Sukses


Daftar Pantangan Tahun Baru Imlek yang Perlu Dihindari

Bola.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek merupakan momen penting dan paling ditunggu-tunggu masyarakat China. Imlek menandakan awal musim semi, dan awal tahun baru menurut kalender lunar.

Perayaan Tahun Baru Imlek secara tradisional berlangsung selama 16 hari, mulai Malam Tahun Baru Imlek hingga festival lampion.

Pada momen tersebut, masyarakat China umumnya akan berkumpul dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga serta orang terdekat.

Seperti halnya hari raya lain, Tahun Baru China juga menyimpan segudang cerita dan beberapa makna di baliknya.

Banyak juga tradisi unik selama perayaan Imlek, satu di antaranya adanya pantangan yang tidak boleh dilakukan selama Tahun Baru Imlek ini. Pantangan ini sudah dijalankan secara turun-temurun.

Konon, ketika ada salah seorang yang melanggar pantangan tersebut akan mendatangkan sial atau malapetaka. Penasaran dengan pantangan saat Tahun Baru Imlek?

Berikut ini daftar pantangan Tahun Baru Imlek yang perlu diketahui, disadur dari Merdeka, Jumat (20/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pantangan Tahun Baru Imlek

Dilarang Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah atau membuang sampah diasosiasikan dengan "menyapu kemakmuran dan keberuntungan." Maka itu, banyak orang China yang menyambut Imlek akan membersihkan rumah mereka sebelum merayakan tahun baru.

Untuk menghindari aktivitas ini, semua alat pembersih rumah harus disembunyikan sebelum tahun baru. Hal ini karena keberadaan alat-alat pembersih rumah bisa menyapu kemakmuran seseorang.

Kendati demikian, membersihkan rumah diperbolehkan sehari setelah perayaan Imlek, dengan syarat sampah yang terkumpul tidak melewati pintu depan rumah. Sebab, jika melanggar pantangan ini dipercaya bisa mengakibatkan kematian salah seorang anggota keluarga.

Dilarang Pakai Baju Warna Hitam Putih

Pantangan saat Tahun Baru Imlek selanjutnya, yaitu tidak boleh memakai baju warna hitam putih. Hal ini karena kedua warna tersebut diasosiasikan dengan kabar duka atau kegiatan melayat.

Jadi, dianjurkan untuk tidak memakai kedua warna tersebut saat perayaan Imlek.

3 dari 4 halaman

Pantangan Tahun Baru Imlek

Dilarang Keramas

Mencuci rambut atau keramas tidak diperbolehkan saat hari pertama Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa Mandarin, rambut memiliki pengucapan serupa dengan kata "Fa" yang berarti "menjadi kaya".

Jadi, aktivitas mencuci rambut saat Tahun Baru ini diasosiasikan dapat membersihkan keberuntungan. Mencuci baju juga menjadi pantangan saat Imlek.

Aktivitas tersebut tidak boleh dilakukan pada hari pertama dan kedua Tahun Baru. Pasalnya, dua hari tersebut dianggap sebagai ulang tahun Shishen, Dewa Air.

Dilarang Bercerita tentang Hantu

Saat Imlek, seseorang juga dilarang bercerita tentang hantu. Hal ini tidak boleh dilakukan agar hal-hal buruk terkait kematian tidak terjadi pada tahun berikutnya. Untuk itu, ada baiknya menghindari cerita-cerita hantu atau setan.

Tidak Boleh Beli Buku

Pantangan saat Tahun Baru Imlek lainnya, yaitu tidak boleh jual beli buku. Konon, buku memiliki pengucapan yang sama dengan kata kehilangan. Maka itu, jual beli buku diasosiakan dengan kehilangan keberuntungan sepanjang tahun.

Tidak Boleh Memberi Hadiah

Ada beberapa benda yang tabu diberikan saat Imlek, seperti memberi jam dan payung. Dalam bahasa Mandarin, "memberi jam" memiliki pengucapan yang serupa dengan "melayat."

Anda juga tidak diperbolehkan untuk memberi payung. Pasalnya, hal ini dipercaya dapat menarik roh-roh jahat yang bisa mengganggu.

4 dari 4 halaman

Pantangan Tahun Baru Imlek

Tidak Boleh Berbicara Kotor

Berbicara kotor termasuk pantangan saat Tahun Baru Imlek yang wajib dihindari. Mengucapkan kata-kata negatif selama perayaan Imlek, dianggap bisa membawa sial. Jadi, sangat dianjurkan untuk tidak bicara kotor saat perayaan Imlek.

Tidak Boleh Minum Obat

Meminum obat menjadi satu di antara pantangan saat Imlek. Mengunjungi dokter atau menjalani operasi selama perayaan Imlek, tidak diperbolehkan di hari pertama. Sebab, hal ini dipercaya bisa menjadi pertanda akan sakit sepanjang tahun.

Dilarang Menagih Utang

Perayaan Imlek harus dirayakan dengan sukacita. Oleh karena itu, kebiasaan meminjam dan menagih utang tidak diperbolehkan. Dengan begitu, memungkinkan setiap orang untuk merayakannya tanpa rasa khawatir.

Di sisi lain, menuntut pembayaran utang dianggap akan membawa nasib buruk bagi kedua belah pihak sehingga kegiatan meminjam atau menagih utang sebaiknya tidak dilakukan selama perayaan Imlek.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Jevi Nugraha. Published: 30/1/2022)

Baca artikel seputar Imlek lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer