Sukses


35 Kata-Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Setiap orang membutuhkan dorongan semangat serta motivasi dalam hidup. Secara khusus, bagi umat muslim, kata-kata bijak Islami kehidupan sehari-hari dapat memberikanmu suntikan semangat.

Memiliki kehidupan yang serba-kecukupan dan nyaman, menjadi impian setiap orang. Namun, hidup tak melulu berisi hal membahagiakan dan penuh kenyamanan. Kita harus selalu siap dan mencari solusi untuk setiap masalah yang menghampiri kita.

Sebagai seorang muslim yang beriman, kamu harus menyikapi datangnya ujian dengan bijak dan berpikir logis untuk menyelesaikannya.

Percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan masalah bagi hamba-Nya, yang melebihi kekuatan umat-Nya.

Al-Qur'an serta hadis menjadi pedomanmu dalam menjalani kehidupan. Kamu juga bisa menjadikan kata-kata bijak Islami kehidupan sehari-hari sebagai tambahan inspirasi serta dorongan semangat.

Berikut 35 kata-kata bijak Islami kehidupan sehari-hari, berikan ketenangan hati, seperti dikutip dari MyIslam, Jumat (16/12/2022).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari-Hari

1. "Sabar adalah saat masih sakit di dalam dan kamu masih berjuang tanpa menyerah."

2. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh." - Ibnu Qayyim

3. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketakpastian, tapi penuh dengan harapan."

4. "Orang yang sabar dan ikhlas akan menelusuri setiap relung masalah untuk mencari segala bentuk hikmah sebagai bahan refleksi dan evaluasi diri."

5. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

6. "Sesungguhnya aku tidak suka melihat salah seorang dari kalian menganggur, tidak beramal untuk dunia, tidak juga beramal untuk akhirat." - Umar bin Khattab

7. "Barang siapa yang selalu mengingat mati, dia tak peduli akan kesempitan dan keluasan dunia." - Syamit bin Ajlan

8. "Satu di antara tanda bahwa Allah mulai berpaling dari seorang hamba adalah tatkala dijadikan dia tersibukkan dalam hal-hal yang tidak penting bagi dirinya." - Hasan Al-Bashri

9. "Hubungan manusia dengan kenikmatan dunia berakhir kepada peringatan agar tidak bergantung kepadanya." - Al-Buthi

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari-Hari

10. "Siapa yang tidak mendekat kepada Allah gara-gara halusnya kebaikan yang Allah berikan maka dia akan diseret (supaya mendekat) dengan rantai cobaan." - Ibnu Athaillah

11. "Hidup ini tidak akan terasa membosankan jika kita mau menjalin kontak dengan Allah, Sang Pemberi Kebahagiaan." 

12. "Halal adalah suatu keharusan. Tidak hanya tentang apa yang kita makan, tetapi juga apa yang kita kenakan dan apa yang kita sukai."

13. "Ketika seseorang berperilaku tidak adil kepadamu, temukan kedamaian dalam kebenaran situasi, mengetahui bahwa Allah cukup sebagai saksi."

14. "Berusaha keras untuk menghilangkan rasa sakit orang lain adalah esensi sejati dari kemurahan hati."

15. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

16. "Dosa-dosamu sendiri seharusnya sudah cukup untuk mengalihkan perhatianmu dari menilai kesalahan orang lain."

17. "Ketika setan gagal menggodamu untuk berbuat dosa, dia akan membuatmu membuang-buang waktumu. Waktu adalah aset paling berharga yang kamu miliki, tapi waktu juga yang paling mudah disia-siakan."

18. "Satu di antara dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya."

 

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari-Hari

19. "Untuk bisa mendapatkan bunga paling indah, kamu harus berhati-hati menghindari duri. Begitu juga untuk sampai ke surga, kamu juga harus berhati-hati menghindari dosa."

20. "Jika suatu malam kamu melihat seseorang berbuat dosa, keesokan harinya jangan memandangnya sebagai orang yang berdosa, mungkin saja pada malam harinya dia telah bertobat sementara kamu tidak mengetahuinya."

21. "Bersabarlah, karena apa yang ditulis untukmu ditulis oleh penulis terbesar, yaitu Allah Swt."

22. "Banyak warna kulit. Satu umat. Tidak ada rasisme dalam Islam."

23. "Aku berkata kepada Allah, 'Aku benci hidup'. Dia menjawab, 'Siapa yang memintamu untuk mencintai hidup? Cintai Aku dan hidup akan indah'."

24. "Mungkin hidupku tidak berjalan sesuai apa yang telah aku rencanakan, tapi aku yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan."

25. "Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka, kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti."

26. "Usaplah kepala anak yatim dan beri makan orang miskin. " 

27. "Tidaklah seorang muslim menanam tanaman kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia, atau hewan, kecuali baginya dengan tanaman itu adalah sedekah."

 

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari-Hari

28. "Maafkan orang lain secepat yang kamu harapkan Allah mengampunimu."

29. "Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."

30. "Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini, sangatlah berharga. Maka, kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti."

31. "Yang paling dianggap ringan di dunia ini adalah meninggalkan salat." - Imam Ghazali

32. "Barang siapa yang waktunya berjalan untuk Allah dan bersama Allah maka itulah sebenarnya kehidupan dan umurnya." - Ibnu Qayyim

33. "Waktu malam itu panjang maka janganlah engkau memendekkannya dengan tidurmu. Waktu siang itu bersih maka janganlah engkau menodainya dengan dosa-dosamu." - Yahya bin Mu’adz Ar-Razi

34. "Amal saleh adalah sebaik-baik penuntun (menuju surga)." - Ali bin Abi Thalib

35. "Makhluk yang paling bahagia adalah yang paling besar penghambaannya kepada Allah Swt." - Ibnu Taimiyah

 

Sumber: Myislam

Yuk, baca artikel kata-kata lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer