Sukses


Macam-Macam Persiapan Fisik sebelum Liburan

Bola.com, Jakarta - Liburan adalah kegiatan yang menyenangkan dan kerap kali ditunggu-tunggu. Liburan menjadi sarana untuk melepaskan semua beban dan mengisi ulang energi serta pikiran.

Liburan bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga maupun teman. Ketika sendiri, kamu akan merasakan me time secara total. Semantara jika bersama keluarga atau teman, rasa kebersamaan akan ditonjolkan dan akan penuh dengan canda tawa.

Sebelum liburan, terkadang banyak yang masih belum memperhatikan kondisi fisik dengan benar. Padahal, fisik tubuh yang prima sangat dibutuhkan ketika berlibur, mengingat padatnya aktivitas dan perjalanan yang cukup memakan waktu.

Agar stamina tidak drop selama dan setelah berlibur, berikut macam-macam persiapan fisik sebelum liburan yang bisa kamu lakukan, disadur dari Klikdokter, Senin (24/10/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Persiapan Fisik sebelum Liburan

1. Makan Sehat dan Tetap Aktif Secara Fisik

Konsumsi makanan yang sehat tetap penting sebelum liburan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Bila ingin memuaskan keinginan makan makanan favorit, makan saja, tetapi dalam porsi kecil. 

Usahakan batasi asupan lemak, garam, serta makanan dan minuman tinggi gula.

Selain itu, jangan lupa tetap aktif bergerak. Jadi, kondisi fisik tetap kuat dan aktivitas liburan bisa dilakukan dengan lancar. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak duduk.

2. Periksakan Kondisi Kesehatan

Persiapan liburan ini pun penting, terutama bila kamu berencana bepergian jauh. Pastikan kamu sudah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi fisik. Konsultasi juga bila lokasi tujuan liburan memiliki penyakit endemik.

Dokter akan memberitahu info tentang obat dan pencegahan yang perlu dilakukan demi menghindari berbagai risiko kesehatan. 

Jadwalkan pertemuan dengan dokter dari jauh hari sebelum berlibur. Jadi, kamu dapat mengantisipasi waktu yang dibutuhkan bila memang ada langkah pencegahan atau obat yang perlu dikonsumsi sebelum berangkat.

3. Perhatikan Keamanan Makanan yang Dikonsumsi

Jangan sampai detik-detik menjelang waktu liburan jadi berantakan karena kamu mengalami keracunan makanan. Agar terhindar dari hal ini, pastikan tetap jaga kualitas pengolahan makanan. 

Masaklah dengan suhu yang sesuai agar kuman dapat mati. Lalu, simpan makanan di wadah yang bersih dan tempat penyimpanan yang disesuaikan dengan jenis makanan. 

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Persiapan Fisik sebelum Liburan

4. Rajin Cuci Tangan

Satu di antara cara yang paling efektif dalam mencegah penyebaran kuman dan menjaga kesehatan tubuh adalah mencuci tangan dengan rutin. 

Bukti medis menunjukkan, mencuci tangan mampu mencegah satu dari lima gejala saluran pernapasan, seperti pilek dan flu. 

Maka itu, cuci tangan dengan benar dan di waktu yang tepat sangat penting (sehabis dari toilet, pegang alat elektronik, dan sebagainya).

Apabila sabun dan air mengalir sedang tidak tersedia, gunakanlah hand sanitizer berbahan dasar alkohol setidaknya 60 persen.

5. Kelola Stres dengan Baik

Orang dewasa, remaja, bahkan anak mampu merasa stres dari waktu ke waktu. Biasanya, efek stres yang cukup sering terjadi ialah gangguan kecemasan, sulit tidur, atau mengalami gangguan makan. 

Hal-hal tersebut bisa saja memengaruhi kondisi fisik. Jangan sampai momen berlibur kamu nantinya akan terganggu bila stres tidak dikendalikan. 

Ketahuilah cara-cara yang tepat untuk mengatasi stres berlebih. Bila perlu, konsultasilah dengan psikolog.

6. Hati-hati dalam Berkendara

Persiapan liburan lainnya yang tak kalah penting ialah kewaspadaan dan kesiapan dalam berkendara. Bila mengendarai motor atau mobil sendiri, pastikan kondisi tubuh dan kendaraan sudah dalam keadaan baik. 

Patuhi aturan keamanan berkendara dan perhatikan pula kondisi cuaca. Hindari makan dan minum sambil menyetir, dan jangan biarkan orang yang telah mengonsumsi minuman beralkohol untuk berkendara. 

Bila lelah saat mengendarai, jangan ragu untuk beristirahat sejenak.

Dengan demikian, kamu dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berdampak berat. Fisik pun akan tetap aman sesampainya di tempat tujuan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 11/12/2020)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer