Sukses


Macam-Macam Penyebab Daya Tahan Tubuh Turun, Perlu Dihindari

Bola.com, Jakarta - Macam-macam penyebab daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh turun perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan agar kondisi kesehatanmu terjaga.

Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, di mana banyak orang lebih rentan terkena penyakit, seperti flu, batuk, pilek, dan sakit kepala akibat terkena hujan dan angin.

Daya tahan atau imunitas tubuh yang prima merupakan kunci agar kamu terhindar dari pernyakit. Hal ini karena ketika tubuh diserang berbagai agen penyebab infeksi seperti virus dan bakteri, sistem imun yang bertanggung jawab menghadapinya.

Maka itu, penting bagi kita senantiasa menjaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi terbaiknya. 

Selain menerapkan cara meningkatkan imun tubuh yang aman dan dianjurkan medis, kamu perlu menghindari berbagai hal yang dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Apa saja hal-hal tersebut? Berikut macam-macam penyebab daya tahan tubuh turun, yang perlu dihindari, disadur dari Klikdokter, Rabu (2/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

1. Banyak Makan Makanan Olahan

Jika kamu sering makan makanan olahan seperti makanan kaleng atau junk food, tidak heran imun di dalam tubuh sangat lemah. Makanan tinggi gula dan karbohidrat justru memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh dan membuat imun tubuh lebih sulit bekerja.

Makanan olahan bisa menyerang bakteri baik di dalam usus, menyisakan ruang bagi bakteri jahat untuk masuk ke tubuh, dan melemahkan sistem kekebalan usus.

Serangkaian penelitian yang dilakukan pada manusia dan tikus telah menunjukkan, banyak zat kimia tambahan di dalam makanan olahan yang dapat mengganggu mikrobioma usus. Zat yang dimaksud, yakni pemanis seperti sakarin, sukralosa, dan stevia.

2. Banyak Konsumsi Makanan Berlemak

Lemak dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melawan kuman. Pola makan tinggi lemak dalam waktu lama akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di usus, yang penting untuk membantu sistem imun.

3. Sering Minum Minuman Manis

Berbagai penelitian menunjukkan, orang-orang yang sering mengonsumsi minuman manis memiliki penanda inflamasi (peradangan) yang lebih tinggi dibandingkan yang jarang.

Sebuah penelitian memperlihatkan, berkurangnya kebiasaan minum minuman manis akan menurunkan penanda inflamasi tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

4. Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah

Daya tahan tubuh yang baik membutuhkan berbagai nutrisi, seperti zinc, beta karoten, dan berbagai vitamin. Sumber utama nutrisi-nutrisi tersebut adalah sayur dan buah.

Ketika tidak mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, berisiko membuat sistem imun tidak optimal.

5. Kurang Waktu Tidur

Kualitas tidur yang baik merupakan satu di antara kunci utama tubuh sehat. Menurut National Sleep Foundation, Amerika Serikat, bermain gawai di malam hari bisa mengganggu ritme tidur dan menekan hormon melatonin.

Jika hormon ini terus menurun, gangguan tidur bisa jadi masalah yang dihadapi setiap malam.

Untuk itu, pastikan kamu menyimpan segala peralatan elektronik sebelum tidur, serta atur suhu dan pencahayaan kamar senyaman mungkin.

6. Jarang Berolahraga

Olahraga teratur baik untuk sistem imun. Olahraga akan membantu memperlancar peredaran darah sehingga sel darah putih (satu di antara komponen utama sistem imun) dapat mencapai hampir seluruh bagian tubuh.

Jarang berolahraga akan berisiko membuat imunitas tubuh melemah.

4 dari 5 halaman

Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

7. Minum Alkohol Berlebihan

Minuman alkohol berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh, termasuk menurunkan sistem imunitas.

Tidak hanya menurunkan imunitas tubuh, minum minuman beralkohol mampu merusak sistem pencernaan dan fungsi kerja ginjal.

Jumlah alkohol yang berlebihan akan membasmi bakteri baik. Akibatnya, akan lebih banyak bakteri jahat yang masuk ke tubuh sehingga menyebabkan peradangan di dalam organ hati.

Ketika meradang, hati akan kesulitan untuk membersihkan racun di dalam tubuh, termasuk zat yang bisa menurunkan sistem imunitas.

8. Merokok

Senyawa kimia dalam sebatang rokok dapat memengaruhi lapisan mukosa pada saluran pernapasan, dari hidung hingga paru-paru.

Ketika kamu merokok, tubuh akan menghasilkan lendir berlebihan dan mempersempit saluran udara. Paru-paru pun akan lebih sulit bekerja.

Merokok juga bisa menurunkan kadar antioksidan di dalam darah dan meningkatkan risiko pneumonia.

Maka itu, segera hentikan merokok dan ganti dengan asupan yang lebih sehat seperti buah dan sayuran.

9. Jarang Terpapar Sinar Matahari

Satu di antara mineral penting untuk sistem imun adalah vitamin D. Sumber utama untuk mendapatkan vitamin D adalah paparan sinar matahari.

Kurang mendapatkan paparan matahari pagi berisiko membuat sistem imun melemah karena tidak tercukupinya kebutuhan vitamin D. Jadi, biasakan rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari, paling tidak selama 15 menit.

5 dari 5 halaman

Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

10. Stres Berlebihan

Stres pikiran, baik akibat mengejar deadline, percintaan, atau lainnya terbukti bisa membuat seseorang lebih mudah sakit lantaran stres dapat memicu respons di tubuh, yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

11. Kondisi Mental Menurun

Ada beberapa bukti, tenggelam dalam kesedihan apalagi jika berlangsung lama dapat menurunkan sistem imun. Kabar baiknya, imunitas tubuh akan segera kembali ketika kesedihan sudah teratasi.

12. Konsumsi Obat Kortikosteroid

Kondisi seperti rematik membuat pengidapnya kerap mengonsumsi obat kortikosteroid dan antiinflamasi. Hanya, obat tersebut ternyata juga memberikan dampak negatif bagi tubuh dengan menekan kerja sistem imun.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/1/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer