Sukses


Daftar Makanan Pantangan untuk Pengidap Rematik

Bola.com, Jakarta - Mengalami penyakit rematik bisa membuat pengidapnya tidak nyaman saat beraktivitas. Keluhan kesehatan ini lebih sering terjadi pada orang tua yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas.

Rematik atau dalam istilah medis disebut dengan rheumatoid arthritis adalah sejenis penyakit autoimun yang membuat sendi-sendi kaku dan meradang.

Rematik dapat menyerang hampir semua sendi pada tubuh. Namun, sendi yang paling sering terserang adalah di pergelangan tangan, buku-buku jari, lutut, dan pergelangan kaki.

Terlepas dari itu, tak sedikit orang yang menganggap kalau rematik serupa asam urat. Meski kedua penyakit ini sama-sama menyebabkan masalah pada sendi berupa rasa nyeri, kedua keluhan kesehatan ini sebenarnya berbeda.

Untuk mencegahnya kambuh, pengidap rematik harus lebih selektif untuk memilih makanan yang dikonsumsi.

Jangan sampai makanan yang dikonsumsi makin memperparah kondisi rematik yang diderita. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari pengidap rematik?

Berikut ini daftar makanan pantangan untuk pengidap rematik, dikutip dari laman Everydayhealth dan Healthline, Senin (31/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan untuk Pengidap Rematik

1. Jeroan

Jeroan adalah bagian dalam hewan yang diolah menjadi makanan dan biasa kamu kenal sebagai olahan usus, hati, ampela, jantung, otak, dan lainnya.

Jeroan memang gurih dan lezat, tetapi jeroan merupakan makanan pantangan buat pengidap rematik. Mengonsumsi jenis makanan ini dapat memicu kambuh dan nyeri sakit di bagian yang terserang.

Selain dapat memicu rematik, jeroan menyebabkan penyakit lain, seperti jantung, hipertensi, obesitas, dan komplikasi penyakit lainnya.

2. Gorengan

Mengurangi konsumsi gorengan dapat membantu memperparah gejala rematik. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism pada 2009, gorengan mengandung racun advanced glycation endproduct (AGE) yang meningkatkan oksidasi sel.

Selain memperparah gejala rematik, mengonsumsi makanan yang digoreng dapat mengakibatkan obesitas.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan untuk Pengidap Rematik

3. Santan

Makanan pantangan rematik lainnya yang harus dihindari adalah santan. Memang, penambahan santan pada olahan makanan akan memberikan rasa nikmat dan gurih. Namun, santan mengandung zat purin yang bisa memicu sendi menjadi sakit bagi pengidap rematik dan juga meningkatkan asam urat.

4. Daging Merah dan Olahan

Daging merah dan olahan mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat memicu peradangan dan obesitas. Selain itu, banyak produk daging olahan yang ditambah dengan pengawet atau zat aditif lainnya yang dapat memunculkan reaksi peradangan, termasuk pada orang rematik.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan untuk Pengidap Rematik

5. Alkohol

Alkohol menjadi pantangan rematik karena dapat menyebabkan gejala radang sendi menjadi makin parah. Penelitian menyebutkan, mengonsumsi alkohol secara berlebih meningkatkan kadar protein C-reaktif (CRP) dalam tubuh.

CRP merupakan protein yang diproduksi sebagai bentuk reaksi ketika terjadi peradangan dalam tubuh.

6. Seafood

Seafood dapat memicu munculnya gejala rematik dan membuat kambuh. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh American College of Rheumatology, mengonsumsi seafood dapat menempatkan seseorang pada risiko penyakit rematik.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan untuk Pengidap Rematik

7. Daging Kambing

Daging kambing memiliki aroma yang merangsang selera makan. Namun, di balik sensasi nikmati tersebut, jenis daging ini menjadi pantangan buat pengidap rematik.

8. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji cenderung mengandung gula tambahan, tepung olahan, serta lemak jenuh yang bisa memperburuk gejala rematik. Untuk mengurangi risiko peradangan, selalu perhatikan label nilai gizi dan daftar bahan makanan yang digunakan sebelum membeli makanan cepat saji.

 

Sumber: Everydayhealth, Healthline

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer