Sukses


Macam-Macam Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memengaruhi Penampilan

Bola.com, Jakarta - Penampilan memiliki banyak komponen yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Misalnya, kulit yang cerah, postur yang baik, dan aroma tubuh yang harum.

Penampilan yang baik juga dapat meningkatkan mood dan kepercayaan diri, meski tidak sedang berada di ruang publik.

Namun, menjaga penampilan bukanlah perkara mudah. Selain menggunakan produk kecantikan yang sesuai, kamu juga mesti memperhatikan kebiasaan sehari-hari.

Dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari, kesehatan tubuh juga akan terjaga. Tubuh yang sehat akan membuat penampilan tubuh terus terjaga.

Berikut macam-macam kebiasaan sehari-hari yang bisa memengaruhi penampilan, disadur dari Klikdokter, Kamis (24/11/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memengaruhi Penampilan

1. Pola makan

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat dan bebas kusam, perlu memerhatikan makanan sehari-hari.

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dan mengurangi konsumsi lemak serta karbohidrat dapat membuat kulit kamu tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Maka itu, ubah pola makanmu mulai sekarang. Batasi konsumsi lemak, karbohidrat, dan gula, yang dapat membuat kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Kekurangan Vitamin

Krim anti-aging mungkin sudah mengandung vitamin C atau E. Namun, asupan dari luar saja ternyata tidak cukup. Kamu mesti memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan, seperti buah, sayuran, dan ikan agar kulit terlindung dari pengaruh buruk radikal bebas.

Makanan kaya antioksidan juga dapat memperlambat proses penuaan. Dengan kata lain, kamu bisa terlihat tua lebih cepat apabila kurang atau tidak mengonsumsi asupan tersebut sama sekali.

3. Kurang Olahraga

Olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan kulitmu. Olahraga rutin akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, yang membawa oksigen dan gizi penting.

Hal itu membantu kulit memproduksi kolagen sehingga kesehatannya tetap terjaga dan kerutan tidak mudah terjadi.

4. Begadang alias Tidak Cukup Tidur

Bergadang dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran mata menghitam, kulit kusam, dan mata sembap. Sebaliknya, tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap hari akan membuat kulit kamutetap sehat.

Perhatikan posisi tidurmu. Usahakan tidur dalam posisi telentang untuk menghindari timbulnya kerutan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memengaruhi Penampilan

5. Terpapar Sinar Matahari Tanpa Pelindungan

Sekitar hampir 90 persen kerusakan kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kerusakan kulit tidak hanya berupa penuaan dini, seperti munculnya flek hitam, dan kerutan, melainkan juga risiko terkena kanker kulit.

Maka itu, gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 jika kamu selalu berada di luar ruangan saat siang hari. Usahakan pula menghindari matahari dari pukul 9 pagi hingga 4 sore.

6. Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih dapat mengganggu kesehatan kulitmu. Faktanya, alkohol bersifat diuretik sehingga dapat membuat tubuh kehilangan cairan. Hal ini dapat menyebabkan kulit kering sehingga lebih mudah mengalami kerutan.

7. Kebiasaan Merokok

Rokok adalah penyebab kedua dari keluhan kerutan dini dan kulit kering. Olahan tembakau ini dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan mengurangi pembentukan jaringan kolagen. Padahal, kolagen yang berkurang sama dengan bertambahnya kerutan di kulit.

8. Tidak Rutin Membersihkan Wajah

Polusi ada di mana-mana. Kendaraan bermotor, udara di dalam ruangan yang kotor, dan asap rokok, semuanya dapat memengaruhi kesehatan kulitmu.

Jika kamu ingin penampilan yang tetap terjaga, jangan sampai lupa untuk membersihkan wajah secara rutin dan teratur menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memengaruhi Penampilan

9. Menggunakan Gawai Sebelum Tidur

Hentikan berurusan dengan gawai setidaknya satu jam sebelum tidur. Benda ini bisa menyebabkan gangguan otot akibat kelelahan memandangnya.

Paparan gadget terlalu lama juga dapat menyebabkan mata lelah dan mata kering. Jika hal tersebut berlangsung dalam jangka panjang dapat merusak penampilanmu.

10. Terlalu Sering Keramas

Keramas penting untuk menjaga kesehatan rambut, serta kulit kepala. Hal ini mesti dilakukan secara rutin dan teratur, tetapi tidak terlalu sering.

Terlalu sering keramas, misalnya setiap hari atau dua kali setiap mandi dapat merusak batang rambut. Jika kamu merasa rambut terasa sangat kering atau mudah lepek, bisa jadi itu akibat dari mencuci rambut terlalu sering.

Keramas sebaiknya dilakukan setiap dua hari sekali, atau setelah memakai produk hair styling.

11. Kurang Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari adalah modal awal bagi tubuh untuk membuang racun dan produk sampingan dengan optimal.

Hasilnya akan terlihat dari penampilanmu, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kulit halus, absennya kantong mata, bibir lembap, dan rambut sehat bersinar, merupakan hal yang bisa kamu rasakan apabila mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari.

12. Tidak Mencintai Diri Sendiri

Mungkin tak banyak yang tahu jika mencintai diri sendiri termasuk hal yang harus menjadi kebiasaan. Rasa cinta dan percaya terhadap diri sendiri akan tecermin dari penampilanmu. Hal tersebut dapat memengaruhi caramu membawa diri.

Bahasa tubuh yang terbuka dari seseorang yang percaya diri dapat menghasilkan persepsi baik dari orang lain terhadap penampilanmu.

Tinggalkan kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu penampilan. Ubah menjadi gaya hidup dan pola makan sehat agar tubuh kamu bagian luar dan dalam senantiasa terjaga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 4/11/2020).

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer