua makanan laut harus dihindari oleh pengidap asam urat. Kamu masih bisa mengonsumsi jenis ikan yang mengandung purin lebih rendah, seperti salmon.

4. Minuman Beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jenis minuman beralkohol yang paling sering memicu munculnya serangan asam urat adalah bir.

Bir diketahui memiliki kandungan purin tinggi. Meski demikian, akan lebih baik bila konsumsi minuman beralkohol lain, seperti vodka maupun wiski, juga dibatasi atau dihindari.

Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin adalah anggur. Namun, kadar purinnya tidak terlalu tinggi.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat

5. Daging Merah

Bukan hanya makanan yang diolah dari daging segar saja yang harus dihindari pengidap asam urat, produk daging olahan, seperti salami atau ham juga termasuk sebagai makanan pemicu asam urat kambuh.

Per 100 gram salami diketahui mengandung 120,4 mg purin, sedangkan ham mengandung 138,3 mg purin.

Selain itu, daging dan daging olahan mengandung lemak jenuh sangat tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak bisa memicu kenaikan berat badan berlebih.

Ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin. Hal ini akan mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat sehingga menumpuk dan mengendap sampai membentuk kristal di persendian.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat

6. Sayuran

Ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi, yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi pengidap asam urat tinggi.

Hal ini berarti, risiko terkena penyakit asam urat atau kemungkinan kambuh kembali cukup rendah. Meski begitu, kamu disarankan untuk tetap membatasi jumlah konsumsi beberapa jenis sayuran tersebut.

7. Makanan Kalengan

Konsumsi makanan kalengan tidak disarankan karena mengandung ragi dan ekstrak ragi yang sifatnya tinggi purin. Begitu pula pada produk makanan beku, kecap asin, dan camilan ringan tinggi garam.

Semua produk ini bisa memperparah gejala asam urat pada pengidapnya. Itulah mengapa kalau tak mau nyeri sendi makin parah, batasi ketat konsumsi jenis makanan ini.

 

Sumber: Mayoclinic, Healthline

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer