Sukses


Macam-Macam Hal yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Sinar Matahari

Bola.com, Jakarta - Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami bagi tubuh. Dengan kandungan vitamin D tersebut, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sinar matahari, terutama matahari pagi.

Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, mendapat paparan sinar matahari bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Dengan begitu, jangan sungkan untuk beraktivitas di luar ruangan khususnya pada pagi hari. Vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari berguna bagi kesehatan.

Akan tetapi, dengan berbagai manfaatnya, masih banyak orang yang memilih untuk menghindari paparan sinar matahari. Alasannya karena terlalu panas dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya.

Padahal, kekurangan sinar matahari akan memicu defisiensi vitamin D. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. 

Lantas, apa saja yang akan terjadi jika tubuh kekuarangan sinar matahari?

Berikut macam-macam hal yang terjadi jika tubuh kekurangan sinar matahari, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (9/12/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Hal yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Sinar Matahari

1. Gangguan Depresi 

Paparan sinar matahari dianggap meningkatkan pelepasan hormon yang disebut serotonin. Serotonin dikaitkan dengan peningkatan suasana hati serta membantu seseorang merasa tenang dan fokus.

Kekurangan sinar matahari bisa membuat kadar serotoninmu turun. Kondisi ini dihubungkan dengan risiko depresi mayor. Inilah dampak kekurangan sinar matahari yang perlu kamu perhatikan.

2. Masalah Jantung

Vitamin D yang diproduksi tubuh berperan untuk melindungi dirimu dari beberapa jenis penyakit. Satu di antaranya adalah penyakit jantung.

Tanpa sinar matahari, tubuh akan kesulitan memproduksi vitamin D. Padahal, sinar ultraviolet (UV) ini berperan untuk mengatur tekanan darah. Dengan demikian, bahaya kekurangan sinar matahari dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Hal yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Sinar Matahari

3. Kanker

Sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kanker kulit. Namun, dalam jumlah sedang sinar matahari memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Menurut peneliti, mereka yang tinggal di daerah dengan sinar matahari lebih sedikit cenderung menderita beberapa jenis kanker tertentu. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang tinggal di tempat dengan lebih banyak paparan matahari.

Jenis kanker akibat kekurangan sinar matahari meliputi:

  • Kanker usus besar
  • Limfoma Hodgkin
  • Kanker ovarium
  • Kanker pankreas
  • Kanker prostat

4. Osteoporosis

Vitamin D yang berasal dari sinar matahari berperan besar dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan kadar yang cukup, vitamin D dapat menjagamu dari serangan osteoporosis dan kelainan tulang lainnya. 

5. Multiple Sclerosis

Kekurangan sinar matahari yang berujung pada kurangnya vitamin D berkaitan dengan risiko multiple sclerosis (MS).

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat.

Pada orang dengan MS, sistem kekebalan menyerang sel-sel di mielin, selubung pelindung yang mengelilingi saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Kerusakan pada selubung mielin mengganggu sinyal saraf dari otak ke bagian lain dari tubuhmu. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan gejala yang memengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan mata.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Hal yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Sinar Matahari

6. Artritis dan Fibromyalgia

Artritis atau fibromyalgia pada orang dewasa bisa terjadi akibat kekurangan sinar matahari. Hal ini berkaitan dengan vitamin D yang dihasilkan.

Orang dewasa yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari sering merasakan nyeri pada otot dan tulang mereka, atau mungkin merasa agak kaku di pagi hari. 

Nutrisi seperti kalsium dan kolagen mampu bekerja sama untuk membangun tulang. Namun, tanpa dosis vitamin D yang tepat, prosesnya akan terganggu.

Alhasil, tulangmu benar-benar bisa sakit dan muncul sensasi seperti berdenyut.

7. Rakhitis dan Osteomalasia

Rakhitis merupakan kelainan yang menyebabkan tulang lemah dan lunak. Hal ini disebabkan oleh defisiensi vitamin D.

Pada orang dewasa, kondisi tulang yang lunak disebut osteomalasia.

8. Insomnia

Jika kamu kekurangan sinar matahari akibat sering berada di dalam ruangan, kamu dapat menghilangkan ritme sirkadian (jam internal tubuh). Hal ini berarti tidur malammu bisa terganggu. 

Kondisi tersebut dapat dengan mudah berlanjut memicu insomnia jika terjadi secara terus-menerus.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 14/1/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer