Sukses


Makna Hubungan Internasional yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Hubungan internasional merupakan suatu hubungan antara satu negara atau lebih yang mencakup berbagai aspek kehidupan, baik itu bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hubungan internasional adalah cabang ilmu yang mempelajari interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin antarnegara, berkaitan dengan kebijakan luar negeri yang meliputi diplomasi, konflik, kesejahteraan, ekonomi, dan perdamaian dunia.

Tidak bisa dimungkiri, suatu negara membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negerinya. Perbedaan kondisi geografis dan sumber daya manusia membuat setiap negara di dunia saling bergantung satu sama lain.

Jadi, hubungan internasional timbul karena adanya kebutuhan atau tujuan. Hal inilah yang menjadi satu di antara dasar adanya hubungan internasional antarnegara.

Konsep hubungan internasional oleh para ahli sering dianggap sama atau dipersamakan dengan konsep politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional. Ketiga konsep hubungan internasional tersebut memiliki makna yang penting untuk diketahui.

Berikut ini makna hubungan internasional dan pentingnya bagi Indonesia yang perlu diketahui, dilansir dari laman sman1beringin.sch.id, Rabu (4/1/2022).

2 dari 4 halaman

Tujuan Hubungan Internasional

1. Tujuan hubungan internasional adalah untuk memacu dalam pertumbuhan ekonomi setiap negara.

2. Tujuan hubungan internasional adalah untuk menciptakan rasa saling pengertian antarbangsa dalam membina dan menegakkan suatu perdamaian.

3. Tujuan hubungan internasional adalah untuk menciptakan sebuah keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di dunia.

4. Tujuan hubungan internasional adalah untuk menjalin hubungan internasional antarnegara yang bersangkutan.

5. Tujuan hubungan internasional adalah untuk menjalin kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

6. Tujuan hubungan internasional adalah untuk memenuhi suatu kebutuhan warga negaranya.

7. Tujuan hubungan internasional adalah untuk membuka peluang dalam pemasaran produk dalam negeri ke luar negeri.

8. Tujuan hubungan internasional adalah untuk memperlancar sebuah hubungan ekonomi antarnegara.

3 dari 4 halaman

Makna Hubungan Internasional

Makna hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa, kelompok-kelompok bangsa dan masyarakat dunia, dan kekuatan-kekuatan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara berpikir dan bertindak.

Adapun makna hubungan internasional dari ketiga konsep tersebut ialah:

a. Politik luar negeri adalah seperangkat cara/kebijakan/strategi yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan kepentingan nasional negara yang bersangkutan.

b. Hubungan luar negeri adalah keseluruhan hubungan yang dijalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.

c. Politik internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara serta proses interaksi antarnegara maupun antarnegara dengan organisasi internasional.

4 dari 4 halaman

Pentingnya Hubungan Internasional bagi Indonesia

Suatu negara dapat menjalin hubungan dengan negara lain ketika kemerdekaan dan kedaulatannya telah diakui secara de facto dan de jure oleh negara lain.

Perlunya kerja sama dalam bentuk hubungan internasional antara lain karena faktor-faktor berikut:

a. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup yang akan datang, baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.

b. Fakto eksternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain.

Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.

Bangsa Indonesia dalam membina hubungan dengan negara lain menerapkan prinsip politik luar negeri yang bebas aktif dan dijadikan sebagai kepentingan nasional, terutama kepentingan pembangunan di segala bidang serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Pembangunan hubungan internasional bangsa indonesia ditujukan untuk peningkatan persahabatan dan kerja sama bilateral, regional, dan multilateral melalui berbagai macam forum sesuai dengan kepentingan dan kemampuan nasional.

 

Sumber: Web SMA Negeri 1 Beringin

Video Populer

Foto Populer