Sukses


Bacaan Doa Khatam Membaca Al-Qur'an, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Membaca Al-Qur'an merupakan satu di antara amalan yang sering dilakukan oleh umat muslim untuk mendapatkan tambahan pahala dan rahmat dari Allah Swt.

Seperti diketahui, Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam. Dalam Al-Qur'an berisi kalam Allah Swt. yang menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia di dunia.

Al-Qur'an merupakan satu di antara mukjizat terbesar yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. Al-Qur'an mencakup setiap aspek kehidupan yang perlu diketahui, dipahami dan diamalkan setiap umat Islam.

Membaca Al-Qur'an termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan. Apalagi jika ibadah membaca Al-Qur'an dilakukan di bulan Ramadan, akan diganjar dengan pahala yang berkali-kali lipat.

Agar mendapatkan berkah dari Allah Swt., disunahkan melafalkan doa setelah membaca Al-Qur'an. Tak hanya itu, umat muslim juga dianjurkan untuk berdoa setelah khatam membaca Al-Qur'an.

Dengan membaca doa tentu akan makin menyempurnakan pahala membaca Al-Qur'an. Bagaimana bacaan doanya?

Berikut ini bacaan doa khatam Al-Qur'an yang perlu diketahui umat muslim, disadur dari Liputan6, Rabu (11/1/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa setelah Membaca Al-Qur'an

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya:

"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam."

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an Memohon Rahmat

Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya:

"Ya Allah rahmatilah kami dengan Al-Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an Memohon Keridaan

Allahumma inna 'abiduka banu 'abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka 'adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa laka sammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw 'allamtahu ahadan min kholqika awista'tsarta bihi fi 'ilmil ghaibi 'indaka an tak'alal qurana robi'a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na'im wa darika daris salam ma'al ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya:

"Ya Allah ya Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu, jadikanlah Al-Qur'an sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang salih dengan rahmat-Mu, wahai Zat Maha Pengasih."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an Memohon Syafaat

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur'an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur'an, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Al-Qur'an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur'an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Al-Qur'an."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Ayu Rifka Sitoresmi,  Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 26/4/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer