Sukses


Cara Efektif Menjaga Kesehatan Tulang, Bisa Diterapkan dengan Mudah

Bola.com, Jakarta - Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah 'remaja jompo' yang ditujukan kepada mereka yang masih berusia muda, tetapi memiliki penyakit yang berkaitan dengan tulang, satu di antaranya seperti encok.

Hal tersebut membuktikan bahwa tidak hanya orang dewasa, tetapi mulai remaja juga perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Tulang bertugas melindungi organ-organ dalam tubuh, serta menyimpan sekaligus melepaskan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka itu, penting untuk menjaganya agar tetap sehat.

Menjaga kesehatan tulang sebenar tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara yang dapat kamu cermati untuk menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh, seperti melakukan olahraga secara rutin, rajin mengonsumsi sayuran, serta menghentikan kebiasaan merokok.

Berikut cara efektif menjaga kesehatan tulang, yang bisa diterapkan dengan mudah, seperti dikutip dari Healthline, Minggu (4/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Tulang

1. Menjaga Asupan Kalsium

Kalsium adalah mineral terpenting untuk kesehatan tulang dan merupakan mineral utama yang ditemukan di tulang.

Lantaran sel-sel tulang yang tua terus-menerus dipecah dan diganti dengan yang baru, penting untuk mengonsumsi kalsium setiap hari untuk melindungi struktur dan kekuatan tulang.

Selain itu, menjaga asupan makanan yang mengandung banyak kalsium dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah berbagai masalah tulang, seperti osteroporosis dan tulang mudah patah.

2. Menjaga Asupan Protein

Mendapatkan cukup protein penting untuk kesehatan tulang. Faktanya, sekitar 50 persen tulang terbuat dari protein.

Kekurangan asupan protein membuat tulang menyerap kalsium lebih sedikit daripada makanan yang kamu konsumsi, hal tersebut membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, telur, dan ikan secara rutin setiap hari sehingga tulangmu terjaga kesehatannya.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Merokok berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak terkecuali kesehatan tulang. Kandungan bahan kimia yang ada pada rokok dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang.

Mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi minuman beralkohol membantumu menjaga kesehatan tulang karena terlalu banyak alkohol mengurangi kepadatan tulang, yang berakhir dengan munculnya osteopororsis.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Tulang

4. Mengonsumsi Banyak Sayuran

Mengonsumsi sayuran dengan teratur setiap hari memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, tak terkecuali kesehatan tulang.

Sayuran kaya kandungan berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, satu di antara yang terkandung adalah vitamin C.

Vitamin C bersifat antiokisidan yang dapat menangkal radikal bebas dan berfungsi membantu pembentukan sel-sel tulang. Selain itu, nutrisi di dalam sayuran dapat menjaga kepadatan tulang.

5. Konsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung berbagai macam nutrisi yang menyehatkan tubuh secara keseluruhan, satu di antaranya vitamin D.

Vitamin D merupakan satu di antara vitamin yang penting karena asupan vitamin D membantu tulang untuk menyerap kalsium yang dapat menjaga kepadatan tulang.

Kamu dapat mengonsumsi minyak ikan dalam suplemen secara rutin setiap hari karena minyak ikan cenderung tidak memiliki efek samping.

6. Konsumsi Kentang

Satu di antara manfaat kentang adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kentang dapat dikonsumsi setiap hari sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

Kentang mengandung magnesium dan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalium mengontrol asam di dalam tubuh, yang dapat menyerap kalsium dari tulang.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu dapat mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang, usahakan untuk tidak menggorengnya karena dapat menambah lemak dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Tulang

7. Memperhatikan Berat Badan

Selain menjaga asupan kalsium serta protein, menjaga berat badan yang ideal membantu mendukung kesehatan tulang dan menjauhkannya dari berbagai penyakit, misalnya kekurangan berat badan meningkatkan risiko osteopenia dan osteoporosis. 

Hal ini terutama terjadi pada wanita usia lanjut yang telah kehilangan efek pelindung tulang dari estrogen.

Berat badan yang rendah merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap penurunan kepadatan tulang dan pengeroposan tulang pada kelompok usia ini.

8. Melakukan Olahraga secara Rutin

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin memberikan efek baik bagi kesehatan tulang karena dapat menjaga kepadatan dan massa tulang.

Dengan olahraga secara rutin setiap hari, dapat menjaga kekuatan otot dan keseimbangan tubuhmu, dan menjaga tulang agar tidak keropos.

Satu di antara olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan tulang adalah angkat beban. Dengan mengangkat beban, khususnya mereka yang memiliki umur di atas 30 tahun, dapat menjaga massa tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer