Sukses


Bacaan Doa ketika Mimpi Buruk Sesuai Hadis Rasulullah

Bola.com, Jakarta Saat sedang terlelap tidur, seseorang biasanya akan mengalami mimpi. Ada orang yang akan terus ingat dengan mimpinya, tetapi ada juga yang lupa.

Tidak hanya mimpi yang bersifat baik, semua orang pernah mengalami mimpi buruk, bahkan ada yang terasa seperti kenyataan.

Sebenarnya mimpi adalah bunga tidur. Hal itu merupakan gambaran emosi atau pikiran dari alam bawah sadar, dan akan terlupakan setelah bangun tidur.

Namun, ketika mimpi buruk yang dialami, ada beberapa orang yang sulit melupakannya dan menganggap hal tersebut bisa terjadi di dunia nyata.

Di sisi lain, ketika merasa takut, kita harus selalu mengingat Allah Swt. yang akan senantiasa membantu umat-Nya dalam situasi apa pun.

Sebagai umat muslim bisa memanjatkan doa kepada-Nya saat dalam kondisi takut karena mimpi buruk yang didapat.

Dengan membaca doa setelah mendapat mimpi buruk, hati akan kembali tenang dan dijauhkan dari perasaan takut karena mimpi yang dialami.

Berikut bacaan doa ketika mimpi buruk sesuai hadis rasulullah, disadur dari Dream, Senin (24/10/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa ketika Mimpi Buruk Sesuai Hadis Rasulullah

Rasulullah saw. mengajarkan banyak hal kepada umatnya tentang menyikapi berbagai fenomena kehidupan, termasuk mimpi. Satu di antara cara untuk menyikapinya adalah dengan membaca doa.

Doa ketika mimpi buruk diajarkan Rasulullah saw. kepada umatnya melalui hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Suni, Abu Dawud, dan At Tirmidzi. Berikut bacaan doa ketika mimpi buruk yang diajarkan Rasulullah saw.:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit-taammati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibadihi wamin hamazatis-syayatini wa an-yahdhuruni.

Artinya:

"Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa ketika Mimpi Buruk Sesuai Hadis Rasulullah

Sementara itu, masih ada doa yang bisa dibaca ketika mimpi buruk. Doa ketika mimpi buruk berikut ini berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Al Mushannaf.

اخبرنا ابن عون عن ابراهيم النخعي : كان اذا راى في منامه ما يكره قال : اَعُوْذُ بِاللهِ بِمَا عَاذَتْ بِهِ مَلاَئِكَةُ اللهِ وَرَسُوْلِهِ مِنْ شَرِّ مَا رَأَيْتُ فِيْ مَنَامِيْ اَنْ يُصِيْبَنِيْ مِنْهُ شَيْئٌ اَكْرَهُهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ

Artinya:

"Memberitahukan kepada kami Ibnu Aun, dari Ibrahim Al-Nakha’i, bahwa ketika beliau bermimpi sesuatu yang dia tidak sukai, dia mengucapkan; A’uudzu billaahi bimaa ‘aadzat bihii malaa-ikatullaahi wa rosuulihii min syarri maa ro-aitu fii manaamii an yushiibanii minhu syai-un akrohuhuu fiddunyaa wal aakhiroti."

Dari riwayat tersebut, jelas bahwa bacaan doa ketika mimpi buruk adalah sebagai berikut:

اَعُوْذُ بِاللهِ بِمَا عَاذَتْ بِهِ مَلاَئِكَةُ اللهِ وَرَسُوْلِهِ مِنْ شَرِّ مَا رَأَيْتُ فِيْ مَنَامِيْ اَنْ يُصِيْبَنِيْ مِنْهُ شَيْئٌ اَكْرَهُهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ

A’uudzu billaahi bimaa ‘aadzat bihii malaa-ikatullaahi wa rosuulihii min syarri maa ro-aitu fii manaamii an yushiibanii minhu syai-un akrohuhuu fiddunyaa wal aakhiroti.

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah dengan sesuatu yang para malaikat Allah dan utusan-Nya berlindung, dari keburukan apa yang aku lihat di dalam tidur agar tidak menimpa kepadaku sesuatu yang aku tidak sukai di dunia dan akhirat."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 1/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer