Sukses


Bacaan Doa untuk Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

Bola.com, Jakarta - Doa peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 bisa dibacakan saat upacara bendera. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober.

Tahun 2022 ini, Hari Sumpah Pemuda akan menjadi peringatan yang ke-94. Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah "Bersatu Bangun Bangsa".

Saat perayaan Hari Sumpah Pemuda biasanya identik dengan upacara bendera. Seperti upacara pada umumnya, satu di antara susunan acara yang ada dalam upacara Hari Sumpah Pemuda adalah pembacaan doa oleh petugas.

Teks doa pada upacara Hari Sumpah Pemuda dibacakan dengan tujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari berbagai masalah hidup.

Doa tersebut juga jadi bentuk rasa syukur, memohon petunjuk untuk kemajuan negara, serta memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Berikut ini bacaan doa peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, dilansir dari lldikti3.kemdikbud.go.id, Rabu (26/10/2022).

 

2 dari 2 halaman

Doa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismiillahirrohmanirrohiim.

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin, Washolatu wassalamu ‘ala sayyidina Muhammadin wa‘ala alihi wa shohbihi ajma’in.

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, Ya Rahman Ya Rahim, curahkan kasih sayang-Mu kepada kami, pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 tahun 2022.

Ya Allah Ya Aziiz ya Adhim (Zat yang Maha Perkasa lagi Maha Agung), berikanlah kepada para pemimpin kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan dan rasa syukur yang tinggi dalam mengabdi serta berkarya. Tautkan kesabaran kami, kukuhkan kesungguhan kami, bersihkan hati kami agar kami tetap mampu berupaya keluar dari persoalan sulit yang harus kami pecahkan, serta bersikap bijak atas kekurangan.

Ya Allah ya Jabbar Zat yang Maha Kuasa, jadikanlah Pemuda Indonesia Pemuda yang mandiri, kreatif dan inovatif demi kemajuan bangsa dan negara, serta jadikanlah mereka pemimpin-pemimpin dunia.

Ya Allah Ya Hakiim Zat yang Maha Bijaksana, eratkan persatuan kami untuk terus Bersatu Bangun Bangsa, hingga menghasilkan kekuatan dahsyat membangun kemaslahatan bangsa dan dunia. Limpahkan hikmahmu agar perbedaan yang ada mampu kami satukan, kami rajut menjadi mozaik kekuatan.

Berikanlah kekuatan kepada kami untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Pancarkan cahaya-Mu untuk menerangi pikiran dan hati kami sehingga kami mampu berkreasi dan berinovasi untuk kemajuan Negeri. Jauhkan kami dari sifat iri, dengki dan perangai yang tidak terpuji.

Ya Allah yang Maha Mengabulkan doa, bimbinglah para pemuda dan pemudi harapan bangsa. Jadikanlah mereka pemuda yang tangguh dalam berkarya, kuat dalam pendirian serta senantiasa berlomba dalam kebaikan. Jadikanlah para pemuda-pemudi kami menjadi pelopor perubahan yang bermartabat, menjunjung tinggi etika dan moral serta mengedepankan semangat nasionalisme.

Karena itu ya Allah, tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar, sebagaimana jalannya orangorang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang tersesat yang Engkauhinakan.

Hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami berserah diri.

Robbana Dholamna Anfusana wa illam tahgfirlana wa tarhamna lanakunanna minal khosirin….

Robbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzabannaar.

Wa shollallohu ‘ala sayyidna Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim,

Subhana robbika robbil ‘izzati ‘amma yashifuun, wa salamun ‘alal mursalin,

Walhamdulillahi robbil alamiin.

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer