Sukses


Arti Khalifah beserta Sejarah dan Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Khilafah merupakan kata lain seorang pemimpin dalam bahasa Arab yakni Khalf. Khalifah adalah gelar yang diberikan untuk penerus nabi Muhammad saw. dalam kepemimpinan umat Islam.

Khalifah adalah sistem pemerintahan yang populer diterapkan pada masa awal kejayaan Islam setelah wafatnya nabi Muhammad saw.

Secara umum, setiap manusia adalah khalifah di muka bumi. Di mana Allah menyebut nabi Adam sebagai seorang khalifah yang diturunkan, seperti dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 30.

Dalam Al-Qur'an, Allah menyebut dua kali kata khalifah. Pertama, terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 30, "Inni ja'il fi al-ardh khalifah". Kemudian yang kedua, terdapat dalam surah Al-Shad ayat 26, "Ya Dawud inna ja'alnaka khalifah fi al-ardh".

Khalifah dapat diartikan sebagai pengganti atau wakil, dalam hal ini pengganti atau wakil Allah di muka bumi dan dapat diartikan juga sebagai pemimpin.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang Khalifah, disadur dari Liputan6, Senin (28/11/2022).

2 dari 4 halaman

Sejarah Khalifah

Dalam sejarahnya, peran khalifah dan bentuk kekhalifahan memiliki beragam corak yang dipengaruhi keadaan politik dan keagamaan pada masa tersebut.

Dilihat dari latar belakang khalifah, kekhalifahan dibagi ke dalam empat periode: Kekhalifahan Rasyidin (632–661), Kekhalifahan Umayyah (661–750), Kekhalifahan Abbasiyah (750–1258 dan 1261–1517), dan Kekhalifahan Utsmaniyah (1517–1924).

Kekhalifahan dimulai seiring dibaiatnya Abu Bakar sebagai pemimpin umat Islam, tepat setelah meninggalnya nabi Muhammad tahun 632.

Abu Bakar dan tiga penerusnya, serta semua sahabat nabi memiliki hubungan kekerabatan dengan Nabi Muhammad. Semua orang tersebut dikelompokkan sebagai Khulafaur Rasyidin atau Kekhalifahan Rasyidin.

Pemilihan keempat khalifah pertama ini didasarkan melalui musyawarah dan kepantasan pribadi calon sehingga Kekhalifahan Rasyidin kerap dipandang sebagai bentuk awal demokrasi Islam.

Setelah perang saudara pertama di pengujung masa Kekhalifahan Rasyidin, Hasan bin 'Ali menyerahkan tampuk kekuasaan kepada Mu'awiyah yang kemudian mengubah bentuk kekhalifahan menjadi monarki-dinasti, sekaligus menandai dimulainya masa Kekhalifahan Umayyah.

Berpusat di Damaskus, Bani Umayyah memegang tampuk kekhalifahan selama hampir seabad sebelum akhirnya digulingkan kelompok Abbasiyah yang mendirikan kekhalifahan-dinasti mereka sendiri mulai tahun 750.

Berbeda dengan masa Khulafaur Rasyidin atau Umayyah, khalifah pada masa Abbasiyah tidak lagi memimpin secara langsung seluruh wilayah dunia Islam dan wilayah kekuasaannya hanya berkisar di kawasan Mesopotamia.

Beberapa kepala negara muslim (bergelar amir atau sultan) memimpin wilayah kekuasaan mereka secara mandiri tanpa campur tangan khalifah.

Meski begitu, khalifah tetap dipandang sebagai pemimpin dunia Islam secara keseluruhan dan kepala negara muslim yang lain memberikan ketundukkan mereka secara simbolis kepada khalifah.

Berbeda dengan Umayyah yang sangat bercorak Arab, Abbasiyah yang berpusat di kawasan Mesopotamia memberikan corak Persia yang kental pada kekhalifahan.

3 dari 4 halaman

Fungsi Khalifah

Berikut ini beberapa fungsi khalifah adalah:

1. Membawa kebenaran.

2. Bertindak seadil-adilnya.

3. Membawa rakyat ke jalan yang benar.

4. Mengayomi masyarakat kejalan yang benar.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Khalifah dan Sultan

Khalifah berbeda dengan sultan. Bila khalifah adalah pemimpin seluruh umat Islam (baik secara hierarkis atau hanya sekadar simbolis), sultan merupakan kepala dari suatu negara muslim tertentu dan bukan pemimpin umat Muslim secara keseluruhan.

Kedua gelar ini kerap disamakan pada masa-masa sekarang, sangat mungkin lantaran penguasa Utsmani (negara adidaya muslim terakhir pada milenium kedua) memegang kedua gelar ini secara bersamaan.

Penguasa Utsmani merupakan seorang sultan dalam kapasitasnya sebagai kepala negara Utsmaniyah dan sebagai khalifah dalam artian pemimpin simbolis seluruh umat Islam.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 30/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer