Sukses


9 Manfaat Mengonsumsi Ikan Cakalang, Dapat Mencegah Hipertensi

Bola.com, Jakarta - Ikan cakalang merupakan satu di antara jenis ikan yang populer di Indonesia. Banyak masakan lezat yang dibuat dengan ikan yang satu ini.

Tak hanya lezat, ikan yang merupakan keluarga dari ikan tuna ini memiliki banyak kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Seperti ikan lainnya, ikan cakalang memiliki kandungan omega-3 dan protein. Ikan cakalang juga mengandung vitamin B12, vitamin D, vitamin C, fosfor, selenium, dan masih banyak lagi.

Berkat berbagai kandungannya tersebut, ikan cakalang menjadi bahan makanan yang menyehatkan.

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi ikan cakalang yang bisa berguna bagi kesehatan tubuh?

Berikut sembilan manfaat mengonsumsi ikan cakalang untuk kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (29/10/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Ikan Cakalang

1. Mencegah Hipertensi

Bagi kamu yang punya tekanan darah tinggi, ikan cakalang bisa jadi satu di antara pilihan menu makanan. Pasalnya, ikan ini mengandung omega-3 dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah. Jadi, pastinya konsumsi ikan cakalang aman bagi pengidap hipertensi.

2. Baik untuk Jantung

Penyakit jantung memiliki berbagai faktor risiko, satu di antaranya darah tinggi. Namun, jangan khawatir, kondisi ini bisa kamu cegah dengan makan ikan cakalang.

Tidak hanya mencegah darah tinggi, kandungan omega-3 dalam ikan juga bisa menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung akan menurun.

3. Menjaga Kemampuan Kognitif

Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang bisa mengalami penurunan kognitif. Nah, untuk menjaga kesehatan otak, kamu bisa mengonsumsi ikan cakalang.

Satu di antara kandungan ikan cakalang, yaitu omega-3, mampu menurunkan risiko penurunan kognitif akibat gangguan pembuluh darah.

Selain itu, bersama dengan omega-6, kandungan omega-3 dalam ikan bisa memperlambat demensia pada pasien stroke maupun setelah cedera otak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Ikan Cakalang

4. Memperkuat Imunitas

Asupan berbagai vitamin dan mineral penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Satu di antaranya makanan yang baik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh adalah ikan cakalang.

Khasiat tersebut berkat kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, zink, dan mangan di dalam ikan ini. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam ikan cakalang mampu mencegah penumpukan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

5. Baik untuk Tulang

Siapa yang tidak ingin punya tulang sehat dan kuat? Satu di antara mineral yang penting dalam menjaga kesehatan tulang adalah fosfor.

Kabar baiknya, ikan cakalang mengandung fosfor serta vitamin D. Keduanya saling bekerja sama agar tulang kukuh dan tidak mudah keropos.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Jika kamu sedang menjalani program diet, ikan cakalang bisa menjadi menu makanan yang harus dikonsumsi.

Lemak dan kalori ikan cakalang tergolong rendah. Oleh sebab itu, ikan ini bisa mencegah terjadinya peningkatan berat badan.

Terlebih lagi, omega-3 dalam ikan cakalang bersifat merangsang hormon leptin. Hormon ini berkontribusi menghambat rasa lapar.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Ikan Cakalang

7. Sumber Protein yang Baik

Ikan cakalang merupakan satu di antara makanan sumber protein terlengkap. Dalam 85 gram cakalang ada sebanyak 24-30 gram protein di dalamnya.

Perlu kamu tahu, protein penting untuk membentuk hormon, jaringan ikat, antibodi, dan kesehatan otot di seluruh tubuh.

8. Mencegah Kekurangan Sel Darah Merah

Anemia atau kekurangan sel darah merah satu di antaranya bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin B12. Jumlah sel darah merah yang sedikit dapat mengganggu penghantaran oksigen ke seluruh tubuh.

Konsumsi cakalang baik untuk mencegah anemia karena selain mengandung vitamin B, ikan ini juga mengandung asam folat yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

9. Mencegah Peningkatan Gula Darah

Bagi penyandang diabetes, ikan cakalang aman untuk kamu konsumsi. Khasiat ini hadir karena ikan ini mengandung omega-3.

Kandungan tersebut bisa membantu mencegah peningkatan gula darah. Maka itu, ikan cakalang aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/6/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer