Sukses


Macam-Macam Pemanasan sebelum Berenang agar Tidak Kram

Bola.com, Jakarta - Renang adalah olahraga yang asik dan menyenangkan. Namun, sering kali orang abai melakukan pemanasan sebelum menceburkan diri ke kolam.

Padahal, pemanasan sebelum renang itu penting untuk mencegah kram. Kram terjadi apabila otot di tubuh berkontraksi secara tiba-tiba.

Keadaan ini umumnya terjadi saat kamu melakukan gerakan tertentu yang tidak biasa dilakukan dalam waktu yang relatif lama.

Beberapa bagian tubuh yang bisa mengalami kram, yaitu perut, betis, dan bagian kaki lainnya. Penyebab kram, satu di antaranya karena kamu tidak melakukan pemanasan.

Pada dasarnya, pemanasan bertujuan untuk menyiapkan otot tubuh sebelum kamu benar-benar menggunakannya.

Berikut macam-macam pemanasan sebelum berenang agar tidak kram, disadur dari Klikdokter, Senin (12/12/2022).

2 dari 2 halaman

Macam-Macam Pemanasan Sebelum Berenang agar Tidak Kram

Plantar fascia stretch

Telapak kaki adalah bagian yang paling sering mengalami kram saat melakukan gerakan renang apa pun. Agar hal itu tidak terjadi, kamu mesti melakukan gerakan plantar fascia stretch.

Meski terdengar asing, gerakan pemanasan ini mudah untuk dilakukan. Caranya, carilah dinding yang bisa kamu jadikan sandaran. Lalu, tempelkan bagian jari-jari kaki ke dinding itu dan berikan tekanan pada jari kaki kamu dengan menekuknya.

Jika tidak ada dinding, kamu bisa melakukannya sambil duduk. Namun, kamu butuh kedua tangan untuk memegang bagian tersebut. Tangan kanan untuk menekuk jari-jari menghadap ke atas, tangan kiri untuk menahan tumit. 

Alternative plantar fascia relieve

Mirip dengan plantar fascia stretch. Bedanya, kamu dapat menggunakan alat bantuan berupa bola tenis.

Caranya, kamu tinggal menaruh bola tenis di bawah telapak kaki. Lalu, gerak-gerakkan bola itu dengan telapak kakimu. Saat melakukannya, pastikan posisi telapak kaki tidak lemas. Telapak kaki mesti diregangkan sehingga jari-jari menjadi lebih terangkat. 

Gastrocnemius stretch

Sesudah dua gerakan sebelumnya, kamu bisa melakukan pemanasan gastrocnemius stretch. Caranya mudah, kamu mesti berdiri dengan satu kaki di depan dan kaki yang satunya lagi di belakang.

Lalu, tekuk dengkul kaki bagian depan dan biarkan kaki bagian belakang lurus hingga tumit menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama beberapa hitungan dan lakukan beberapa kali pengulangan pada kedua kaki.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer