Sukses


9 Contoh Dampak Negatif Perubahan Sosial

Bola.com, Jakarta - Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, perubahan sosial adalah perubahan pada berbagai lembaga kemasyarakatan, yang memengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai-nilai, sikap, pola, perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.

Perubahan sosial mengacu pada perubahan signifikan dari waktu ke waktu, baik dalam pola perilaku, nilai budaya, maupun norma di masyarakat.

Suatu perubahan sosial berdampak pada terciptanya tatanan baru dalam masyarakat. Perubahan sosial memiliki dampak positif dan negatif yang ditimbulkan.

Perubahan sosial bisa berdampak negatif mengarah pada kemunduran yang ditandai dengan adanya tindak kriminalitas, konflik sosial, deviasi sosial, serta berbagaimasalah sosial lainnya.

Hal inilah yang menjadi titik jenuh dari perubahan sosial dalam masyarakat. Apa saja dampak negatif perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat?

Berikut ini beberapa dampak negatif perubahan sosial yang perlu diketahui, dilansir dari e-Modul SMA Sosiologi Kelas XII terbitan Kemdikbud, Rabu (19/10/2022).

2 dari 4 halaman

Dampak Negatif Perubahan Sosial

1. Adanya Disorientasi Nilai dan Norma

Norma dan nilai terkadang diabaikan seiring makin tingginya kebutuhan akan kebebasan maupun independensi dari otoritas tradisional.

2. Perubahan Tingkah Laku

Perubahan tingkah laku yang mungkin menjurus pada perilaku menyimpang. Suatu perilaku dianggap manyimpang apabila tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

3. Budaya Konsumtif yang Makin Besar

Individu mengkonsumsi suatu barang karena dianggap sebagai simbol status.

4. Berkembangnya Sifat Individualisme

Saat ini, masyarakat lebih mementingkan kepentingan pribadi sehingga sering mengesampingkan kepentingan hukum. Hubungan antarmanusia bersifat sekunder, serba terbatas pada bidang kehidupan tertentu saja.

3 dari 4 halaman

Dampak Negatif Perubahan Sosial

5. Munculnya Konflik Sosial Vertikal maupun Horizontal

Konflik dan kekerasan muncul sebagai akibat adanya perbedaan sikap dan kepentingan dalam menghadapi perubahan sosial.

6. Lembaga-lembaga Sosial yang ada Tidak Dapat Berfungsi Maksimal

Ketakmampuan lembaga sosial berfungsi secara maksimal dikarenakan adanya konflik antara kelompok pendukung dan penentang perubahan sosial.

7. Banyak Pengangguran

Di masa industrialisasi seharusnya tercipta banyak peluang usaha dan kesempatan kerja. Namun, sebagian anggota masyarakat tidak siap untuk menyesuaikan diri dengan pola industrialisasi sehingga dapat meningkatkan jumlah pengangguran.

4 dari 4 halaman

Dampak Negatif Perubahan Sosial

8. Adanya Kesenjangan Sosial

Anggota masyarakat yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan tentu akan mampu meningkatkan taraf hidupnya.

Namun, sebaliknya, apabila masyarakat tidak mampu melakukan penyesuaian maka lama-kelamaan akan makin terbelakang dan mengalami penurunan kualitas hidup.

Sehubungan bergulirnya perubahan, makin lebar pula kesenjangan sosial yang tercipta dalam hubungan antara dua keadaan yang saling bertolak belakang ini.

9. Terjadinya Berbagai Bentuk Kerusakan Lingkungan dan Bencana Alam

Pemanasan global merupakan sebagai satu di antara bentuk kerusakan lingkungan dan bencana alam yang diakibatkan oleh perubahan pola kehidupan masyarakat.

Hal ini telah menjadi sorotan masyarakat dunia, terutama negara yang mengalami industrialisasi dan pola konsumtif tinggi.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer