Sukses


Macam-Macam Dampak Positif Tukar Kado saat Natal

Bola.com, Jakarta - Tradisi tukar kado menjadi satu di antara momen yang banyak ditunggu-tunggu saat Hari Natal tiba, khususnya bagi umat Kristiani.

Tradisi tukar kado Natal bisa dilakukan di mana saja, baik di gereja, di rumah, maupun di kantor tempat kamu bekerja.

Adanya tukar kado tersebut membuat momen Natal jadi meriah dan penuh kebahagiaan. Tujuan dari tradisi tukar kado saat Natal ialah sebagai bentuk berbagi kasih dengan saudara, keluarga, dan kerabat.

Berdasarkan sejarah, tradisi tukar kado yang dilakukan umat Kristiani ini berawal dari kisah Alkitab tentang tiga orang Majus, yakni Melchior, Caspar, dan Balthazar.

Saat itu, ketiganya datang ke Betlehem untuk memberikan penghormatan kepada bayi Yesus dengan mempersembahkan hadiah emas, kemenyan, dan mur.

Terlepas dari itu, tradisi tukar kado saat Natal ternyata memberikan berbagai manfaat, bukan sekadar ajang seru-seruan saja.

Lantas, apa saja dampak positif di balik tradisi tukar kado saat Natal bagi hidup seseorang?

Berikut ini macam-macam dampak positif di balik momen tukar kado saat Natal yang jarang diketahui, dilansir dari laman Redbubble, Kamis (22/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Positif Tukar Kado

1. Menciptakan Hubungan yang Lebih Erat

Memberikan hadiah menjadi satu di antara cara untuk mengekspresikan kasih sayang. Ketika kamu memberikan hadiah, kamu akan merasa lebih dekat dengan seseorang sehingga ia juga merasakan kedekatan yang lebih mendalam kepada kamu.

2. Merasa Lebih Bahagia

Satu di antara perasaan terbaik di dunia adalah melihat wajah seseorang berbinar-binar saat mereka menerima hadiah yang kamu berikan.

Ternyata, memberi hadiah melepaskan zat kimia di otak seperti endorfin, serotonin, dan dopamin. Tidak heran semua orang merasa senang di saat Natal!

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Positif Tukar Kado

3. Membangun Kepercayaan Diri

Ketika kamu menciptakan hubungan yang lebih baik dan merasa bahagia, ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam dirimu dan meningkatkan kualitas dirimu.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang suka memberi adalah orang yang mempunyai harga diri tinggi daripada mereka yang tidak.

4. Mengurangi Kecemasan

Ketika kamu memberi, kamu akan menjadi lebih bahagia sehingga membuatmu lebih jarang merasa stres dan cemas. Hal ini karena ada keterkaitan antara kesehatan fisik dan mental yang baik.

Penelitian membuktikan bahwa memberi bisa menurunkan stres dan tekanan darah. Jadi, ketika kamu memberi, kamu jadi lebih bahagia, lebih percaya diri, dan terhindar dari rasa cemas.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Positif Tukar Kado

5. Timbulkan Rasa Bersyukur

Mereka yang mendapatkan kado tentu akan merasakan bahagia dengan penuh rasa bersyukur, tetapi tahukah kamu bahwa sang pemberi kado juga bisa merasakannya? Hal ini dapat dialami ketika melihat reaksi penerima kado yang bahagia.

Menurut sebuah penelitian, mengungkapkan rasa bersyukur dapat meningkatkan energi positif, meningkatkan kesehatan, dan meningkatkan kadar kebahagiaan secara menyeluruh.

6. Bisa Memperpanjang Umur Hidup

Memberi dapat membuat umur kita lebih panjang. Lantaran memberi dapat mengurangi risiko stres dan tekanan darah maka orang-orang yang sering berbagi, baik itu berupa kado atau kegiatan sosial, diperkirakan bisa hidup lebih lama.

 

Sumber: Redbubble

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer