Sukses


Arti Sinonim beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Sinoman adalah hubungan semantik yang menyatakan adanya kesamaan makna antara satu kata dengan kata lainnya. Secara sederhana, arti sinonim adalah persamaan kata dengan arti sama atau hampir.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain.

Istilah sinonim ini sering kali digunakan dalam bahasa Indonesia untuk mencari persamaan kata yang memiliki arti yang sama. Dengan adanya sinonim, sebuah kalimat akan makin menarik untuk dibaca.

Selain disebut sebagai persamaan kata, istilah sinonim adalah padanan kata yang memiliki makna dan arti sama sehingga bisa digunakan untuk menulis cerita, fakta dan gagasan dengan kalimat yang baku.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang sinonim, disadur dari Liputan6, Senin (21/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Fungsi Sinonim dalam Bahasa

Persamaan kata dalam bahasa berfungsi untuk menambah variasi pada kalimat. Dengan menggunakan persamaan kata, kalimat yang dibangun bisa lebih bervariatif dan tidak membosankan.

Kata-kata yang bersinonim mampu menghidupkan dan mengonkretkan pemakaian bahasa seseorang. Sebagai penutur bahasa, kamu bisa memilih kata yang paling tepat untuk digunakan agar sesuai dengan konsep dan situasi yang ingin disampaikan.

Meski begitu, kamu perlu memahami bahwa tidak semua kata dalam bahasa Indonesia mempunyai sinonim. Misalnya, kata beras, salju, batu, dan kuning tidak memiliki sinonim.

Ada juga kata-kata yang memiliki persamaan hanya pada bentuk dasar dan tidak pada bentuk lain. Misalnya, kata benar dengan kata betul, "kebenaran" tidak bersinonim dengan "kebetulan".

Selain itu, ada kata-kata yang tidak memiliki sinonim pada bentuk dasar, tetapi bersinonim pada bentuk jadian. Misalnya, kata "jemur" tidak punya sinonim, tetapi kata menjemur mempunyai sinonim, yaitu mengeringkan.

Ada pula kata yang dalam arti sebenarnya justru tidak mempunyai sinonim, tetapi punya dalam arti kiasan. Misalnya, kata "hitam" dalam makna sebenarnya tidak ada sinonimnya, tetapi punya sinonim "gelap" dalam arti kiasan.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Sinonim

1. Sinonim Mutlak

Sinonim mutlak adalah kata yang bisa saling bertukar posisi atau tempat dalam sebuah konteks kebahasaan apa pun tanpa mengubah lesikal dan struktual. Terutama dalam rangkaian kalimat, kata, klausa, atau frasa, terhadap kalimat yang dibuat.

Contoh:

a. Kucing yakni meong.

b. Laris yakni laku.

c. Kosmetik yakni kecantikan.

2. Sinonim Selingkung

Sinonim selingkung adalah kata yang bisa saling bertukar posisi atau tempat dalam sebuah konteks kebahasaan tertentu tanpa mengubah lesikal dan struktual.  

Contoh:

a. Lemah yakni lemas

b. Telaten yakni teliti

3. Sinonim Semirip

Sinonim semirik adalah kata yang bisa saling bertukar posisi dalam sebuah konteks kebahasaan. Pertukaran ini dilakukan tanpa mengubah makna dalam sebuah lesikal dan struktual, terutama dalam rangkaian kalimat, kata, klausa, atau frasa, terhadap kalimat yang dibuat.

Contoh:

a. Melatis yakni menerobos.

b. Lahiriah yakni jasmaniah.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Rizky mandasari. Published: 17/2/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer