Sukses


Macam-Macam Minuman yang Cocok Dikonsumsi setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Setelah melakukan olahraga, tentu kamu ingin segera melepas dahaga. Minuman dingin, manis, dan menyegarkan kebanyakan langsung terlintas dalam pikiran.

Hal tersebut wajar terjadi mengingat saat olahraga, keringat kita akan terkuras dan tubuh secara langsung memberi sinyal membutuhkan asupan cairan.

Namun, tidak semua cairan adalah minuman yang baik untuk kamu konsumsi setelah berolahraga. Kamu harus tahu mana minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga.

Maka itu, sebaiknya kamu memilih jenis minuman yang tepat untuk diminum setelah berolahraga. Hal ini berarti minuman tersebut harus dapat mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit ke jumlah yang normal.

Lantas, minuman apa saja yang tepat untuk kita minum setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga?

Berikut macam-macam minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (10/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Minuman yang Cocok Dikonsumsi setelah Olahraga

Air

Merasa lelah atau haus setelah berolahraga? Sudah pasti dirasakan, air adalah jawabannya. Air putih adalah pilihan pasti untuk mengisi kembali cairan yang hilang. Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh kita menggunakan air untuk berfungsi.

Tubuh kita menarik air dari makanan dan cairan untuk mengatur suhu, membuang limbah, dan melumasi sendi, jadi menyediakan air putih adalah cara terbaik dan tercepat untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Minuman Elektrolit

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Di dalamnya terdapat natrium, klorida, kalium, magnesium, dan kalsium yang kita butuhkan.

Ini karena olahraga yang intens, yang mengeluarkan banyak keringat, dapat menguras nutrisi itu dari tubuh, menghasilkan ketakseimbangan elektrolit yang dapat membuatmu merasa lelah dan dehidrasi.

Kembalikan keseimbangan itu dengan bantuan minuman yang mengandung elektrolit. Namun, para ahli menyarankan untuk tetap menggunakan jenis minuman yang rendah gula untuk rehidrasi yang efisien.

3 dari 4 halaman

Minuman yang Cocok Dikonsumsi setelah Olahraga

Air Kelapa

Air kelapa adalah sumber elektrolit alami seperti potasium, natrium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang bagus untuk membantu kamu mengisi kembali mineral yang terkuras setelah berolahraga.

Air ini juga mengandung gula alami, dan dapat membantu memulihkan energimu setelah sesi olahraga yang melelahkan.

Teh tanpa Kafein dan Pemanis

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yang keempat adalah teh tanpa kafein. Jika air terlalu membosankan, minuman segelas teh yang menghidrasi setelah berolahraga. Ramuan kaya antioksidan dapat membantu mendukung hidrasi, pemulihan otot, dan kesehatan secara keseluruhan.

Teh yang direkomendasikan seperti chamomile, jahe, mint, dan teh hijau tanpa kafein. Pastikan untuk memilih jenis yang tanpa kafein karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Minuman yang Cocok Dikonsumsi setelah Olahraga

Susu Cokelat

Susu cokelat adalah pembangkit tenaga dan nutrisi dalam hal pengisian bahan bakar setelah berolahraga, membawa semua komponen bermanfaat untuk bahan bakar pasca olahragan, yakni karbohidrat, protein, cairan, elektrolit.

Nutrisi tersebut dapat membantu memulihkan sumber energi yang terkuras dan memberi tubuh makanan yang dibutuhkan dan memberi energi kembali pada otot yang tertekan karena aktivitas.

Jus Sayuran

Sayuran adalah sumber nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bekerja dengan baik. Jadi, mengapa tidak menggunakan jus hijau ini untuk mengisi bahan bakar setelah berolahraga?

Jus yang mengandung sayuran seperti bit, wortel, dan sayuran lainnya menyediakan vitamin, mineral (termasuk elektrolit), dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan otot dan rehidrasi pasca-latihan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 24/5/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer