Sukses


32 Kata-Kata Islami untuk Bahan Perenungan Diri Sendiri

Bola.com, Jakarta - Kata-kata Islami untuk bahan perenungan diri sendiri dapat kamu jadikan sebagai bahan introspeksi dan perbaikan diri agar menjadi seorang muslim yang lebih bijaksana dan beriman.

Sebagai seorang muslim, dalam hidup di dunia ini harus selalu berpegang teguh pada pedoman hidup yang telah diberikan Allah, yaitu Al-Qur'an dan Hadis.

Melalui kedua pedoman hidup itu, kamu akan mampu memahami makna kehidupan sehingga dapat menjalaninya dengan lebih baik.

Merenungkan segala hal yang selama ini telah kamu lakukan juga dapat membuatmu lebih merasa tenang dan membantumu memperbaiki diri.

Terkadang kita masuk sisi terburuk kehidupan yang dapat membuatmu putus asa. Akan tetapi, ketimbang mencari kambing hitam, lebih baik berkaca kepada diri sendiri dan memperbaiki hidup dari dalam.

Kata-kata Islami yang penuh makna ini dapat menenangkan batin dan menyejukkan hatimu ketika cobaan datang menghampiri.

Berikut 32 kata-kata Islami untuk bahan perenungan diri sendiri, seperti dikutip dari Mvslim dan Medium, Senin (2/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami untuk Bahan Perenungan Diri Sendiri

1. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka." - Abu Hamid Al Ghazali.

2. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Al-Baqarah: 286)

3. "Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, 'Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya'."

4. "Rasa bersalah adalah hadiah dari Allah yang memperingatkanmu bahwa apa yang kamu lakukan melanggar jiwamu." - Nauman Ali Khan

5. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS Al Insyirah 5)

6. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

7. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Namun, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

8. "Zikir itu mudah 'LA ILAHA ILALLAH' tidak membutuhkan gerakan bibir sehingga dapat diulang seharian tanpa ada yang menyadarinya."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami untuk Bahan Perenungan Diri Sendiri

9. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi." - Ali bin Abi Thalib.

10. "Dan jika datang kepadamu dari setan jahat maka berlindung kepada Allah. Sungguh, Dialah yang mendengar, yang mengetahui." (Qur'an 41: 36)

11. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." - HR. Tirmidzi

12. "Namun, orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura: 43)

13. "Sesungguhnya Allah Swt. menyayangi umat-Nya yang selalu sabar dalam setiap kondisi yang Tuhan berikan."

14. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad: 11)

15. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

16. "Jadi bagaimana jika hidup ini tidak sempurna? itu bukan Jannah."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami untuk Bahan Perenungan Diri Sendiri

17. "Hidup ini tidak akan terasa membosankan jika kita mau menjalin kontak dengan Allah, Sang Pemberi kebahagiaan."

18. "Hal terburuk dari kesalahan kita adalah ketertarikan kita pada kesalahan orang lain."

19. "Orang yang terlalu cemburu berusaha untuk menyakiti dan melukai orang lain, tetapi pada akhirnya hanya merugikan diri sendiri."

20. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

21. "Berbahagialah jiwa yang menemukan Allah sebelum menemukan dunia."

22. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika satu di antaranya menjadi berat maka yang lain akan menjadi ringan."

23. "Menghina orang lain tidak pernah menjadi cara untuk mengoreksi mereka. Sebaliknya, itu menyebabkan beberapa kerusakan dan membuktikan bahwa kita membutuhkan bantuan untuk diri kita sendiri."

24. "Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menjauhkan diri dari apa yang menjauhkanku dari-Mu."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami untuk Bahan Perenungan Diri Sendiri

25. "Apakah jihad itu? Tersenyum di saat yang sulit adalah jihad. Menjaga kesabaran di masa-masa sulit adalah jihad. Berjuang demi kebaikan adalah jihad. Merawat orang tua dengan cara yang penuh kasih adalah jihad. Memaafkan adalah jihad. Jihad bukanlah apa yang media tunjukkan, tetapi apa yang Al-Qur'an katakan untuk diperjuangkan."

26. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

27. "Tak apa untuk berhenti sejenak dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."

218. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

29. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

30. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

11. "Jika kamu ingin menghancurkan negara mana pun tanpa perang, jadikan perzinahan dan ketelanjangan umum di generasi berikutnya."

12. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untuk kamu."

 

Sumber: Mvslim, Medium

Yuk, baca artikel kata-kata Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer