Sukses


Lolos ke Perempat Final India Open 2023 dengan Susah Payah, Jojo: Kuncinya Pantang Menyerah!

Bola.com, Jakarta - Jonatan Christie berhasil melaju ke perempat final India Open 2023 usai mengalahkan Zhao Junpeng  dalam pertarungan ketat, Kamis (19/1/2023). Jojo dengan susah payah menyingkirkan wakil Cina itu dengan skor 21-19, 15-21, dan 21-12.

Permainan berlangsung ketat sejak awal, Zhao Junpeng sukses menciptakan keunggulan di angka 6-3. Walaupun Jonatan Christie sempat menipiskan selisih menjadi satu angka, Zhao Junpeng kembali menjauh pada kedudukan 8-5.

Upaya Jonatan untuk mengejar Zhao Junpeng membuahkan hasil usai ia meraih tiga poin beruntun yang membuat skor menjadi 8-8. Skor imbang kemudian terjadi hingga angka 10-10 sampai akhirnya Jonatan lebih dulu merebut poin ke-11 untuk memimpin di saat interval.

Jonatan kembali menjauh di angka 17-15. Jonatan melakukan defense yang bagus saat membendung smes Zhao Junpeng. Setelah itu Jonatan sukses menyambar shuttlecock di depan net.

Walaupun Zhao Junpeng terus menekan, Jonatan bisa meraih game point di angka 20-17. Meski gagal di dua kesempatan awal, Jonatan mampu menutup gim pertama di kesempatan ketiga. Pukulan keras Jonatan Christie menutup pertarungan di gim pertama.

2 dari 5 halaman

Mendapat Perlawanan

Masuk ke gim kedua, Zhao Junpeng unggul 4-2 dan berlanjut menjadi 7-3. Walaupun Jonatan sempat mengear di kedudukan 6-7, Zhao Junpeng lalu menjauh dan menutup interval dengan keunggulan empat poin, 11-7.

Zhao Junpeng sukses mempertahankan ritme permainan. Sebaliknya Jonatan melakukan sejumlah kesalahan yang menguntungkan lawan. Alhasil, Zhao Junpeng mampu unggul tujuh angka pada kedudukan 15-8.

Jonatan berusaha bangkit dan merapat. Namun Zhao Junpeng berhasil menjaga jarak aman atas Jonatan. Zhao Juneng meraih game point di angka 20-13 ketika Jonatan salah menduga jatuhnya shutttlecock.

Jonatan sempat dua kali menggagalkan game point lawan tetapi akhirnya takluk 15-21 usai pukulannya keluar.

3 dari 5 halaman

Menang

Masuk ke gim penentuan, Jonatan sempat tertinggal 0-3 di awal. Namun perlawanan alot dari Jonatan membuat ia bisa berbalik memimpin 5-4.

Laga Jonatan vs Zhao Junpeng masih sering diwarnai reli panjang di gim ketiga. Jonatan berhasil tampil lebih solid dan memimpin 11-7 di interval.

Selepas interval, Jonatan terus mencoba mengendalikan serangan. Tekanan beruntun dari Jonatan membuat ia menciptakan selisih lima poin di angka 13-8.

Smes silang yang keras dari Jonatan lalu membuat ia membuat selisih poin menjadi enam angka pada kedudukan 16-10. Di paruh akhir gim penentuan, Jonatan terlihat lebih unggul dari segi daya tahan.

Jonatan lalu membuat selisih poin menjadi delapan angka di 19-11 usai pukulan Zhao Junpeng keluar lapangan. Jonatan kemudian merebut match point lewat overhead smash yang tak bisa dijangkau Zhao Junpeng.

Sempat gagal di kesempatan pertama, Jonatan menutup pertandingan di kesempatan kedua. Jonatan menaklukkan Zhao Junpeng lewat netting silang yang membuat lawan mati langkah.

4 dari 5 halaman

Bersyukur

Usai pertandingan Jonatan Christie mengaku bersyukur bisa keluar sebagai pemenang dalam laga krusial melawan Zhao Junpeng. Ia mengaku kunci kemenangannya kali ini berkat daya juang.

“Gim pertama saya bisa mengontrol permainan lawan. Sementara di gim kedua, terjadi perubahan. Gantian saya yang dikontrol. Di gim kedua saya sempat blank,” ungkap Jojo.

“Tapi gim ketiga, saya bisa balik lagi. Auranya tak boleh kalah. Setiap dapat poin, saya putuskan untuk segera dan cepat untuk memulai servis. Ini untuk berusaha mendapatkan poin berikutnya dan mengganggu momentum lawan untuk bangkit,” lanjut dia.

5 dari 5 halaman

Persiapan Laga Semifinal

Selanjutnya, Jojo akan menghadapi wakil Cina Taipei, Chou Tien Chen di babak perempat final India Open 2023. Jojo mengaku akan kembali siap mengerahkan seluruh tenaga dan kekuatanya demi tiket ke semifinal.

“Dengan karakter shuttlecock yang berat, saya harus siap capek. Lawan juga tidak gampang dimatikan. Dia memiliki tenaga yang kuat. Mudah-mudahan dengan usia saya yang lebih muda dan power lebih besar, saya bisa mengatasi lawan,” tegas Jojo.

Video Populer

Foto Populer