Sukses


Macam-Macam Minuman untuk Bantu Sembuhkan Anemia

Bola.com, Jakarta - Macam-macam minuman untuk bantu sembuhkan anemia perlu kamu tahu sehingga kamu bisa menyiapkan dan mengonsumsinya ketika terserang penyakit satu ini.

Anemia adalah (penyakit) kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah; kekurangan butir darah merah.

Banyak orang menganggap sepele anemia, padahal anemia perlu mendapat penanganan serius. Pasalnya, ada bahaya yang mengintai apabila anemia dibiarkan begitu saja. Perlu diketahui, anemia bukan penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Bahaya tersebut di antaranya meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi, kelelahan yang berat dan berkepanjangan, memicu gangguan jantung, memicu depresi, dan sebagainya.

Untuk membantu penyembuhan anemia, saat kamu mengalaminya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu agar suplai darah dalam tubuh bertambah.

Beberapa makanan tersebut seperti daging merah, hati, sayur-sayuran, serta makanan tinggi asam folat seperti kuning telur, ikan teri, susu, dan kacang-kacangan. 

Lantas, apa saja minuman penambah darah yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala dan mengoptimalkan penyembuhan anemia? 

Berikut ulasannya, macam-macam minuman yang bisa bantu menyembuhkan anemia, disadur dari Klikdokter, Rabu (9/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Minuman untuk Bantu Sembuhkan Anemia

1. Jus Jeruk

Minuman penambah darah pertama adalah jus jeruk. Menurut studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, jus jeruk dapat menjadi minuman untuk membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi. 

Mengonsumsi 63 miligram asam askorbat atau vitamin C pada jus jeruk dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga tiga kali lipat. 

Vitamin C memang membantu proses penyerapan zat besi di tubuh. Zat ini nantinya akan menjadi bahan baku hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Meski begitu, konsumsi jus jeruk harus dibarengi dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan, sereal, atau sayuran berdaun hijau. 

Nantinya, kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak dari makanan-makanan tersebut. 

2. Jus Stroberi

Stroberi kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk membantu penyerapan zat besi. Jus stroberi bisa menjadi minuman penambah darah yang menyegarkan. 

Dalam 100 gram buah stroberi terkandung hingga 60 miligram vitamin C. Apabila konsumsinya dikombinasikan dengan menu sehat yang mengandung zat besi, risiko perburukan anemia bisa diminimalkan.

 

 

3 dari 5 halaman

Minuman untuk Bantu Sembuhkan Anemia

3. Jus Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan mengandung besi. Dalam 250 gram tomat, terkandung hampir 1 miligram zat besi.

Maka itu, tomat dapat membantu mencegah perburukan kondisi anemia. Hal ini khususnya jika tomat dikonsumsi berdampingan dengan menu sehat dan bergizi seimbang lainnya.

4. Jus Wortel

Jarang mengonsumsi makanan mengandung vitamin A dapat memperburuk gejala anemia defisiensi zat besi. Sebab, vitamin A bertugas mengolah zat besi menjadi sel darah merah. 

Wortel terkenal mengandung vitamin A tinggi karena kandungan karotenoid di dalamnya. 

Minum satu cangkir jus wortel setiap hari memberikan kamu 45,133 IU vitamin A, yang baik untuk tubuh. 

5. Jus Semangka

Semangka juga merupakan buah yang kaya akan vitamin A. Dalam semangkuk semangka potong bisa terkandung hingga 864,9 IU vitamin A.

 

4 dari 5 halaman

Minuman untuk Bantu Sembuhkan Anemia

6. Jus Prune (Plum Kering)

Jus prune atau kismis (yang terbuat dari plum) memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Minum jus ini secara teratur dapat membantu mengatasi gejala anemia dengan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. 

Setiap satu cangkir jus prune mengandung lebih dari 3 miligram zat besi. Untuk pria dewasa, jumlah ini akan memasok sekitar 38 persen kebutuhan harian nutrisi tersebut. Sedangkan untuk wanita, minum secangkir jus prune dapat memenuhi 17 persen kebutuhan zat besi harian. 

7. Jus Sayuran

Sayur bayam merupakan satu di antara sayuran yang kaya akan zat besi sehingga bisa membantu mencegah perburukan kondisi akibat anemia.

8. Smoothie Tofu

Tidak hanya sebagai bahan utama dari tumisan lezat atau menu sapo tahu yang terkenal, tofu dapat dihaluskan dan dikonsumsi sebagai minuman penambah darah. Pasalnya, sepertiga gelas tofu saja sudah mengandung 2 miligram zat besi!

Tofu boleh dikukus terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Bahan ini juga bisa dimasak dengan sayuran atau bahan lain, bahkan dicampur menjadi smoothies. 

Agar lebih segar, campur tofu atau tahu sutra dengan buah beku, seperti blueberry dan stroberi. Tambahkan pemanis seperti madu supaya rasanya makin lezat. 

 

5 dari 5 halaman

Minuman untuk Bantu Sembuhkan Anemia

9. Susu

Pengidap anemia yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B12 dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan melalui susu. 

Secangkir susu rendah lemak mengandung 1 mikrogram vitamin B12. Jumlah ini hampir memenuhi setengah porsi angka kecukupan gizi harian orang dewasa. 

Untuk kalangan vegan, vegetarian, dan pengidap intoleransi laktosa, bisa mengonsumsi susu dari sumber nabati untuk membantu mengatasi anemia. Secangkir susu kedelai kira-kira sudah bisa mencukupi 50 persen kebutuhan vitamin B harian. 

10. Sesame Seed

Menambahkan biji wijen atau sesame seed ke dalam smoothies juga dapat membantu mengendalikan gejala anemia. Dalam setiap 28 gram sesame seed terkandung hingga hampir 2 miligram zat besi.

 

Disadur dari: Klidokter.com (Published: 30/12/2021)

Silakan klik tautan ini untuk artikel anemia dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer