Sukses


Macam-Macam Fungsi Al-Qur'an dalam Kehidupan Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Setiap agama memiliki kitab suci yang dijadikan sebagai petunjuk dalam menjalani hidup. Bagi umat Islam, Al-Qur'an merupakan sumber hukum serta petunjuk.

BACA JUGA: Keistimewaan Al Quran Dibandingkan Kitab Yang Lain Bagi Umat Manusia

Itulah mengapa sebagai seorang Muslim, kita diwajibkan membaca, mempelajari, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keistimewaan dari Al-Qur'an adalah kitab suci ini tidak pernah berganti sedikit pun semenjak Allah Swt. menurunkannya kepada Nabi Muhammad saw.

Bahkan tidak ada satu pun manusia yang bisa menciptakan sama persis seperti Al-Qur'an, itulah mengapa kitab suci umat Islam ini harus selalu dijaga dengan baik.

Sebagai pedoman hidup umat Islam, Al-Qur'an memiliki beragam fungsi. Lantas, apa saja fungsi Al-Qur'an dalam kehidupan umat Islam di dunia.

Berikut macam-macam fungsi Al-Qur'an dalam kehidupan umat Islam, seperti disadur dari Dream, Kamis (3/11/2022).

2 dari 4 halaman

Fungsi Al-Quran sebagai Ilmu Pengetahuan

Al-Qur'an adalah dasar hukum Islam memiliki fungsi sebagai ilmu pengetahuan. Berikut adalah beragam fungsinya yang akan dijelaskan lebih lanjut:

Ilmu Tauhid

Fungsi Al-Qur'an sebagai ilmu pengetahuan yang pertama adalah ilmu tauhid. Dalam hal ini, membahas terkait penguatan keyakinan dalam agama Islam. Dengan begitu, tidak ada lagi keraguan dalam meyakini Allah Swt. sebagai Tuhan-Nya dan Islam adalah agamanya.

Ilmu Tasawuf

Al-Qur'an menjadi sumber bagi ilmu tasawuf. Ilmu inilah yang digunakan untuk membersihkan jiwa serta menjernihkan akhlak dari seseorang.

Ilmu Pendidikan Islam

Dalam mempelajari ilmu pendidikan Islam, Al-Qur'an menjadi sumber yang paling utama. Tidak hanya membahas tentang pendidikan Islam saja, tetapi juga ilmu pengetahuan lainnya yang dibahas dalam Al-Qur'an.

Ilmu Sejarah Islam

Dalam Al-Qur'an tidak hanya berisi tentang aturan-aturan atau perintah Allah Swt. saja. Ada juga kisah-kisah di zaman dahulu, seperti halnya kisah-kisah tentang para nabi. Misalnya saja menceritakan tentang Nabi Muhammad saw. dalam berdakwah, Nabi Ibrahim a.s., Nabi Musa a.s., dan masih banyak lagi.

Ilmu Hukum

Ilmu lainnya yang juga ada dalam Al-Qur'an adalah ilmu hukum. Hal ini berkaitan dengan kehidupan sosial umat manusia di dunia.  Di mana tujuannya untuk mengarahkan umat manusia agar selalu berbuat baik kepada sesama.

3 dari 4 halaman

Fungsi Al-Quran untuk Kehidupan Manusia

 Berikut adalah beberapa fungsi Al-Qur'an untuk kehidupan manusia:

Petunjuk Jalan yang Lurus

Al-Qur'an adalah dasar hukum Islam yang memiliki fungsi sebagai petunjuk jalan yang lurus. Hal ini karena dalam Al-Qur'an, Allah Swt. sudah menjelaskan mana yang salah dan mana yang benar.

Selain itu, dijelaskan juga mana yang seharusnya dilakukan oleh umat Islam dan mana yang seharusnya dihindari karena hal tersebut dibenci Allah Swt. dan bisa menyesatkan.

Menjelaskan Kepribadian Manusia

Manusia sebagai makhluk Allah Swt. yang sempurna tentu berbeda dengan makhluk lainnya di muka bumi. Hal itu juga dijelaskan dalam Al-Qur'an bahwa yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya di bumi adalah kepemilikan akal yang bisa digunakan untuk berpikir secara logis.

Membimbing Manusia Menjalani Kehidupan

Dalam menjalani kehidupan di dunia, setiap manusia tentu akan bersosialisasi dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, keberadaan Al-Qur'an sangatlah dibutuhkan untuk mengatur dan membimbing manusia bagaimana seharusnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia.

Menjelaskan Masalah yang Pernah Diperdebatkan

Seiring bergantinya zaman, tentu saja ada perubahan yang terjadi. Dari perubahan tersebut tak luput dari adanya masalah yang muncul di tengah-tengah umat.

Nah, Al-Qur'an memuat kisah-kisah di masa lalu yang bisa menjadi pembelajaran manusia di masa kini agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Menguatkan Iman

Al-Qur'an tidak hanya sekadar dibaca saja. Meskipun hanya dengan membaca Al-Qur'an sudah bernilai ibadah, tapi alangkah lebih baik jika diaplikasikan untuk lebih menguatkan iman. Dengan begitu, umat Islam akan lebih meyakini bahwa agama Islam adalah agama yang sebenar-benar agama dan patut untuk diikuti.

4 dari 4 halaman

Fungsi Al-Quran dalam Agama Islam

Al-Qur'an adalah dasar hukum Islam juga memiliki fungsi untuk agama Islam sendiri. Berikut adalah penjelasan secara lengkap terkait fungsi Al-Qur'an dalam agama Islam:

Al-Huda (Petunjuk)

Fungsi Al-Qur'an dalam agama Islam salah satunya adalah sebagai petunjuk. Al-Qur'an menjadi petunjuk untuk umat manusia secara umum, petunjuk untuk orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk untuk orang-orang yang beriman.

Al-Asyifa (Obat)

Kamu tentu sudah pernah mendengar bahwa ayat-ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan mampu menjadi obat yang bisa menyembuhkan suatu penyakit.

Ya, hal tersebut adalah benar adanya dan berdasar atas kuasa Allah Swt. yang menurunkan dan mengangkat penyakit tersebut.

Selain itu, dengan membaca Al-Qur'an juga ampuh untuk mengobati penyakit mental. Tidak hanya dibaca saja, tetapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Al-Mau’izah (Nasihat)

Al-Qur'an adalah dasar hukum Islam yang memiliki fungsi sebagai nasihat. Hal ini karena di dalam Al-Qur'an berisi tentang banyak nasihat serta hikmah untuk umat manusia.

Di mana nantinya hal tersebut bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi manusia di zaman sekarang. Harapannya umat manusia bisa mendapatkan pencerahan dan berjalan sesuai arah yang benar yakni jalannya Allah Swt.

Al-Furqon (Pemisah)

Fungsi Al-Qur'an untuk agama Islam yang terakhir adalah sebagai pemisah. Maksud dari pemisah adalah membedakan antara yang benar dan yang salah serta yang hak dan yang batil.

Dengan hal tersebut, maka manusia bisa menentukan mana yang seharusnya ia kerjakan dan mana yang seharusnya dihindari karena sudah menjadi larangan dari Allah Swt. Yakinlah bahwa apapun yang dilarang oleh Allah Swt. adalah untuk kebaikan umat manusia.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 23/11/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer