Sukses


Macam-Macam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

Bola.com, Jakarta - Macam-macam gangguan kesehatan akibat penggunaan teknologi perlu kamu tahu sehingga kamu lebih bijak saat menggunakannya.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

Sesuai maknanya, barang-barang tersebut memberikan kemudahan bagi kita. Contohnya komputer, laptop, smartphone, dan sebagainya.

Akan tetapi, tak hanya hal positif yang dibawa oleh teknologi, kehadirannya juga menyertakan dampak negatif, satu di antaranya gangguan kesehatan manusia, baik kesehatan fisik maupun mental.

Masalah-masalah kesehatan akibat penggunaan teknologi tersebut bisa dialami orang dalam segala lapisan usia. 

Maka itu, kita harus menggunakan teknologi secara bijak agar terhindar dari beragam masalah kesehatan yang timbul di kemudian hari.

Berikut macam-macam gangguan kesehatan akibat penggunaan teknologi, disadur dari Klikdokter, Selasa (29/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

1. Mata Pegal dan Kering

Menggunakan gawai selama berjam-jam dapat mengaburkan pandangan dan membuat mata jadi kering. 

Tak hanya pada mata, kamu juga bisa merasakan nyeri pada area tubuh lain, seperti kepala, leher dan atau bahu. Agar hal ini tidak terjadi, terapkan 20-20-20.

Setiap 20 menit melihat layar gadget, gunakan 20 detik untuk melihat hal lain, sejauh 20 kaki (setara dengan 6 meter).

2. Postur Tubuh yang Buruk

Cara menggunakan gadget dan komputer dapat berkontribusi terhadap postur yang salah. Melihat ke bawah dan membungkuk akan memberi tekanan berlebih pada leher dan tulang punggung.

Berjalanlah setelah sejam bekerja apabila memungkinkan agar menghindari perubahan postur.

3. Gangguan Tidur

Penggunaan teknologi yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur. Penyebabnya adalah blue light dari gawai yang terus menstimulasi otak.

Blue light dapat mengganggu ritme sirkadian atau irama tubuh sehingga menyulitkan seseorang untuk tidur. Kamu pun bisa merasa lebih lesu di hari berikutnya.

Jadi, hindari menggunakan gawai 1-2 jam sebelum tidur untuk menghindari dampak negatif teknologi bagi kesehatan. Ganti dengan aktivitas lain, seperti peregangan, membaca buku, atau mandi air hangat.

 

3 dari 5 halaman

Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

4. Bikin Jadi Jarang Gerak

Penggunaan teknologi berlebih memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kematian dini.

Hal ini karena teknologi membuat tubuh kamu jadi mager alias malas gerak. 

Maka itu, lebih baik manfaatkan teknologi yang mendorong produktivitas olahraga. Cara ini mampu menurunkan perilaku sedenter yang bisa memicu penyakit. 

5. Perubahan Struktur Otak

Otak anak masih berkembang dan lebih sensitif terhadap efek teknologi. Masalah kesehatan, seperti ADHD, juga dapat terjadi pada remaja ketika menggunakan media digital secara berlebihan. 

Alihkan screen time ke aktivitas fisik dan hobi lain yang tidak membutuhkan melihat layar gawai atau elektronik lainnya.

6. Obesitas

Dampak negatif teknologi bagi kesehatan yang berikutnya adalah obesitas. 

Orang yang makan sambil menggunakan gawai atau ngemil sambil menonton televisi akan cenderung memilih asupan tidak sehat. Efeknya risiko obestasi pun meningkat (apalagi jika jarang berolahraga). 

Maka, penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin olahraga agar berat badan tetap ideal. 

 

4 dari 5 halaman

Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

7. Menurunkan Kesuburan

Kesuburan pria dapat terganggu saat sering meletakkan laptop di pangkuan. Panas yang dihasilkan laptop bisa memengaruhi kesehatan buah zakar. 

Hal tersebut dapat berujung pada penurunan kualitas sperma pria sehingga menurunkan kesuburan. 

Jika kamu ingin menggunakan laptop dalam posisi duduk dengan lebih santai, sebaiknya gunakan meja penyangga agar laptop tidak bersentuhan langsung dengan tubuh. 

Selain itu, dengan menggunakan meja dapat membantu untuk menjaga posisi yang ergonomis.

8. Cedera Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

Ternyata, satu dari empat kecelakaan mobil terjadi karena pengemudi sedang menggunakan ponsel pintar. 

Hindari menggunakan gawai saat menyetir agar fokus dan perhatianmu tidak terpecah. Risiko kecelakaan lalu lintas pun bisa ditekan.

Upaya pemerintah untuk mencegah kecelakaan juga dilakukan dengan menilang pengendara kendaraan bermotor yang berkendara sambil menggunakan handphone. 

Hal ini karena selain berisiko membahayakan diri sendiri, juga bisa membahayakan orang lain di sekitarnya.

 

5 dari 5 halaman

Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

9. Isolasi

Satu di antara dampak negatif penggunaan teknologi bagi tubuh manusia adalah perasaan terisolasi. 

Media sosial pada hakikatnya dirancang untuk menyatukan banyak orang, meski nyatanya tak selalu begitu.

Menurut sebuah studi, orang dewasa berusia 19-32 tahun dengan penggunaan media sosial yang tinggi, tiga kali lebih merasa terisolasi secara sosial dibandingkan yang tidak menggunakan media sosial sesering mereka.

10. Depresi dan Kecemasan

Interaksi media sosial yang positif akan berdampak pada kadar depresi dan kecemasan yang rendah. Namun, hal sebaliknya juga terjadi.

Dengan interaksi media sosial yang negatif, seseorang akan mengalami kadar depresi dan kecemasan yang tinggi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/6/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer