Sukses


Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan satu di antara jenis olahraga paling populer di dunia. Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan secara beregu.

Masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain, termasuk seorang penjaga gawang. Praktiknya, permainan sepak bola dilakukan dengan cara memasukkan bola ke gawang.

Tujuannya untuk memasukkan bola ke gawang regu lawan dan mempertahankan gawang regunya dari kemasukkan bola.

Sepak bola dimainkan di lapangan rumput persegi panjang dengan meletakkan gawang di ujung sisi yang berlawanan.

Selain bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan, permainan sepak bola juga dimainkan dengan tujuan menjaga gawang timnya dari kemasukkan bola.

Sepak bola dapat dimainkan sebagai olahraga prestasi dan dapat dijadikan sebagai olahraga rekreasi untuk meningkatkan kebugaran. Sama seperti jenis olahraga lainnya, sepak bola menyimpan segudang manfaat kesehatan.

Manfaat bermain sepak bola tak hanya didapatkan orang dewasa saja. Ada beragam manfaat bermain sepak bola bagi anak. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini manfaat bermain sepak bola bagi anak yang perlu diketahui, dilansir dari lamanĀ Rsiastellamaris, Rabu (21/12/2022).

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Kebugaran

Bermain sepak bola mengharuskan anak berlari ke sana ke mari untuk mengejar bola di lapangan. Aktivitas ini bisa membakar kalori dan membuatnya berkeringat.

Kedua hal tersebut tentu sangat baik untuk kesehatan anak sebab bisa membuat tubuhnya menjadi lebih bugar.

Dengan rutin berolahraga, daya tahan tubuh si kecil akan meningkat sehingga ia bisa terhindar dari beragam jenis penyakit.

3 dari 6 halaman

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Selama bermain sepak bola, tubuh anak akan terus bergerak. Aktivitas fisik ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan membuat anak bernapas lebih sering.

Olahraga jenis ini mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirimkan oksigen ke semua sel tubuh sehingga baik untuk mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan jantung pada anak.

4 dari 6 halaman

3. Mengontrol Kenaikan Berat Badan

Meningkatnya berat badan tanpa terkendali dengan baik bisa menyebabkan anak mengalami obesitas.

Kondisi ini tentu tidak baik untuk kesehatannya karena bisa berisiko terkena penyakit berbahaya, seperti kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan timbulnya gangguan dalam bernapas.

Nah, olahraga seperti bermain sepak bola dipercaya bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan anak.

5 dari 6 halaman

4. Mendukung Kekuatan Otot dan Tulang

Saat bermain sepak bola anak tentu akan terus bergerak, berlari dan menendang sehingga dapat mendukung kekuatan otot dan tulang anak.

Selain itu, olahraga ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka dan membuat anak terpapar sinar matahari. Sinar matahari baikĀ untuk meningkatkan asupan vitamin D pada tubuh. Kehadiran vitamin jenis ini juga dibutuhkan untuk menyerap kalsium agar tulang si kecil sehat dan kuat.

Dengan otot dan tulang yang sehat, anak terlindungi dari gangguan tulang seperti osteoporosis di kemudian hari sekaligus bisa bebas beraktivitas setiap hari.

6 dari 6 halaman

5. Mengembangkan Kepribadian Anak

Dengan bermain sepak bola, anak-anak tidak hanya sekadar berlari-lari saja, tetapi juga mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dan bekerja sama yang baik antaranggota tim.

Di momen ini, ia pun belajar tentang cara menjalin pertemanan baik dengan sesama anggota atau tim lawan.

Kegiatan ini baik untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kepribadiannya. Bahkan anak bisa belajar tentang kepemimpinan dan rasa empati.

Ā 

Sumber: Web RSIA Stella Maris

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer