Sukses


Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Bikin Tubuh Lebih Sehat

Bola.com, Jakarta - Media sosial kerap mendapat kritik karena dinilai memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Hal ini karena media sosial membuat penggunanya menjadi kurang aktif, bahkan banyak yang menjadi terisolasi.

Padahal, daripada sekadar jadi media pamer atau sumber gosip, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk bikin tubuh lebih sehat.

Di luar popularitasnya yang negatif, apalagi dengan banyaknya lembaga yang mengingatkan masyarakat untuk menggunakan media sosial secara bijak, media sosial bisa bermanfaat jika digunakan dengan benar.

Mulai networking, meningkatkan motivasi, serta mempelajari berbagai hal baru bisa diperoleh dari bermedia sosial secara bijak. Manfaat lain, bisa menjadi panduan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Agar lebih paham lagi, berikut cara memanfaatkan media sosial untuk bikin tubuh lebih sehat, disadur dari Klikdokter, Kamis (15/12/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Bikin Tubuh Lebih Sehat

1. Melihat video tutorial olahraga yang tepat

Dengan adanya internet, media sosial, serta platform lainnya, segala hal bisa diakses dengan mudah, termasuk video tutorial mengenai berbagai jenis olahraga.

Coba follow atau subscribe akun-akun tertentu yang punya konten yang dapat memandumu berlatih fisik. Mulai yoga, senam aerobik, latihan ketahanan, angkat beban, hingga TRX.

Jika ini dimanfaatkan secara benar, kamu jadi bisa lebih berhemat tanpa harus keluar uang menjadi anggota gym!

Dengan kemudahan akses dalam menyaksikan jutaan konten video tutorial olahraga seperti ini, tentu bisa menambah motivasi. Namun, pastikan video yang kamu ikuti berasal dari sumber terpercaya alias verified.

2. Mencari inspirasi resep sehat

Ketimbang menghabiskan waktu melihat video kocak atau memes, lebih baik menggunakan waktu untuk mencari aneka resep sehat yang sedang tren. Sudah ada banyak akun yang memberikan berbagai resep sehat yang praktis, sekaligus langkah-langkahnya secara mendetail.

Bahkan, beberapa akun memberikan resep dalam bentuk video agar langkah-langkahnya bisa kamu simak secara visual. Ada pula akun yang menyediakan hitungan kalori dari hidangan yang dimasak. Ini penting jika kamu sedang dalam program diet tertentu.

3 dari 3 halaman

Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Bikin Tubuh Lebih Sehat

3. Memantau aktivitas fisikmu

Ini bisa menjadi kombinasi 'biar pamer, tapi tetap sehat' di media sosial Kini, penggunaan smartwatch yang memiliki fitur fitness tracker. Fitur tersebut dapat memantau estimasi jarak yang kamu tempuh, kalori yang dibakar, atau jumlah langkah kamu setiap harinya.

Fitur ini dapat melihat dan memantau perjalanan aktivitas fisikmu dari hari ke hari, serta menentukan target tertentu untuk bisa dicapai setiap harinya.

Nah, mulai sekarang coba kurangi selfie. Gantikan dengan share hasil aktivitas fisikmu atau selfiemu ketika sedang berkeringat saat berolahraga. Siapa tahu teman-temanmu ikut terinspirasi!

4. Catat makanan yang dikonsumsi dengan food diary

Food diary atau food journal tersedia di mana-mana. Mulai satu di antara fitur smartwatch hingga bisa diunduh secara cuma-cuma di smartphonemu. Dengan ini, kamu bisa mendokumentasikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari, sekaligus mengetahui estimasi jumlah kalori yang masuk.

Ada pula aplikasi yang bisa dengan mudah membandingkan asupan dan pengeluaran kalori harian. Dengan teknologi ini, diet kamu jadi bisa lebih mudah terpantau.

5. Mendapatkan inspirasi untuk hidup lebih sehat

Dengan mengikuti akun atau influencer gaya hidup sehat yang tepercaya, kamu akan mendapatkan banyak inspirasi untuk menerapkan pola hidup yang baik bagi kesehatan. Mulai aktivitas fisik, jenis makanan, hingga gaya hidup yang berkesadaran.

Dengan begitu, semangat untuk menerapkan gaya hidup serupa juga akan makin meningkat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 15/2/2019)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer