Sukses


5 Gerakan Yoga untuk Pemula, Mudah Sekali Dicoba di Rumah

Bola.com, Jakarta Ingin memulai olahraga secara rutin di rumah, tanpa banyak persiapan dan peralatan khusus? Kamu bisa melirik olahraga Yoga. 

Yoga menjadi salah satu olahraga yang populer di semua kalangan masyarakat saat ini. Banyak orang menyukai Yoga karena bisa menghadirkan rasa damai dan tenang. Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, gerakan Yoga lebih condong ke arah pernapasan, konsentrasi dan pengendalian diri.

Sebagai informasi, yoga merupakan lambang spiritual kuno yang berasal dari India dan sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa, Yoga diperkenalkan oleh seorang filsuf Hindu Maharashi Patanjali dalam buku Sutra Yoga Patanjali.

Manfaat yoga bagi kesehatan tubuh dan pikiran berlaku untuk segala usia. Jika dilakukan secara rutin olahraga ini bahkan disebut-sebut dapat membantu proses pemulihan penyakit. Berikut ini beberapa manfaat yoga untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

  • Mengurangi Stres dan melawan depresi
  • Mengurangi Rasa Cemas
  • Mengurangi Peradangan
  • Mengurangi Kram Perut saat Menstruasi
  • Meredakan Nyeri Punggung
  • Meredakan Migran
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
  • Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas
  • Meningkatkan Pernapasan
  • Meningkatkan Kualitas Tidur
  • Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Dan masih banyak lagi manfaatnya lho. Setelah mengetahui itu, sekarang saatnya kamu untuk memulai yoga. Tak perlu bingung gerakannya, berikut ini ada beberapa gerakan yoga untuk pemula.

Gerakan Yoga untuk Pemula

 

1. Mountain Pose

Gerakan ini adalah salah satu gerakan paling sederhana. Caranya mudah, di atas matras berdirilah dengan kaki berjarak satu jengkal. Kemudian berdiri diam dengan dada terbuka lebar dan tangan di sisi tubuh.

Setelah itu rasakan bahwa punggung benar-benar lurus dan tarik napas dalam serta pejamkan mata agar tubuh lebih rileks. Gerakan ini merupakan cara yang bagus untuk memperbaiki postur tubuh karena meluruskan tulang belakang dan merilekskan bahu.

2. Tree Pose

Gerakan ini adalah pose dasar untuk menjaga keseimbangan. Caranya awali posisi dengan berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu. Lalu letakkan tangan di depan dada seperti sikap namaste.

Kemudian tekuk lutut ke arah luar lalu tempelkan pada bagian atas paha (seperti pada gambar). Tahan posisi seperti ini selama 30 detik, lalu ulangi hal yang sama pada kaki sebelahnya.

2 dari 2 halaman

3. Plank Pose

Selanjutnya adalah plank pose, gerakan yang satu ini memang tak asing. Plank pose merupakan gerakan yang mirip dengan push-up tanpa mendorong tubuh ke bawah. Adapun manfaat dari gerakan ini yaitu memperkuat otot perut dan meningkatkan stabilitas.

4. Downward-facing Dog

Cara melakukan gerakan ini adalah dimulai dari posisi membungkuk, lalu angkat angkat lutut dan rentangkan tulang belakang ke depan secara perlahan. Pastikan posisi tangan lebih maju dari bahu. Gerakan ini mirip seperti huruf V terbalik sesuai pada gambar di atas. Downward-facing dog dapat membantu meregangkan otot tubuh bagian bawah seperti paha belakang, betis, dan pergelangan kaki.

5. Child’s Pose

Terakhir, ada child’s pose atau dikenal sebagai balasana. Gerakan ini bisa dikatakan yang paling menenangkan setelah melakukan gerakan yoga yang lain. Ketika kamu merasa lelah, coba lemaskan tubuh dengan child’s pose ini. Turunkan juga bahu Anda ke lantai dengan kepala menghadap ke lantai.

Setelah melakukan gerakan sebelumnya yaitu downward-facing dog, dorong tumit ke arah matras, turunkan bokong, lalu letakkan dahi di matras. Biarkan posisi tangan terlentang ke depan (seperti pada gambar). Gerakan ini dapat mengistirahatkan tubuh dengan melemaskan tulang belakang, bahu, dan leher.

Itulah macam-macam gerakan yoga yang cocok dilakukan pemula. Kira-kira gerakan mana yang ingin kamu coba?

 

(*/Kdk)

Video Populer

Foto Populer