Sukses


Cara Mendidik Anak di Era Digital, Orang Tua Wajib Tahu

Bola.com, Jakarta - Seiring berkembangnya zaman, teknologi terus bergerak ke arah yang makin maju. Saat ini, kita hidup di era yang serba digital.

Hal tersebut memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Adanya teknologi memudahkan dalam berkomunikasi dan persebaran informasi.

Tak hanya itu, teknologi membantu dalam proses pembelajaran dan bisa menstimulasi otak untuk menumbuhkan kekreativitasan.

Orang tua memiliki peran tanggung jawab yang penting dalam pengawasan anak terhadap teknologi. Jika tidak dikontrol, teknologi bisa membawa dampak buruk bagi tumbuh kembang anak.

Jangan sampai anak menjadi kecanduan teknologi yang mengakibatkan kelelahan fisik, gangguan mental dan sosial yang membuat anak kesulitan dalam bergaul di kehidupan nyata, hingga menyebabkan anak kesulitan untuk berkonsentrasi.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memberi arahan dan edukasi terhadap anak dalam pemanfaatan teknologi di era digital. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak di era digital?

Berikut ini cara mendidik anak di era digital yang perlu diketahui orang tua, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Rabu (14/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mendidik Anak di Era Digital

  • Mengarahkan Penggunaan Perangkat dan Media Digital dengan Tepat

Terkadang anak-anak menggunakan teknologi media digital tanpa pengawasan. Jika tidak dipantau, dikhawatirkan mereka bisa mengakses konten-konten negatif ataupun konten yang belum sesuai dengan usia sang anak.

Maka itu, orang tua harus terus memantau dan juga mengarahkan anak-anak dalam hal penggunaan perangkat dan media digital.

  • Mengimbangi Waktu Penggunaan Media Digital dengan Interaksi di Dunia Nyata

Tak jarang anak-anak keasyikan jika sudah bermain dengan perangkat digital. Bahkan, apabila sudah kecanduan bisa membuat anak kurang berinteraksi dengan dunia yang sebenarnya.

Orang tua bisa mengajarkan anak untuk menyeimbangkan antara menggunakan teknologi digital dengan memperkenalkan aktivitas-aktivitas lainnya seperti berkebun, bersosialisasi dengan tetangga, ataupun berolahraga.

3 dari 3 halaman

Cara Mendidik Anak di Era Digital

  • Memilihkan Aplikasi yang Positif untuk Anak

Seperti diketahui, teknologi bagaikan pedang bermata dua. Di lain sisi bisa bermanfaat untuk hal-hal yang positif, tetapi bisa juga digunakan untuk hal-hal yang negatif.

Maka itu, peran orang tua sangat penting untuk mengarahkan anak menggunakan aplikasi-aplikasi yang positif, terutama dalam hal pembelajaran.

  • Menggunakan Perangkat Digital dengan Bijaksana

Orang tua harus memberikan contoh penggunaan perangkat digital yang bijaksana. Contohnya seperti meletakkan perangkat komputer di ruang terbuka yang mudah dilihat dan tidak menggunakan perangkat digital pada saat berinteraksi atau berkegiatan dengan orang lain.

Kemudian tidak menggunakan perangkat digital sebelum tidur, atau mengatur batasan penggunaan perangkat digital secara seimbang sesuai usia anak.

  • Menelusuri Kegiatan Anak di Dunia Maya

Terkadang orang tua tidak mengetahui hal apa saja yang diakses di dunia maya. Orang tua dapat memantau dan mengarahkan situs web dan media sosial yang mendukung tumbuh kembang anak, dan pastikan anak tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai usia.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer