Sukses


Cara Mengatasi Otot Pegal setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Otot pegal setelah olahraga adalah keajadian yang biasa dialami ketika melakukan olah fisik secara intens atau sembarangan.

Pada umumnya, keluhan otot pegal terjadi akibat tidak adanya pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah olahraga.

Padahal, pemanasan penting untuk menyiapkan tubuh menghadapi gerakan yang kompleks. Sedangkan pendinginan penting untuk merelaksasi otot tubuh yang tegang akibat digunakan untuk melakukan gerakan tersebut.

Tidak hanya itu, otot pegal bisa terjadi akibat intensitas, frekuensi, durasi, dan jenis olahraga yang tidak sesuai dengan kondisi fisikmu.

Keluhan tersebut pun bisa kamu rasakan apabila tidak paham betul langkah-langkah melakukan suatu gerakan saat berolahraga.

Agar lebih paham lagi, berikut cara mengatasi otot pegal setelah olahraga, disadur dari Klikdokter, Sabtu (10/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Otot Pegal setelah Olahraga

Pijat

Pijat yang dilakukan dengan benar dapat membuat otot-otot yang tegang kembali relaks. Dengan tekanan lembut di area yang tepat, pijat juga bisa membantu mengurangi intensitas keluhan yang kamu alami.

Kompres es

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi otot pegal setelah olahraga adalah mengaplikasikan kompres es pada area yang mengalami keluhan. Tindakan ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Sebagai cara alternatif untuk mengatasi otot pegal setelah olahraga, kamu bisa berendam di air dingin. Hindari berendam terlalu lama agar tubuh kamu tidak kedinginan.

Obat pereda nyeri

Kamu juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol dan ibuprofen untuk mengurangi keluhan. 

Agar tidak terjadi efek samping yang merugikan, berkonsultasilah terlebih dulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 4/12/2019)

Yuk, baca artikel olahraga lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer