Sukses


Cara Efektif Mengatasi Diare yang Layak Dicoba

Bola.com, Jakarta - Diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami buang air besar (BAB) berkali-kali dengan feses encer. Hal ini merupakan kondisi yang umum dan bisa menyerang siapa saja.

Diare bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang terkontaminasi oleh kuman, kotoran atau racun.

Normalnya diare akan membaik dalam waktu 3-4 hari tanpa perawatan medis, tetapi untuk mempercepat penyembuhannya ada beberapa cara mengobati diare dengan cepat dan efektif yang bisa dicoba.

Selain membuat frekuansi buang air besar menjadi lebih sering, pengidap diare bisa merasakan mulas yang sangat menganggu serta mual-mual.

Seseorang yang mengalami beberapa gejala diare harus segera mendapatkan penanganan. Jika tidak, penyakit tersebut akan menjadi lebih parah.

Berikut cara efektif mengatasi diare yang layak untuk dicoba, seperti dikutip dari Healthgrades, Selasa (6/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengatasi Diare

1. Konsumsi Pisang

Buah yang satu ini dikenal sebagai obat diare alami karena kaya akan kalium yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang.

Selain elektrolit, pisang mengandung serat dan pektin yang dapat membantu menyerap cairan di dalam usus. Dengan kandungan tersebut, feses yang keluar dari tubuh tidak akan berair dan berbentuk lebih padat.

2. Konsumsi Kentang

Sama halnya buah pisang, kentang juga kaya kandungan kalium yang dibutuhkan untuk mengurangi gejala diare.

Buatlah olahan dari kentang dengan cara dikukus agar kamu dapat mengonsumsinya dengan lebih nikmat. Pastikan kamu tidak menambah mentega atau saus pedas karena bahan makanan tersebut dapat memperparah kondisi diare.

3. Minum Rebusan Jahe

Dikenal sebagai rempah yang bersifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri, jahe menjadi satu di antara obat diare alami terbaik. Terlebih, jahe mengandung antioksidan yang berefek baik untuk sistem pencernaan dalam perut.

Untuk memanfaatkannya, cukup rebus irisan jahe dan minum selagi hangat. Selain menyembuhkan, teh jahe bermanfaat untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengatasi Diare

4. Menambah Asupan Cairan

Tubuh kehilangan banyak cairan dan mineral selama diare yang dapat menyebabkan dehidrasi. Saat diare, kamu disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 2-3 liter air putih per hari.

Selain air putih, asupan cairan bisa didapatkan dari makanan dan minuman lain, seperti sup, kuah kaldu, dan jus buah yang kaya kandungan air.

5. Makan dengan Porsi Kecil

Saat mengalami diare, usahakan agar porsi makan tidak terlalu banyak. Makan dengan porsi yang kecil merupakan cara aman untuk mengatasi diare.

Saat kamu terserang diare, usus dipaksa untuk bekerja lebih keras. Maka itu, diare akan lebih lama sembuh jika beban kerja usus tidak dikurangi.

6. Konsumsi Jambu Biji

Sejak dahulu, jambu sudah dipercaya efektif mengobati diare. Beberapa kandungan pada jambu biji, seperti vitamin C dan flavonoid, berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Maka itu, jambu biji berfungsi efektif untuk mengobati diare secara alami. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi jus. 

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengatasi Diare

7. Konsumsi Yoghurt

Saat diare, kamu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi produk susu seperti susu cair atau keju karena laktosa atau kandungan gula dalam susu dapat memperparah diare.

Namun, yoghurt dan kefir yang merupakan olahan susu fermentasi, merupakan pengecualian. Kedua olahan tersebut mengandung prebiotik yang ampuh melawan kuman penyebab diare dalam saluran pencernaan. Olahan susu ini juga rendah kandungan laktosa atau gula alami yang terdapat pada susu.

8. Temukan Penyebabnya

Dokter dapat membantumu menentukan penyebab munculnya diare dan bisa memberi kamu petunjuk untuk menghilangkannya.

Misalnya, diare dapat dikaitkan dengan bakteri atau virus, antibiotik, penyakit usus, dan kepekaan terhadap makanan. Mengobati kondisi yang mendasarinya dapat meringankan diare yang kamu alami.

 

Sumber: Healthgrades

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer