Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Minum Soda setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa membuat tubuh lemas dan lelah. Kemudian tenggorokan juga jadi merasa haus setelah tubuh mengeluarkan banyak cairan lewat keringat.

Mengonsumsi sesuatu yang segar seperti minuman bersoda sering dilakukan sebagian orang setelah olahraga. Namun, bolehkah minum minuman soda setelah olahraga?

Yap, kamu harus berhati-hati dalam memilih minuman setelah olahraga. Sebab, mengonsumsi soda usai olahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Tentu kamu tidak mau, minum soda setelah olahraga malah jadi merugikan kesehatan.

Agar lebih waspada, berikut macam-macam risiko minum soda setelah olahraga, disadur dari Klikdokter, Selasa (22/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Menurunkan Performa Olahraga

Faktanya, minum soda usai latihan berisiko menurunkan performa olahraga. Bagi sebagian orang, minuman bersoda yang dikonsumsi bisa memicu perut jadi kembung dan tak nyaman. Terlebih, kondisi ini sering terjadi kepada orang dengan riwayat keluhan lambung. 

Jika dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu singkat, soda mengakibatkan produksi gas di lambung meningkat. Hasilnya, perut terasa kembung atau begah. Kondisi tidak nyaman ini juga bisa terjadi, walau hanya minum soda dalam jumlah sedikit.

Dengan efek samping tersebut, kamu mungkin merasa tidak nyaman untuk melanjutkan sesi olahraga. Dampaknya, performa olahraga jadi menurun dan konsentrasi pikiran jadi terganggu. Apabila olahraga tetap dipaksakan, kamu bisa saja mengalami cedera.

3 dari 4 halaman

2. Menambah Berat Badan

Olahraga merupakan satu di antara cara efektif untuk mengontrol atau menurunkan berat badan. Mengonsumsi minuman bersoda setelah berolahraga, terlebih dalam jumlah banyak, justru memberikan asupan kalori berlebih bagi tubuh.

Akibatnya, kalori yang masuk malah lebih banyak daripada yang dibakar.

Umumnya, minuman bersoda memiliki jumlah kalori yang tinggi. Apabila kamu latihan dan membakar 250 kalori, lalu setelahnya minum soda yang mengandung 300 kalori, manfaat dari olahraga tentunya jadi sia-sia.

Seandainya kebiasaan ini diteruskan, siap-siap terkejut dengan timbangan berat badanmu.

4 dari 4 halaman

3. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Aktivitas olahraga dapat membuat kadar gula darah menurun. Dengan mengonsumsi minuman bersoda setelah olahraga, kadar gula darah bisa langsung meningkat. 

Kondisi ini terjadi karena minuman bersoda mengandung karbohidrat simpleks yang cepat menaikkan kadar gula darah. Kendati demikian, kadar gula darah tersebut juga cepat menurun kembali. 

Akibatnya, kamu akan merasa lapar dan ingin makan lebih banyak dalam waktu berdekatan. Efeknya, bukannya membuat badan segar, minum soda setelah olahraga malah bikin kamu makan dalam jumlah banyak. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/10/2020)

Yuk, baca artikel olahraga lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer