Sukses


Cara Sederhana agar Menjadi Lebih Bahagia

Bola.com, Jakarta - Bahagia adalah sesuatu yang tidak bisa diukur dengan apa pun. Terkadang, orang yang kita kira bahagia, ternyata tidak bahagia terhadap hidupnya.

Hidup bahagia itu tidak bergantung kepada orang lain, tetapi dimulai dari dalam diri sendiri. Cara berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah memiliki hidup lebih bahagia.

Itulah mengapa, coba untuk bisa bersyukur dalam setiap kondisi kehidupan. Menerima dengan keikhlasan serta lapang dada, sambil terus mengusahakan yang terbaik.

Sebagai penekanan, jangan sampai karena kamu terlalu 'sibuk' mengejar kebahagiaan, kamu justru tidak menikmati kehidupan dan seisinya.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar kamu lebih bahagia, satu di antaranya tidak mudah iri dengan orang lain.

Berikut cara sederhana agar menjadi lebih bahagia, seperti dikutip dari Inspiringtips, Rabu (14/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana agar Menjadi Lebih Bahagia

1. Jujur

Ada kebahagiaan murni dalam kebebasan. Dan ketika ada kebenaran, ada juga kebebasan. Bebaskan dirimu dan berbahagialah dengan selalu mempraktikkan kejujuran. 

Jangan berbohong atau membuat janji yang tidak bisa kamu penuhi. Hiduplah hanya menurut caramu yang sebenarnya. Berutang hanya jika kamu benar-benar mampu membayar. Katakan 'tidak' jika itu tidak dan 'ya' jika itu ya.

2. Miliki Kebijaksanaan

Kamu tidak perlu menjadi orang yang cerdas untuk memiliki kebijaksanaan. Untuk mendapatkan kebijaksanaan, rajinlah mempelajari hukum dan aturan yang ada di negara atau daerahmu. Bacalah buku-buku bagus dari gereja atau agama yang kamu anut.

Setelah memiliki pengetahuan tentang apa yang benar dan salah, ikuti saja apa yang benar. Dengan melakukan apa yang benar, tindakanmu akan memberikan lebih banyak hasil, yang akan membuat hidupmu lebih bahagia.

3. Nikmati Hal-hal yang Tidak Bisa Dibeli dengan Uang

Jika kamu menginginkan kebahagiaan yang langgeng, letakkan kebahagiaanmu pada hal-hal yang tak ternilai harganya, seperti cinta sejati, keluarga, teman baik, kehormatan, martabat, integritas, dan kenangan indah. 

Jangan tempatkan kegembiraanmu pada hal-hal materi, seperti uang, mobil, dan perhiasan karena hal-hal ini tidak bertahan selamanya.

4. Berolahraga secara Teratur

Olahraga membantu tubuh kita melepaskan endorfin, bahan kimia yang membantu kita meningkatkan tingkat kesenangan dan membebaskan kita dari stres atau rasa sakit. Jadi, jika kamu ingin bahagia, olah tubuhmu, dan terus bergerak. Bersemangatlah untuk menjadi lebih kuat dan lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Cara Sederhana agar Menjadi Lebih Bahagia

5. Kenali Diri

Selalu luangkan waktu untuk bermeditasi dan menenangkan batin. Hal itu akan membantumu merenungkan hal-hal yang terjadi di sekitarmu, menemukan tujuan hidupmu, dan bersemangat untuk memenuhi takdir atau jalan yang kamu pilih.

6. Miliki Pengendalian Diri

Jika kamu ingin hidup bahagia, disiplinkan dirimu untuk tidak mengambil keputusan dan melakukan hal-hal yang dapat membuatmu sedih dan menyesal di kemudian hari. Kendalikan dirimu untuk tidak melakukan dosa, yang pasti akan membawa kesengsaraan di hari-hari mendatang.

7. Miliki Keseimbangan

Keseimbangan adalah apa yang membuat kita melanjutkan hidup, tidak peduli seberapa bergelombang jalan yang kita ambil. 

Bagaimana kita menciptakan keseimbangan dalam hidup? Sama seperti mengendarai sepeda, kita mencapai keseimbangan dengan berlatih. Kita juga mencapai lebih banyak keseimbangan dengan menenangkan pikiran kita, bukan dengan panik.

8. Sadari Betapa Beruntung atau Diberkatinya Kamu

Jangan terlalu fokus pada kemalanganmu. Lihatlah sisi positif dari kehidupan. Pasti kamu memiliki beberapa berkah tersembunyi. Ini bisa menjadi orang-orang yang terus-menerus mencintaimu dan merawatmu tidak peduli apa, atau bahkan kehidupan itu sendiri yang masih kamu miliki.

4 dari 4 halaman

Cara Sederhana agar Menjadi Lebih Bahagia

9. Istirahat dan Berhenti Sejenak

Terkadang, yang kita butuhkan untuk mengatasi kecemasan dan kesedihan adalah memperlambat dan meluangkan waktu untuk menjernihkan pikiran dan kembali sadar. Ketika segala sesuatunya menjadi terlalu cepat, belajarlah untuk memperlambat.

 Saat hati dan pikiran terasa berat, istirahatlah. Selalu beri dirimu istirahat untuk bersantai, memperbaiki, dan meremajakan.

10. Menjadi Diri Sendiri

Untuk sepenuhnya menghilangkan rasa iri, berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Fokus pada bagaimana kamu bisa menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri daripada bagaimana kamu bisa lebih unggul dari orang lain. 

Jadi, berkonsentrasilah untuk melampaui dirimu sendiri, bukan orang lain.

11. Mengatasi Rasa Iri

Kecemburuan dapat membunuh kegembiraan dalam hidupmu. Oleh karena itu, atasi segala rasa iri yang kamu rasakan di hati dengan belajar bagaimana menjadi puas dan bersyukur atas apa yang kamu miliki.

12. Maafkan Mereka yang Menyakitimu

Maafkan orang yang menyakitimu, termasuk diri sendiri. Berdoa atau bermeditasi untuk menyembuhkan patah hatimu. Sekali lagi, luangkan waktumu untuk penyembuhan.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer